You are currently viewing Pengertian Bola Basket

Pengertian Bola Basket

Olahraganesia.id – Permainan bola basket merupakan olahraga yang sangat populer dan banyak digemari oleh semua kalangan. Tidak hanya itu, terkadang banyak orang yang rutin melakukan aktivitas olahraga basket sebagai alternatif untuk menambah tinggi badan.

Selain itu, permainan bola basket ternyata memiliki beberapa tujuan yang cukup menarik. Apalagi tujuan permainan bola basket tidak hanya berhubungan dengan masalah kesehatan saja. Tetapi juga berhubungan dengan kerjasama yang dilakukan dengan tim dan juga mendapatkan penghasilan.

Itulah kenapa olahraga basket ini sangat berkembang khususnya di negara barat seperti Amerika. Bahkan permainan ini sudah masuk ke beberapa kejuaraan dunia termasuk olimpiade.

Untuk mengetahui seperti apa pengertian, tujuan, dan manfaatnya, simak selengkapnya di bawah ini.

Sekilas Tentang Pengertian Bola Basket

Pengertian Bola Basket

Bola basket adalah olahraga bola yang terdiri dari dua tim dan setiap tim terdiri atas lima orang. Kedua tim tersebut kemudian saling bertanding dan melakukan serangan untuk mencetak poin dengan memasukkan bola pada keranjang lawan sebanyak-banyaknya.

Olahraga basket sangat populer di Amerika Serikat bahkan belahan dunia lainnya, seperti Lithuania, Eropa Selatan dan juga Indonesia. Bahkan kompetisi basket selalu digelar dengan rutin tiap tahunnya, seperti British Basketball League (BBL) di Negara Inggris.

Tidak hanya di Inggris, bahkan Indonesia sendiri juga sering mengadakan kompetisi basket rutin yang dinamakan IBL atau Indonesia Basketball League. Permainan bola basket dilakukan pada lapangan terbuka (outdoor) dan bisa juga di ruang tertutup (indoor).

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian bola basket. Untuk selanjutnya kamu bisa menyimak tujaun serta manfaat yang diperoleh dalam bermain basket.


Baca Juga: Peraturan Permainan Bola Basket


Tujuan dari Permainan Bola Basket

Tujuan dari Permainan Bola Basket

Permainan bola basket ternyata memiliki tujuan yang cukup banyak. Berikut beberapa tujuan permainan bola basket yang dimiliki oleh pemainnya.

1. Melatih Sikap Sportif

Sikap sportif sangat dijunjung tinggi dalam permainan bola basket apalagi aturan yang ada di dalamnya cukup banyak dan mengikat. Dengan sikap ini seseorang akan bermain sesuai dengan aturan dan tidak akan melakukan kecurangan.

2. Menjaga Kestabilan Emosi

Bermain dengan banyak orang pada lapangan dan terkadang suasananya juga panas akan menyebabkan seseorang mudah terpancing emosi. Apabila bermain basket hal itu tidak bisa dilakukan sehingga seseorang harus menjaga kestabilan emosinya agar permainan berjalan dengan baik.

3. Meningkatkan Keterampilan Bersama Tim

Selalu berkomunikasi dengan tim dalam permainan bola basket akan menyebabkan seseorang mudah melakukan komunikasi. Keterampilan untuk bekerja sama dengan banyak orang juga akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Meningkatkan rasa percaya diri adalah salah satu tujuan utama dari permainan bola basket. Tanpa rasa percaya diri yang tinggi seseorang tidak akan mampu berhadapan dengan banyak lawan di dalam pertandingan.

5. Melatih Komunikasi

Tujuan permainan bola basket selanjutnya adalah bisa melatih komunikasi dengan baik. Saat berada di lapangan seseorang tidak akan bisa menang dengan kemampuannya sendiri. Mereka harus bekerjasama dan melatih komunikasi agar bisa mengoper bola dengan baik dan mengatur strategi secara maksimal.

6. Basket Bertujuan untuk Berlatih untuk Disiplin

Seseorang yang bermain bola basket harus memiliki sifat disiplin yang tinggi agar bisa mengatur strategi dengan baik dan memenangkan pertandingan. Disiplin juga akan menghindari seseorang melakukan pelanggaran atau kesalahan.

7. Melatih Kepemimpinan

Setiap orang akan menjadi seorang pemimpin entah itu kapten atau apapun di dalam lapangan. Dengan kepemimpinan yang baik mereka bisa mengatur sehingga permainan berjalan secara sempurna. Hal semacam ini akan membuat mereka terbiasa pada kehidupan sehari-hari.

8. Meningkatkan Prestasi

Prestasi juga harus mengalami peningkatan Ketika seseorang bermain bola basket. Peningkatan ini harus berjalan sedikit demi sedikit hingga akhirnya mendapatkan kemenangan yang besar.

9. Sumber Penghasilan

Sebagai seorang pemain profesional tentu hasil akhir atau tujuannya adalah penghasilan. Itulah kenapa seseorang harus bermain dengan maksimal agar kemampuannya diakui.

10. Meraih Kemenangan

Tentu saja hal terakhir yang menjadi tujuan dari basket adalah kemenangan. Hal ini tidak akan tercipta tanpa adanya kerja sama tim yang baik. Itulah kenapa permainan ini akan membuat seseorang menjadi lebih baik tidak hanya di dalam lapangan tetapi juga di luar lapangan.

11. Melatih Kemampuan Konsentrasi

Pemain basket dituntut untuk memiliki daya konsentrasi tinggi, terutama ketika hendak memasukkan bola ke ring atau mengoper bola ke pemain lain. Jika konsentrasi terganggu, bisa saja bola justru direbut lawan.

12. Memperluas Jaringan Relasi

Seperti yang diketahui, permainan bola basket merupakan permainan beregu. Anda dapat memperluas jaringan relasi dengan mengenal sesama pemain atau pecinta bola basket yang Anda temui di ajang pertandingan.

Selain itu, permainan bola basket melatih Anda untuk dapat bekerja sama dalam meraih tujuan yang sama, yaitu memenangkan pertandingan.

13. Membantu Mengurangi Stres

Berolahraga dapat mendorong produksi hormon yang dapat membantu meredakan stres dan rasa cemas. Tidak jarang orang bermain basket hanya untuk melupakan segala beban yang sedang dihadapinya.

14. Membangun Kecerdasan Interpersonal

Karena Anda pasti bertemu dengan berbagai jenis orang dengan karakter yang berbeda-beda, kecerdasan interpersonal Anda menjadi terasah. Anda dapat lebih memahami orang lain dan mengetahui cara menyikapi orang yang Anda temui, baik itu individu dalam tim sendiri atau tim lawan.


Baca Juga: Sejarah Bola Basket


Deretan Manfaat Bermain Basket

Manfaat Bermain Basket

Manfaat bermain basket bukan hanya menambah tinggi tubuh, lho. Bermain basket dapat juga mencegah osteoporosis, membentuk proporsi tubuh ideal, meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan masih banyak lagi.

Berikut segudang manfaat yang bisa kamu petik dari hasil bermain basket secara rutin.

1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang sulit diobati jika Anda berusia lanjut. Namun, penyakit ini dapat dicegah dari usia dini. Dengan bermain basket, kekuatan tulang dalam tubuh akan meningkat, sehingga lebih terhindari dari ancaman osteoporosis.

2. Membentuk Proporsi Tubuh Ideal

Bermain bola basket tidak hanya menguras pikiran, tetapi juga menguras kalori dan timbunan lemak. Aktivitas fisik dalam permainan basket dapat membentuk tubuh Anda agar memiliki proporsi yang ideal.

3. Menambah Tinggi Tubuh

Aktivitas melompat saat memasukkan bola ke ring dapat merangsang peregangan otot pada tulang kaki. Dengan begitu, pertumbuhan tulang dapat terangsang dan menambah tinggi tubuh Anda.

4. Melatih Koordinasi Tubuh

Kombinasi dari menggiring bola sambil berlari ke arah ring merupakan kombinasi yang dapat melatih koordinasi Anda. Jika dilakukan secara rutin, Anda dapat melatih koordinasi tubuh dan keseimbangan.

5. Meningkatkan Kekuatan Imunitas Tubuh

Olahraga dikenal dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dengan bermain basket, tubuh akan lebih kuat dalam menghadapi serangan virus dan penyakit. Agar semakin optimal, konsumsi sayur dan buah yang dapat merangsang kekuatan imunitas tubuh.

6. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Kesehatan kardiovaskular dapat didorong dengan rutin bermain basket. Permainan basket dapat meningkatkan fungsi jantung untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh dengan merata. Tapi, jangan terus dipaksakan kalau tubuh Anda sudah merasa lelah.

7. Membentuk Kepadatan Tulang

Manfaat bermain basket berikutnya adalah dapat membentuk kepadatan tulang. Gerakan bermain basket yang membuat pemain melompat dan berlari merangsang pertumbuhan kekuatan tulang.

Dengan begitu, tulang tidak mudah keropos. Selain itu, persendian pada tulang juga menjadi semakin sehat.

8. Menstabilkan Hormon

Wanita terkadang mengalami disfungsi hormon yang menyebabkan beberapa masalah dalam tubuh. Namun, sering bermain basket dapat membentuk jaringan otot perut agar lebih kencang dan padat. Dengan begitu, permasalahan yang berkaitan dengan hormone dapat diatasi.


Baca Juga: Jumlah Pemain Basket


Akhir Kata

Sudah paham mengenai pengertian bola basket, tujuan serta manfaatnya? Jadi, walaupun memang sangat melelahkan basket ternyata berpengaruh baik bagi kesehatan.

Seperti sudah dibahas di atas, tujuan permainan bola basket ternyata cukup banyak dan bisa membuat perubahan besar pada seseorang. Apalagi jika sampai menjadi pemain profesional dan bermain di beberapa liga. Mereka bisa mendapatkan bayaran atau penghasilan yang cukup lumayan.

Terpenting dari semua ternyata bola basket juga berhubungan dengan kerja sama yang dimiliki oleh tim. Tanpa kerjasama tim yang baik seseorang tidak akan mampu menjalankan seluruh aktivitas pekerjaan ataupun olahraga secara maksimal.

Apalagi mereka tidak memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan juga rasa percaya diri. Itulah kenapa bola basket harus dimainkan karena bisa melatih semuanya secara maksimal.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply