You are currently viewing Pengertian Rounders

Pengertian Rounders

Olahraganesia.id – Rounders menjadi salah satu permainan atau olahraga yang banyak dimainkan. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan pengertian rounders? Apa tujuan dan manfaat dari permainan ini? Bagaimana cara bermainnya?

Berbagai pertanyaan tersebut sering ditanyakan oleh beberapa orang. Jika kamu ingin mengetahui lebih detail tentang permainan rounders, maka baca saja informasinya di artikel yang satu ini!

Simak hingga akhir untuk mendapatkan informasi lengkap.

Pengertian Rounders Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud dengan permainan rounders? Menurut para ahli, rounders adalah salah satu permainan bola kecil dengan teknik dasar melempar, memukul, dan menangkap bola. Permainan ini pada dasarnya mirip dengan softball, kasti, dan baseball.

Rounders dilakukan oleh dua regu yang saling bertanding dan bergantian untuk menjadi regu pemukul atau penyerang serta menjadi regu penjaga. Pergantian ini dilakukan sebanyak tiga kali sehingga dapat dikatakan lama waktu pertandingan rounders adalah tiga inning atau babak.

Permainan rounders dilakukan pada lapangan yang berbentuk segi lima sama sisi dengan panjang masing-masing sisi 15 meter. Pada masing-masing sudut diletakkan bendera penanda yang sekaligus berfungsi untuk menandai base I hingga base V.

Tujuan Permainan Rounders

Apa tujuan dari permainan rounders? Permainan rounders bertujuan untuk melatih ketangkasan melempar, memukul, dan menangkap bola para pemain. Selain itu, rounders juga bertujuan untuk melatih kemampuan berlari dan menghindari serangan.

Pada akhirnya, permainan ini juga dilakukan untuk tujuan pertandingan demi memperoleh kemenangan. Regu pemenang adalah regu yang berhasil mengumpulkan skor lebih banyak dalam waktu tiga inning atau babak.

Cara Bermain Rounders

Cara Bermain Rounders

Cara bermain rounder adalah dua regu saling bergantian menjadi regu penjaga dan regu penyerang atau pemukul. Berikut ini cara bermain yang harus dilakukan masing-masing regu tersebut, yaitu:

  • Cara Bermain Regu Penyerang atau Pemukul Rounders

Pemain regu penyerang akan bergantian memukul bola sesuai dengan nomor urut. Pemain yang mendapat giliran memukul bola harus berdiri di area pemukul dan menunggu bola dilemparkan oleh pemain pelambung dari regu lawan.

Pemain pemukul harus memukul bola dengan benar. Setelah itu, pemain pemukul harus meletakkan alat pemukul di dalam area pemukul sebelum berlari. Pemain tersebut harus segera berlari menuju base I.

Pemain ini bisa berpindah ke base selanjutnya jika pemain pemukul setelahnya bisa memukul bola. Namun, satu pemain juga bisa memukul dengan pukulannya sendiri kemudian langsung menuju base I, base II, base III, base IV, dan base V.

Jika hal ini terjadi, maka pemain tersebut berhasil mencetak home run dan memperoleh skor 2. Selama berlari dari satu base ke base lainnya, pemain pelari tidak boleh mendahului pemain pelari sebelumnya. Selain itu, ketika berlari juga harus menghindari lemparan bola dari regu penjaga.

  • Cara Bermain Regu Penjaga Rounders

Regu penjaga ada yang berperan sebagai pelambung untuk melemparkan bola ke pemain pemukul regu lawan. Sementara pemain regu penjaga lainnya bersiap-siap untuk menangkap bola yang berhasil dilemparkan.

Bola tersebut bisa saling dioper dan kemudian digunakan untuk mematikan pemain pelari lawan. Caranya dengan mengenai badan pemain pelari atau membakar base yang dituju oleh pemain pelari.

Manfaat Bermain Rounders

Manfaat Bermain Rounders

Sebagai salah satu olahraga permainan bola kecil tentu saja rounders memiliki banyak manfaat. Manfaat ini bisa diperoleh semua pemain yang memainkan rounder. Berikut ini manfaat bermain rounders, yaitu:

  • Melatih ketangkasan dalam melempar, memukul, dan menangkap bola.
  • Melatih daya tahan tubuh.
  • Meningkatkan kemampuan mengatur strategi.
  • Meningkatkan kerjasama antar anggota dalam satu regu.
  • Melatih ketangkasan untuk menghindar.
  • Melatih kemampuan berlari.

Akhir Kata

Pengertian rounders adalah permainan bola kecil oleh dua regu yang saling bergantian menjadi regu penyerang dan regu penjaga. Olahraga yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk para pemainnya.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply