You are currently viewing Macam Macam Olahraga

Macam Macam Olahraga

Olahraganesia.id – Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan. Selain berperan penting untuk menjaga kesehatan badan, olahraga juga bisa membantu meningkatkan kualitas hidup. Apa saja macam-macam olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan?

Sebenarnya, ada berbagai macam jenis olahraga yang bisa kamu lakukan setiap harinya. Mayoritas orang hanya melakukan jenis olahraga itu-itu saja seperti lari, senam, bersepeda dan lain-lain. Masih banyak jenis olahraga lainnya yang memberikan efek luar biasa untuk menjaga kebugaran badan.

Yuk simak macam macam olahraga yang punya banyak manfaat dan paling populer di dunia, berikut ini.

Pengertian Olahraga

Kegiatan olahraga sudah sangat populer di dunia, termasuk Indonesia. Selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa menjadi sarana untuk meraih prestasi. Selain itu, olahraga merupakan suatu gerak badan yang bertujuan untuk menguatkan serta menyehatkan tubuh.

Sejarah Olahraga

Pada zaman pra sejarah, olahraga digunakan untuk bisa bertahan hidup dari berbagai jenis gangguan ganasnya lingkungan. Masyarakat zaman dulu banyak yang menghadapi berbagai jenis tantangan mulai dari topan, badai, hujan, atau serangan berbagai jenis binatang buas.

Masyarakat saat itu belum mengenal dengan baik arti dari olahraga sehingga hanya melakukan gerakan yang sama secara berulang-ulang.

Perlu kamu tahu, saat itu ada macam-macam olahraga yang sering dilakukan oleh masyarakat seperti renang, dayung, lari, bela diri, memainkan senjata, dan lain-lain. Perkembangan olahraga semakin pesat ketika Indonesia mengalami penjajahan dari Belanda dan Jepang.

Awalnya tujuan Belanda dan Jepang datang memang hanya untuk berdagang, namun tiba-tiba tujuannya berubah seiring perkembangan zaman. Olahraga di Indonesia semakin mengalami perubahan dan banyak penemuan olahraga baru yang berkembang di Indonesia.

Jenis olahraga yang banyak berkembang pada masa penjajahan meliputi judo, sumo, kendo, dan juga karate. Jepang bahkan memberikan pelatihan olahraga di beberapa sekolah. Dari situlah, perkembangan olahraga semakin meningkat pesat.

Berbagai jenis olahraga dikembangkan di sekolah mulai dari senam pagi, baris berbaris, lari, kendo, dan keterampilan bayonet. Hingga sekarang olahraga semakin didukung oleh pemerintah dan dijadikan sebagai ajang kompetisi dunia.

Macam Macam Jenis Olahraga Paling Populer

1. Sepak Bola

Sepak Bola

Sepak bola tergolong jenis olahraga yang dimainkan dengan menggunakan bola besar. Pada umumnya, olahraga sepak bola akan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing berjumlah 11 orang. Satu orang akan bertugas untuk menjaga gawang dan sisanya bertugas sebagai pemain.

Sepak bola merupakan olahraga yang saat ini populer di seluruh dunia. Dalam lapangan terbuka, akan ada tim yang bertugas untuk menempati posisi bertahan dan menyerang. Para pemain perlu melakukan taktik serangan dan membangun kekompakan untuk mencapai kemenangan.

2. Futsal

Futsal

Kamu salah jika menganggap futsal sama saja dengan sepak bola. Walaupun keduanya memang terlihat serupa, akan tetapi dari segi tempat bermain dan aturannya agak sedikit berbeda. Futsal dimainkan dalam lapangan indoor yang umumnya memiliki ukuran tidak terlalu luas.

Dalam permainan futsal, para pemain perlu mempelajari beberapa teknik dasar. Teknik bermain futsal seperti menendang bola (kick), mengumpan bola (passing), menggiring bola (dribbling), menembak lawan (shooting), dan menyundul bola (heading).

3. Bulu Tangkis

 Bulu Tangkis 

Siapa yang belum kenal dengan bulu tangkis? Di Indonesia sendiri sampai saat ini sangat populer dan digemari semua kalangan. Ada lima partai yang dimainkan dalam olahraga bulu tangkis seperti tunggal putra, tunggal putri, ganda putri, ganda putra, dan campuran.

Pada permainan bulu tangkis setiap pemain memiliki tujuan untuk mendaratkan kok ke bidang permainan lawan. Syaratnya kok yang dipukul sudah harus melewati net sebelum terjatuh ke bidang permainan lawan.

4. Bola Basket

Bola Basket

Permainan bola basket dimainkan secara berkelompok dan setiap tim terdiri atas lima orang. Dalam mencetak skor, tiap tim bertugas untuk memasukkan bola basket melewati ring lawan yang posisinya cukup tinggi.

Sama dengan bola voli, pemain basket menggiring bola dengan menggunakan tangan. Olahraga basket memiliki banyak manfaat untuk kamu yang sering melakukannya seperti membakar kalori, melatih konsentrasi, membentuk otot, serta melatih kekompakan.

5. Bola Voli

Bola Voli

Voli tergolong macam-macam olahraga yang bisa dimainkan oleh dua tim dan cocok untuk membentuk otot tubuh. Tiap tim dalam bola voli terdiri atas 6 orang. Dalam permainan bola voli, para pemain perlu memukul dan melempar bola melewati net untuk dapat mencetak skor.

6. Golf

Golf

Banyak yang mengatakan bahwa olahraga golf hanya pantas dimainkan oleh masyarakat yang memiliki ekonomi menengah ke atas. Hal ini dikarenakan dalam permainan golf tidak hanya membutuhkan keterampilan, tetapi juga modal yang cukup besar.

Kendati demikian, kamu bisa belajar permainan golf melalui komunitas tertentu agar tidak mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Dalam permainan golf dikenal beberapa istilah penting seperti birdie, bogey, bunker, caddie, dan juga club.

7. Baseball

Baseball

Pernah mencoba permainan baseball bersama-sama? Ya, jadi permainan baseball memang dimainkan secara beregu oleh dua tim. Dari kedua tim tersebut, ada yang bertugas sebagai tim pemukul (batter) dan tim pelempar (pitcher).

8. Tenis Meja

Tenis Meja

Sebenarnya, masih banyak macam-macam olahraga yang dimainkan oleh dua orang atau lebih, salah satunya tenis meja. Pada permainan tenis meja, dibutuhkan sebuah alat untuk memukul bola yang dinamakan dengan bet.

Bet merupakan sebuah raket kecil yang dibuat dari papan kayu serta dilapisi bahan karet di bagian luarnya. Selain menggunakan bet, para pemain tenis meja juga membutuhkan bola pingpong serta lapangan berbentuk meja lengkap dengan net di bagian tengahnya.

9. Renang

Renang

Renang tergolong jenis olahraga akuatik yang sangat populer dan banyak diminati. Bahkan, hingga saat ini renang menjadi salah satu jenis olahraga yang diperlombakan dalam ajang perlombaan bergengsi di seluruh dunia.

Renang juga termasuk olahraga yang seru dan bisa dijadikan cara untuk membuat otak yang sedang penat menjadi lebih fresh. Menariknya lagi, ada berbagai gaya renang yang bisa kamu coba seperti gaya bebas, gaya punggung, gaya dada, dan juga gaya kupu-kupu.

10. Softball

Softball

Softball adalah macam-macam olahraga cukup populer di dunia. Softball tergolong permainan bola pukul yang dimainkan oleh dua regu. Dalam permainan softball, para pemain perlu mempelajari beberapa teknik dasar seperti melempar bola, memukul bola, dan menangkap bola.

Manfaat Berolahraga

Tujuan melakukan olahraga yaitu untuk meningkatkan kondisi kesehatan setiap orang. Selain bisa membantu menjaga kebugaran fisik, olahraga juga bisa mempengaruhi kinerja otak manusia bisa berjalan secara optimal.

Saat kondisi fisik bugar dan daya pikir lebih baik, rasa percaya diri yang kamu miliki juga akan semakin meningkat. Bahkan, banyak orang melakukan olahraga tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan, tetapi juga karena hobi dan menghilangkan rasa stres yang tiba-tiba muncul.

Pernyataan tersebut sejalan dengan pernyataan dari Kathryn Marsden yang mengatakan bahwa, olahraga merupakan kegiatan untuk mengurangi rasa stres. Olahraga bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Akhir Kata

Ada banyak macam-macam olahraga di dunia yang bisa dilakukan untuk sekedar hobi dan menjaga kesehatan tubuh. Olahraga tersebut meliputi futsal, bulu tangkis, tenis meja, dan lainnya. Olahraga apa saja bisa memberikan khasiat kesehatan jika dilakukan dengan metode benar dan secara rutin.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply