You are currently viewing Ukuran Bola Basket

Ukuran Bola Basket

  • Post author:

Olahraganesia.id – Siapa sih yang tidak tahu dengan permainan bola basket? Hampir semua orang dari berbagai kalangan dan usia pasti mengenal permainan sekaligus olahraga satu ini. Lalu, tahukah kamu berapa ukuran bola basket dan bahan apa yang digunakan?

Sebagai salah satu cabang olahraga yang populer, bola basket banyak dijadikan sebagai ajang perlombaan atau kompetisi mulai dari tingkat daerah, nasional, bahkan hingga internasional. Biar kamu makin paham dengan permainan bola basket, berikut penjelasan selengkapnya.

Ukuran Bola Basket

Setiap kategori permainan bola basket ini memiliki perbedaan aturan, baik dari segi ukuran lapangan yang digunakan, ukuran bola basket, berat bola, dan lain sebagainya. Perbedaan aturan ini tentunya disesuaikan dengan usia dan kemampuan pemainnya.

Apabila kompetisi yang diselenggarakan untuk siswa tingkat SD dan SMP biasanya menggunakan ukuran lapangan basket mini dan ukuran bola yang lebih kecil. Berikut ini beberapa ukuran yang digunakan untuk permainan bola basket.

1. Ukuran Bola Standar Nasional dan Internasional

Bola basket yang digunakan dalam pertandingan atau kompetisi tingkat nasional dan internasional memiliki ukuran seperti berikut ini.

  • Berat : 600 – 650 gram
  • Keliling : 75 – 78 cm
  • Tekanan angin : 4,26 – 4,61 psi

2. Ukuran Bola Standar Federation International de Basketball (FIBA)

Sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh FIBA memiliki ukuran bola seperti berikut ini.

  • Berat : 567 – 650 gram
  • Keliling : 74,9 – 78,8 cm

3. Ukuran Bola Standar National Basketball Association (NBA)

Sebagai liga pertandingan bola basket bergengsi yang digelar di Amerika, National Basketball Association atau yang biasa dikenal dengan NBA juga memiliki standar ukuran bola yang ditetapkan yaitu sebagai berikut ini.

  • Berat : 623,7 gram
  • Keliling : 74,93 – 75,565 cm

4. Ukuran Bola Standar National Collegiate Athletic Association (NCAA)

National Collegiate Athletic Association (NCAA) atau pertandingan bola basket di tingkat perguruan tinggi juga menetapkan ukuran standar bola yang digunakan yaitu sebagai berikut ini.

  • Berat : 567 – 623,7 gram
  • Keliling : 74,93 – 76,20 cm

5. Ukuran Bola Basket untuk Kompetisi dan Pertandingan Resmi

Ada 3 ukuran bola yang biasa dipakai dalam ajang kompetisi atau pertandingan resmi baik tingkat daerah, nasional, maupun internasional yaitu sebagai berikut ini.

  • Nomor 7 merupakan ukuran bola untuk pertandingan profesional seperti liga basket yang diadakan FIBA, liga basket NBA, dan liga basket Euroleague.
  • Nomor 6 merupakan ukuran bola untuk pertandingan di kalangan siswa SMP atau tingkat menengah karena ukurannya yang lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan bola nomor 7.
  • Nomor 5 merupakan ukuran bola untuk pertandingan di kalangan siswa SD karena ukurannya yang disesuaikan dengan kemampuan pemula dan anak-anak yang masih dalam tahap belajar.

Baca Juga: Lama Waktu Permainan Bola Basket


Material Bahan Bola Basket

Material Bahan Bola Basket

Bola basket yang digunakan untuk latihan dan bertanding idealnya terbuat dari material berupa kulit, karet, atau campuran dari kedua material bahan tersebut. Bola yang terbuat dari bahan dasar nilon atau plastik kurang cocok untuk permainan bola basket karena pantulannya yang tidak bagus.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, standar ukuran bola basket yang digunakan biasanya memiliki diameter antara 749 – 780 mm dengan berat 567 – 650 gram. Berikut ini beberapa material yang biasa digunakan untuk bola basket.

1. Full Leather

Material full leather atau kulit asli merupakan bahan bola basket yang memiliki kualitas paling bagus. Bola basket yang terbuat dari full leather biasa digunakan untuk pertandingan dan kompetisi resmi.

Meski begitu, bola basket yang terbuat dari kulit ini kurang cocok digunakan di Indonesia karena iklim Indonesia yang panas sehingga bisa membuat bola menjadi lebih cepat terkelupas.

2. PU Leather

Bola basket yang terbuat dari PU leather atau kulit sintetis ini merupakan bola yang paling banyak digunakan. Bola dari bahan ini memiliki karakteristik yang tidak terlalu keras dan tahan lama ketika digunakan di lapangan indoor (tertutup) maupun outdoor (terbuka).

3. PVC

Bola basket yang terbuat dari material PVC ini cocok digunakan oleh mereka yang masih dalam tahap belajar dan berlatih olahraga basket. Bola dengan bahan PVC ini cenderung lebih keras jika dibandingkan dengan bola yang terbuat dari PU leather atau kulit sintetis.

Meski begitu, bola basket yang terbuat dari material PVC juga memiliki ketahanan yang sama bagusnya seperti bola bahan PU leather sehingga cocok digunakan di lapangan terbuka (outdoor) maupun indoor.

Karakteristik atau Ciri Bola Basket

Karakteristik atau Ciri Bola Basket

Dilihat secara karakteristik atau cirinya, bola basket dapat dibedakan menjadi 2 kategori yaitu bola untuk dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor). Hampir semua bola yang digunakan dalam permainan basket memiliki konstruksi yang sama yaitu balon tiup karet untuk bagian dalamnya.

Sementara itu, untuk lapisan selanjutnya menggunakan lapisan serat yang berfungsi untuk menutup bagian karetnya. Nah, untuk lapisan paling luar biasanya menggunakan material berupa bahan kulit asli (full leather), kulit sintetis (PU leather), atau PVC.

Bahkan sekarang ini juga ada beberapa bola basket yang menggunakan material berupa kombinasi karet dan kulit sintetis. Untuk permukaan bola basket juga dibuat garis-garis yang memiliki warna berbeda dengan garis pemisah atau penyambung berwarna hitam.

Pada umumnya, bola basket memiliki warna orange atau oranye kecoklatan. Sebagai pelengkapnya, permukaan bola basket akan diberi cap atau logo perusahaan yang memproduksi beserta dengan keterangan lainnya.

Untuk mengukur kelayakan daya pantul dan tekanan angin, kamu cukup menjatuhkan bola dari atas kepala setinggi 1,8 meter ke lantai. Jika bola memantul kembali dengan ketinggian sekitar 1,3 meter (sepinggang), berarti tekanan angin dan daya pantulnya dalam kondisi bagus.


Baca Juga: Pivot Bola Basket dan Fungsinya


Penggunaan Bola Basket Berdasarkan Lapangan yang Digunakan

Ukuran Bola Basket

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bola yang digunakan untuk permainan bola basket dibagi menjadi 2 kategori yaitu bola basket untuk lapangan indoor dan bola basket untuk lapangan outdoor. Berikut ini karakteristik bola basket berdasarkan penggunaannya.

1. Bola Basket untuk Lapangan Indoor (Dalam Ruangan)

Bola basket yang digunakan untuk lapangan dalam ruangan atau indoor pada umumnya terbuat dari bahan kulit atau kulit sintetis karena memiliki daya rekat yang lebih bagus. Bola dari bahan ini biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal karena bahan pembuatannya yang harus berkualitas.

Meski begitu, bola dari bahan kulit atau kulit sintetis ini cenderung lebih mudah rusak atau tidak tahan lama. Tingkat keawetan bola berbahan kulit atau kulit sintetis ini dipengaruhi oleh kelembaban udara di dalam ruangan dan lamanya pemakaian bola.

2. Bola Basket untuk Lapangan Outdoor (Luar Ruangan)

Bola basket yang digunakan untuk lapangan terbuka (outdoor) biasanya terbuat dari bahan karet untuk lapisan luarnya dengan permukaan yang dibuat lebih kasar. Harga yang dibanderol untuk bola basket ini juga lebih murah jika dibandingkan dengan bola basket untuk lapangan indoor.

Meski memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan bola basket dalam ruangan, bola basket outdoor memiliki daya rekat yang kurang bagus sehingga kurang cocok digunakan untuk lapangan dalam ruangan.


Baca Juga: Jumlah Pemain Basket


Akhir Kata

Ukuran bola basket dibedakan menjadi beberapa ukuran sesuai standar dan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing asosiasi atau organisasi. Perbedaan ukuran bola ini disesuaikan dengan kemampuan dan usia pemain, serta tingkat pertandingan/kompetisi yang diadakan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply