You are currently viewing Pivot Basket

Pivot Basket

Olahraganesia.id – Salah satu cara teknik yang sering digunakan untuk main bola basket adalah pivot. Teknik pivot basket ini dilakukan untuk memudahkan seseorang berputar pada lapangan sehingga mereka bisa berbalik arah atau melakukan operan bola ke lawan.

Teknik ini sama halnya dengan melakukan dribble sehingga mereka harus menguasai secara maksimal. Tanpa penguasaan yang baik maka proses melakukan teknik pivot ini tidak akan berjalan dengan lancar bahkan bisa menyebabkan masalah karena bola akan mudah direbut oleh lawan.

Pengertian Pivot Basket

Secara umum pivot bisa diartikan sebagai gerakan memutar. Gerakan ini merupakan salah satu inti dari permainan basket sehingga seseorang bisa melakukan permainan dengan sempurna di dalam lapangan atau setiap pertandingan yang dilakukan.

Cara paling mudah untuk melakukan aktivitas atau metode gerak ini adalah dengan memberikan tumpuan yang besar pada salah satu kaki. Selanjutnya kaki lain akan digunakan untuk memutar bersamaan dengan membawa bola.

Normalnya gerakan ini akan diikuti dengan proses mendrible sehingga seseorang bisa bergerak lebih jauh dan mendekati tempat untuk mencetak skor. Tapi ada juga cara yang lain sehingga kamu bisa mengoper pola ke posisi teman yang ada di dalam lapangan.

Biasanya seseorang melakukan gerakan memutar ini untuk memudahkan proses bergerak ke lawan arah. Selain itu ada juga yang melakukannya untuk menipu lawan sehingga lawan akan bergerak lebih jauh dan tidak bisa merebut bola yang sedang diincar.


Baca Juga: Jumlah Pemain Basket dan Tugasnya


Fungsi Pivot dalam Basket

Seseorang yang melakukan gerakan pivot basket biasanya menginginkan salah satu dari fungsi di bawah ini. Jadi gerakan ini tidak dilakukan secara sia-sia tapi dengan beberapa tujuan berikut.

1. Mencari Celah

Hal pertama yang bisa dilakukan dengan melakukan gerakan ini adalah untuk mencari celah. Terkadang ketika melakukan permainan basket beberapa pemain akan bergerak dengan jarak yang tidak terlalu lebar sehingga akan saling bertubrukan

Salah satu cara untuk melepaskan dari kerumunan dan bisa bergerak dengan bebas adalah dengan melakukan gerakan berputar ini. Jadi musuh yang ikut mengikuti gerakan yang sedang dilakukan akan terus bergerak sementara yang membawa bola akan bergerak ke lawan.

Gerakan ini bisa digunakan untuk mencari celah sehingga kamu bisa melakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat. Misal setelah melakukan proses pivot kamu memiliki berbagai jenis kesempatan untuk melakukan tembakan atau penyerangan ke arah lawan dengan lebih mudah.

2. Menipu Lawan

Ketika melakukan permainan basket, teknik yang baik akan memudahkan seseorang untuk menguasai bola lalu membuat tembakan dengan sempurna. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan gerakan atau teknik pivot. Dengan memakai tehnik ini maka seseorang bisa dengan mudah menipu tim lawan.

Mereka seolah-olah bergerak dengan kecepatan tinggi ke posisi penyerangan. Itu sampai di tengah-tengah atau mendekati tempat untuk memasukkan skor seseorang melakukan gerakan memutar lalu bola diarahkan ke teman yang lain sehingga dari kejauhan bisa melakukan tembakan.

Dengan melakukan teknik pegangan ini maka bola akan sulit dikuasai oleh lawan karena akan terus bergerak dari satu orang ke orang lain yang masih dalam satu tim. Apalagi dipadukan dengan beberapa teknik lain, serangan akan semakin hebat.

3. Melindungi Bola

Dengan melakukan gerakan ini maka kamu bisa melindungi bola dengan sangat baik. Artinya bola tidak akan mudah dipegang oleh lawan meskipun mereka bergerak dengan sangat cepat untuk mendekati. Itulah kenapa, teknik pivot ini sangat penting untuk mencegah bola jatuh atau hilang begitu saja.

Meski demikian seseorang memang dianjurkan untuk mampu menguasai dan memegang bola secara sempurna. Apabila hal itu tidak bisa dilakukan maka risiko bola tersebut tidak stabil lalu jatuh dan diambil lawan akan sangat besar.

4. Bertahan

Fungsi terakhir dari melakukan gerakan ini adalah bertahan di lapangan dan tidak memudahkan lawan untuk mencetak skor. Biasanya hal ini dilakukan ketika tim sudah sangat unggul sehingga tidak akan membuat lawan mencetak skor dan menurunkan keunggulan itu.

Selain itu pada tim yang ketinggalan skor juga bisa melakukan teknik ini agar lawan tidak bisa mencetak skor baru.


Baca Juga: Ukuran Bola Basket


Cara Melakukan Pivot Basket

Untuk melakukan gerakan pivot basket, biasanya seseorang akan mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Posisikan salah satu kaki sebagai tumpuan untuk berputar.
  • Kaki lain diangkat untuk membuat gerakan berputar.
  • Tangan masih menggerakkan bola dengan baik dengan cara menarik.
  • Posisi berputar harus antara bola dan lawan sehingga akan sulit musuh untuk merebut bola.
  • Setelah berputar maka bisa dilanjutkan dengan tindakan lain seperti mengoper atau langsung membuat tembakan untuk mencetak skor.

Gerakan Pivot dalam Basket

Gerakan pivot dalam basket merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai. Itulah kenapa gerakan dasar yang harus dikuasai adalah melakukan dribble bola hingga berputar sehingga memudahkan seseorang untuk mengubah arah meskipun mereka sedang berlari dengan kecepatan tinggi.

Apalagi gerakan ini memang berfungsi untuk memberikan banyak sekali variasi dalam bermain. Jadi pertandingan akan semakin seru dan berjalan dari awal hingga akhir tanpa membuat musuh ataupun lawan mencetak skor dengan mudah.

Jenis Teknik Pivot dalam Basket

Ketika akan melakukan saran ini cukup bervariasi dan biasanya terdiri dari beberapa hal di bawah ini.

1. Pivot dan Dribble

Teknik ini dilakukan ketika seseorang memutar bola sembari melakukan proses dribble bola. Pergerakan bisa berjalan dengan baik sehingga seseorang tidak akan mudah dibuntuti oleh lawan.

2. Pivot dan Passing

Biasanya setelah melakukan proses pemutaran badan ini seseorang juga akan melakukan passing atau melempar bola ke rekan yang lain. Cara ini dilakukan apabila kesempatan untuk melakukan eksekusi kurang sempurna.

Jadi daripada bola direbut oleh lawan lebih baik dioper ke rekan yang lain agar lebih mudah untuk melakukan serangan atau untuk bertahan.

3. Pivot dan Shooting

Terakhir adalah melakukan gerakan memutar sambil melakukan serangan. Biasanya cara ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah profesional sehingga ketika melakukan gerakan ini mereka bisa melakukan tembakan yang presisi dan minim melakukan kesalahan.

Kesalahan dalam Gerakan Pivot

Ada banyak sekali jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh seseorang ketika melakukan gerakan pivot. Beberapa kesalahan yang sering terjadi adalah:

  • Tumpuan kaki yang digunakan untuk memutar tidak bisa menekan dengan sangat kuat sehingga seseorang akan terpeleset atau gerakannya kurang sempurna.
  • Tidak mampu menerima bola dengan baik sehingga bola akan terlepas dari tangan sehingga gerakan ini akan sia-sia.
  • Tidak mampu melanjutkan gerakan setelah melakukan belokan sehingga bola akan mudah direbut oleh lawan.

Baca Juga: Teknik Bounce Pass dalam Bola Basket


Akhir Kata

Melakukan teknik pivot basket akan memudahkan seseorang dalam melakukan pertandingan pada lapangan. Sayangnya teknik ini tidak bisa berjalan dengan lancar apabila seseorang tidak memiliki tumbuhan yang baik atau kurang maksimal dalam melakukan gerakan memutar.

Itulah kenapa seseorang harus menguasai teknik dasar ini dengan baik terlebih dahulu. Apabila sudah menguasai, maka kamu bisa mulai  mengembangkannya untuk melakukan berbagai jenis gerakan seperti digabungkan dengan melakukan passing atau melakukan tembakan untuk mencetak skor.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply