You are currently viewing Waktu Permainan Bola Basket

Waktu Permainan Bola Basket

Olahraganesia.id – Waktu permainan bola basket sudah ditentukan oleh federasi basket seluruh dunia atau FIBA. Federasi ini memberikan standar permainan bola basket yang bisa dilakukan di seluruh dunia termasuk pada kompetisi lokal dan juga internasional.

Pemberian waktu ini untuk memaksimalkan permainan yang ada pada bola basket. Selain itu juga bisa mencegah terjadinya masalah pada pemain. Informasi lebih lanjut terkait dengan waktu permainan bola basket bisa disimak di bawah ini.

Lama Waktu Permainan Bola Basket

Lama Waktu Permainan Bola Basket
Image Source By. focusadvertising.id

Lama waktu permainan pada bola basket sekitar 40 menit total. Permainan ini tidak berjalan langsung mulai dari awal sampai akhir seperti halnya olahraga sepak bola. Tetapi akan terbagi menjadi empat babak yang masing-masing babak akan memiliki waktu sekitar 10.

1. Permainan Liga Biasa

Permainan selama 10 menit sebanyak 4 kali seorang pemain harus berhasil mencetak skor sebanyak-banyaknya. Antara babak 1 dengan babak yang lain biasanya akan ada waktu istirahat. Waktu ini digunakan untuk komunikasi antar anggota.

Selain itu pelatih ataupun official juga akan memberikan informasi penting lainnya. Itulah kenapa memaksimalkan permainan dan waktu pada basket sangat penting untuk menghindari adanya kesalahan dan cedera yang dialami oleh permainan.

2. Permainan Liga Khusus Amerika

Pada beberapa liga yang ada di Amerika serikat permainan ini sedikit dimodifikasi sehingga dalam suatu permainan akan ada dua babak saja. Artinya satu babak akan berjalan selama 20 menit sebanyak 2 kali.

Meski demikian secara umum permainan tetap mengacu pada permainan 4 babak yang masing-masing berisi 10 menit permainan. Meski demikian untuk beberapa liga atau permainan di sekolah biasanya waktu bisa dikurangi sesuai dengan kesepakatan, mengingat tidak semua pemain merupakan profesional.


Baca Juga: Peraturan Bola Basket


Waktu Istirahat dan Jeda Babak Pertandingan dalam Bola Basket

Waktu Istirahat dan Jeda Babak Pertandingan dalam Bola Basket

Waktu permainan bola basket juga akan diisi dengan jeda atau istirahat. Pemain tidak akan bermain selama 40 menit dalam sekali waktu. Tetapi mereka juga akan melakukan istirahat selama kurang lebih 10 menit babak.

Artinya begitu 10 menit pertama permainan selesai semua tim akan beristirahat untuk sementara waktu. Selanjutnya, mereka bisa melanjutkan permainan lagi hingga akhirnya selesai. Jadi antara babak 1 hingga babak keempat ada kurang lebih 3 kali istirahat.

Apabila di total dari awal hingga akhir dan memasukkan waktu istirahat permainan bola basket biasanya akan terjadi selama 70 menit. Permainan ini di luar babak pertambahan apabila ada skor yang sama antara tim satu dengan tim yang lain dalam satu pertandingan.


Baca Juga: Jumlah Pemain Bola Basket


Perpanjangan Waktu Permainan Bola Basket

Perpanjangan Waktu Permainan Bola Basket

 

Meski tidak terlalu sering, permainan bola basket biasanya menemui fase dimana tim yang bermain dalam satu pertandingan memiliki skor yang sama. Artinya tidak bisa ditentukan mana saja tim yang dianggap memenangkan pertandingan dan mana saja tim yang salah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah diberikan babak tambahan waktu yang bisa dimanfaatkan oleh setiap tim untuk memaksimalkan skor yang dimiliki. Perbedaan satu poin saja ketika akhir periode dilakukan bisa meningkatkan peluang kemenangan.

Babak pertambahan waktu atau perpanjangan biasanya berjalan selama 10 menit dan 1 babak akan diberi waktu sekitar 5 menit. Artinya apabila 5 menit pertama sudah keluar pemenang maka akan dihentikan.

Sebaliknya apabila sampai babak kedua belum ada pemenang atau perbedaan skor maka akan dilanjutkan.


Baca Juga: Ukuran Bola Basket


Akhir Kata

Waktu permainan bola basket seperti yang sudah dijelaskan di atas adalah 40 menit yang terbagi menjadi empat babak. Selanjutnya apabila skor masih sama akan ada perpanjangan sebanyak 2 kali yang masing-masing babak waktunya 5 menit.

Ketika melakukan permainan bola basket biasanya akan ada waktu jeda atau istirahat yang dimanfaatkan untuk komunikasi tim. Waktu ini biasanya 10 menit sehingga dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain dan juga tim.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply