You are currently viewing Teknik Dasar Bola Basket

Teknik Dasar Bola Basket

  • Post author:

Olahraganesia.id – Bola basket merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari masyarakat dengan ciri khas berupa keranjang (ring) untuk mencetak gol. Untuk memainkannya, ada beberapa teknik dasar bola basket yang harus kamu kuasai.

Lalu, apa saja teknik dasar dalam permainan bola basket?

Nah, biar kamu makin paham dengan teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket, berikut ini penjelasan selengkapnya.

Macam Macam Teknik Dasar Bola Basket

Dalam pertandingan bola basket, kamu tidak hanya sekadar menggiring dan memasukkan bola saja agar bisa mencetak skor.

Kamu juga harus menguasai beberapa teknik dasar permainan bola basket seperti berikut ini.

1. Passing & Catching

Passing & Catching

Passing & catching merupakan salah satu teknik dasar permainan bola basket yang wajib kamu kuasai. Teknik bola basket satu ini bertujuan untuk memberi dan menerima umpan dari teman satu tim. Dengan memberi dan menerima umpan yang benar, permainan bola basket bisa berjalan dengan baik.

Karena bola basket ini memiliki ritme permainan yang cepat, maka diperlukan kerjasama antar anggota tim. Teknik passing sendiri dibagi menjadi beberapa macam antara lain sebagai berikut ini.

a) Chest Pass

Chest pass adalah salah satu teknik passing yang bisa kamu lakukan dengan memegang bola menggunakan kedua tangan yang diletakkan di depan dada.

Posisi yang tepat untuk melakukan chest pass yaitu dengan memegang bola menggunakan ujung jari kedua tangan dan ibu jari diposisikan di belakang bola.

Saat akan melakukan chest pass, kedua lengan harus diluruskan dan ibu jari dipindahkan ke sisi bawah bola. Operan teknik ini juga harus lurus dan tidak boleh mengarah ke atas (melambung) atau mengarah ke bawah.

b) Bounce Pass

Bounce pass merupakan teknik passing dengan cara mendorong bola ke arah bawah dan memantulkannya ke lantai. Untuk melakukan bounce pass ini tidak bisa dilakukan dalam jarak dekat.

c) Overhead Pass

Overhead pass yaitu salah satu teknik passing dengan cara mengoper bola menggunakan tangan yang berada di atas kepala dan siku tangan membentuk sudut siku-siku (90°).

d) Back Pass

Back pass merupakan teknik passing yang bisa dilakukan jika penerima bola berada di dekat pengoper. Teknik passing satu ini dapat dilakukan menggunakan satu tangan dari posisi belakang punggung.

e) Under Pass

Underpass merupakan salah satu teknik passing yang dapat dilakukan dengan mengoperkan bola basket pada jarak sepinggang yang diarahkan ke penerima atau teman satu tim.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Bola Basket


2. Dribbling

Dribbling

Dribbling merupakan teknik dasar bola basket untuk membawa bola menghindari lawan. Dribbling adalah cara menggiring bola dengan dipantul-pantulkan  ke lantai menggunakan satu atau dua tangan secara bergantian.

Teknik bola basket satu ini bisa dilakukan dengan berlari cepat atau setengah berlari yang penting setiap pemain harus bisa menjaga kontrol tangan agar tidak direbut lawan. Ada beberapa teknik dribbling antara lain sebagai berikut.

a) Dribble Rendah

Dribble rendah merupakan teknik menggiring bola yang akan membuat lawan kesulitan merebut bola sehingga cocok diterapkan untuk menerobos daerah pertahanan lawan. Ketika melakukan teknik dribbling satu ini, kaki bisa dibuka selebar bahu.

Apabila kamu menggiring bola menggunakan tangan kanan, maka kaki sebelah kanan harus diposisikan di depan dan begitu pula sebaliknya. Hal ini perlu dilakukan untuk untuk melindungi bola dari serangan dan incaran pemain lawan.

Selain itu, perhatikan juga ketinggian pantulan bola. Usahakan jangan sampai melebihi pinggang dan sedikit condongkan badan ke arah depan.

b) Dribble Tinggi

Teknik dribble rendah cocok diterapkan saat kamu berada di posisi yang cukup jauh dari lawan. Untuk melakukan dribble tinggi, kaki bisa dibuka sejajar. Apabila kamu melakukan dribble menggunakan tangan kanan, maka bola bisa dipantulkan di samping kanan depan dan begitu pula sebaliknya.

Sama halnya ketika melakukan dribble rendah, pastikan tubuhmu tidak terlalu tegap dan sedikit condongkan badan ke depan saat melakukan dribble tinggi.

3. Shooting

Shooting

Shooting atau teknik menembak bola merupakan teknik dasar dalam permainan bola basket yang wajib kamu kuasai. Teknik shooting ini bertujuan untuk mencetak atau menghasilkan poin dengan memasukkan bola ke dalam ring lawan.

Teknik shooting ini dapat dilakukan menggunakan satu atau dua tangan. Setiap tembakan yang dilakukan juga bisa menghasilkan poin yang berbeda-beda yaitu 1 poin, 2 poin, atau 3 poin. Ada beberapa macam teknik shooting antara lain sebagai berikut.

a) Free Throw

Teknik shooting free throw dapat dilakukan dengan cara berdiri pada dua kaki yang sejajar dengan bahu. Ketika ingin menembakkan bola ke dalam ring, lutut bisa ditekuk sedikit dan lepas bola dengan jari tangan mengarah ke depan.

b) Jump Shot

Untuk melakukan jump shot, posisi yang diambil hampir sama seperti ketika melakukan free throw. Namun, bedanya saat melakukan shooting jump shot, kamu harus melompat dan mengangkat bola ke atas kepala secara bersamaan.

c) Lay Up

Lay up merupakan teknik shooting yang dilakukan dari arah samping kanan atau samping kiri. Kunci utama untuk melakukan lay up yaitu ketepatan kaki karena teknik ini hanya bisa dilakukan dalam 3 hitungan saja.

Pada hitungan pertama, kaki belakang diarahkan ke depan kaki tumpuan dengan melompat. Pada hitungan kedua dan ketiga, kaki yang menjadi tumpuan melompat ke depan sambil bola dilempar ke ring menggunakan satu tangan.

Hal yang perlu kamu ingat saat melakukan shooting lay up ini yaitu tidak boleh melakukannya lebih dari dua langkah. Apabila lebih dari dua langkah, maka akan dianggap sebagai pelanggaran travelling.

4. Slam Dunk

Slam Dunk

Slam dunk juga termasuk dalam teknik dasar bola basket yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam ring basket dengan posisi tubuh melayang. Gerakan slam dunk ini merupakan improvisasi dari gerakan teknik melempar bola (shooting).

5. Pivot (Cara Berputar)

Pivot

Teknik dasar permainan bola basket selanjutnya yaitu pivot. Pivot merupakan gerakan yang bertujuan menyelamatkan bola dari incaran lawan. Untuk melakukan gerakan ini, tubuh digerakkan memutar menggunakan satu kaki dan kaki lainnya dijadikan sebagai poros.

Gerakan satu ini biasanya akan diikuti dengan 3 gerakan lainnya seperti dribbling, passing, dan shooting.


Baca Juga: Tinggi Ring Basket


6. Screen

Screen

Screen merupakan gerakan dalam permainan bola basket yang dilakukan oleh pemain penyerang untuk membebaskan teman satu timnya dari lawan.

Screen dalam permainan bola basket dapat dilakukan dengan cara menutup pergerakan tim lawan agar pergerakan kawan satu tim lebih terbuka dan leluasa melakukan penyerangan.

7. Rebound

Rebound

Rebound adalah teknik dasar bola basket untuk mengambil kembali bola yang sudah gagal saat akan dimasukkan ke dalam ring. Gerakan rebound ini dapat dilakukan dengan cara menangkap bola memantul akibat gagal masuk ke ring, baik ring milik tim kawan maupun tim lawan.

Teknik rebound ini terbagi menjadi 2 macam yaitu offensive rebound dan defensive rebound. Offensive rebound merupakan upaya menangkap bola rebound di daerah lawan karena rekan satu tim gagal menemukan target.

Sementara itu, defensive rebound merupakan upaya menangkap pantulan bola dari hasil teknik shooting yang gagal dilakukan oleh pemain lawan ke ring yang berada di area pertahanan.

8. Teknik Bertahan (Defense)

Teknik Bertahan

Tujuan dari defense sendiri untuk mencegah lawan dalam mencetak poin. Defense juga bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu personal defense dan team defense.

Personal defense terdiri dari:

  • Standard Defense

Standard defense memiliki tujuan untuk mengarahkan lawan pembawa bola ke arah samping dan mengikuti pergerakan lawan.

  • Deny Defense

Teknik defense ini berusaha untuk menjaga lawan yang tidak membawa bola dengan menutup passing line dari lawan.

  • Triangle Defense

Untuk teknik ini berusaha merebut bola saat lawan sedang melakukan passing.

Sedangkan, team defense terdiri dari:

  • Zone Defense

Teknik pertahanan ini menggunakan strategi pertahanan wilayah, dimana setiap orang memiliki post-nya masing-masing dalam menjaga lawan.

  • Man-to-Man

Pertahanan dimana setiap orang menjaga setiap orang dalam tim lawan satu per satu.

  • Fix Defend

Merupakan pertahanan yang menggabungkan zone defense dan man-to-man.


Baca Juga: Induk Organisasi Bola Basket


Akhir Kata

Dengan memahami teknik dasar bola basket, kamu bisa menyusun strategi penyerangan yang baik dan mencetak poin sebanyak-banyaknya. Penguasaan teknik bola basket yang benar juga akan membuat kamu terhindar dari pelanggaran yang bisa mengurangi poin.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply