Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Cara Memegang Bola Basket

2 min read

Cara Memegang Bola Basket

Olahraganesia.id – Cara memegang bola basket dengan benar merupakan salah satu keberhasilan dalam permainan basket. Banyak orang yang masih salah dalam memegang bola basket sehingga bola mudah dicuri oleh tim lawan. Sebagai pemula, sudah seharusnya kamu berlatih bagaimana memegang bola basket yang benar.

Dedy Sumiyarsono menjelaskan bahwa memegang bola basket bisa menggunakan dua tangan. Telapak tangan kamu dibuka lebar dan bola ada di antara kedua tangan kamu dengan posisi badan yang rileks. Ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan agar bisa memegang bola basket dengan benar.

Yuk, simak panduan cara memegang bola basket dengan baik dan benar, berikut ini.

Cara Memegang Bola Basket yang Benar

Cara Memegang Bola Basket yang Benar

#1. Jari-Jari Tangan di Jalur Bola

Cara pertama yang dapat kamu praktikan adalah dengan meletakkan jari-jari tangan di jalur bola. Pertama atur posisi ibu jari di bagian tengah bola secara membentang. Adapun untuk keempat jari lainnya bisa kamu letakkan di atas ibu jari, pada jalur bola lainnya.

Ada jarak antara jari satu dengan jari lainnya yang tidak begitu lebar untuk menahan bola. Bola basket memiliki garis-garis yang bisa dijadikan sebagai penentu letak jari kamu ketika memegang bola. Sebenarnya tidak masalah jika tidak mengikuti arah, tetapi cara ini bisa dipraktekan untuk pemula.


Baca Juga: Teknik Dasar Bola Basket


#2. Pura-Pura Seperti Akan Mengoper Bola

Cara memegang bola basket yang berikutnya adalah seperti pura-pura akan mengoper bola. Cara yang satu ini dimulai dari latihan mengoper bola terus menerus dengan posisi kelima jari menempel pada bagian samping bola.

Selain untuk latihan memegang bola, cara ini juga bisa dijadikan latihan untuk mengoper bola ke teman. Jika tidak terbiasa maka bola bisa jatuh atau direbut oleh lawan. Gunakan semua jari untuk menahan bola dan memberikannya tekanan agar tidak jatuh.

Manfaat lain dari latihan ini adalah kamu lebih terbiasa untuk mengendalikan bola dan memperkuat pegangan pada bola basket agar tidak lepas.

#3. Latihan dengan Bola Basket Mini

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan adalah latihan memegang bola basket ukuran mini. Pemula akan merasa kesulitan jika harus memegang bola basket berukuran besar karena belum terbiasa. Oleh karena itu untuk membiasakan hal tersebut coba gunakan bola dengan ukuran kecil.

Kamu bisa memegang bola basket mini secara terus menerus sampai menjadi terbiasa. Jika sudah terbiasa maka akan lebih mudah untuk memegang bola basket dengan ukuran yang lebih besar. Walaupun ukuran bolanya berbeda, setidaknya kamu sudah bisa mahir memegang bola basket.


Baca Juga: Macam Macam Dribbling Dalam Bola Basket 


#4. Membuat Mangkuk Besar

Cara keempat yang dapat kamu lakukan adalah memegang bola basket dengan tangan membentuk mangkok besar. Apabila kamu ingin memegang bola dengan kedua tangan, maka kedua tangan tadi membentuk mangkuk besar dan menjepit bola di antara kedua tangan.

Kedua telapak tangan melekat pada sisi samping bola dan antara satu jari dengan jari lainnya harus diberi jarak. Letakkan ibu jari searah dengan tubuh yaitu pada bola bagian belakang.

#5. Menggunakan Empat Jari

Cara memegang bola basket yang berikutnya adalah dengan menggunakan empat jari. Kamu bisa menggunakan jari tengah, manis, ibu jari dan telunjuk untuk memegang bola. Kamu bisa menggenggam bola dengan empat jari tersebut agar tidak jatuh.

Terkadang ada pemain yang tidak memegang bola dengan benar sehingga bola menjadi mudah lepas. Selain itu cara yang satu ini juga cocok dilakukan oleh pemula.

#6. Meremas Bola

Cara terakhir adalah dengan meremas bola menggunakan jari-jari. Kamu harus menahan dan memberi kekuatan pada bola dengan jari agar bola tidak mudah lepas.


Baca Juga: Jenis Pelanggaran Dalam Bola Basket


Akhir Kata

Sebelum memulai bermain basket, kamu harus melakukan peregangan terlebih dahulu. Peregangan tangan adalah bentuk latihan fisik sebelum mempraktekan cara memegang bola basket di atas. Karena pegangan bola basket sangat ditentukan oleh kekuatan jari.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *