You are currently viewing Film Karate Terbaik Sepanjang Masa

Film Karate Terbaik Sepanjang Masa

Olahraganesia.id – Karate merupakan salah satu jenis bela diri yang pertama kali dipopulerkan oleh negara Jepang. Banyak sekali film karate terbaik yang sering diputar di box office untuk menampilkan kesenian bela diri yang sangat populer di Asia. Industri film Cina sendiri cukup sering merilis blockbuster aksi.

Tentu saja sebagian besar kualitasnya tidak perlu diragukan. Namun tidak hanya Cina saja yang sering merilis film action, negara lain juga turut memproduksi film action terutama karate. Lalu, apa saja film karate dengan berbagai adegan aksinya yang ciamik?

Nah, berikut ini olahraganesia sajikan beragam rekomendasi film karate terbaik sepanjang masa untuk kalian.

Rekomendasi Film Karate Terbaik Sepanjang Masa

#1. Karate Kid (2010)

Karate Kid (2010)

Jika kamu pernah melihat film The Karate Kid (1984), mungkin versi remake tahun 2010 yang dibintangi Jackie Chan dan Jaden Smith tidak kalah bagusnya dari versi lama. Sebagian besar latar film syuting di China, dengan Jackie Chan yang berusia 56 tahun berperan sebagai Tuan Miyagi.

Film aslinya The Karate Kid (1984) adalah salah satu movie terbaik tahun itu. Memang versi remake 2010 tidak banyak kejutan, karena mengikuti versi aslinya hampir poin demi poin. Lokasi Cina menambah daya tarik visual, ada pemandangan kemegahan pegunungan dan di Tembok Besar Cina.

#2. The Legend of the Drunken Master

The Legend of the Drunken Master

Film yang mengisahkan tentang seni bela diri karate selanjutnya adalah The Legend of the Drunken Master. Memiliki latar di Cina, film ini menceritakan tentang Tiongkok yang sedang bertransisi dari Dinasti Manchu ke rezim baru yang suka menindas.

Film karate terbaik satu ini lebih banyak berhubungan dengan seni bela diri, jika kamu pernah menonton film Jackie Chan sebelumnya, bisa dipastikan aktingnya di film ini tidak akan mengecewakan.

The Legend of the Drunken Master adalah kombinasi aksi dan komedi yang disajikan dalam berbagai bahasa.

#3. Cobra Kai

Cobra Kai

Tidak kalah legendarisnya dari Karate Kid, ada film berjudul Cobra Kai yang rilis di tahun 1984. Hanya saja Cobra Kai ini dikemas dalam bentuk series. Film ini dibintangi oleh bintang legendaris Holywood Johny Lawrence.

Cobra Kai membuka dojo karate dan ia bersaing dengan musuhnya Daniel Larusso yang sama-sama membuka sekolah karate. Keduanya sama-sama bersaing dalam membesarkan sekolah karate yang mereka dirikan.

Cobra Kai tidak hanya memiliki genre bela diri yang mengisahkan tentang persaingan Johny Lawrence dan Daniel Larusso dalam membuka dojo karate saja, namun juga dikemas dengan unsur komedi yang dijamin mengocok perut.

#4. The Empty Hands

Film The Empty Hands

Selanjutnya ada film Jepang yang rilis di tahun 2017. The Empty Hands menceritakan Mari Hirakawa (Tang), putri seorang guru karate Jepang (Yasuaki). Mari merupakan gadis keturunan Jepang-Hong Kong tidak akur dengan ayahnya.

Sejak kecil, Mari sudah diajarkan mengenai karate. Namun, ia berhenti olahraga pada usia sepuluh tahun setelah insiden di sebuah kompetisi karate. Semenjak itu, ia membenci karate dan tidak mau berlatih lagi. Setelah ayahnya meninggal, tiba-tiba Mari mengklaim ingin mewarisi dojo.

Mari berniat untuk mengubahnya menjadi apartemen dan menjadi tuan tanah. Hanya saja, ayahnya mewariskan 51% tempat itu kepada mantan siswanya, Chan Keung yang berencana untuk tetap menjalankan tempat itu sebagai lokasi latihan karate dibantu oleh Anjing Bisu (Au).

Setelah banyak perdebatan, Chan pun mengajukan penawaran. Mari harus mau mengikuti olahraga karate lagi dan ikuti kompetisi karate dan Chan akan menyerahkan bagiannya.

#5. Karate Kid (1984)

Karate Kid (1984)

Siapa yang tidak mengenal film Karate Kid? Film yang cocok untuk ditonton oleh segala usia. Meskipun film legendaris ini sudah tayang puluhan tahun lalu, namun rasanya masih layak untuk ditonton.

Film ini menceritakan perjalanan Daniel yang mendapatkan perlakuan buruk dari teman-temannya setelah pindah ke tempat baru. Ia pun memutuskan untuk berlatih karate dengan Mr. Miyagi agar bisa melawan teman-temannya.

Namun saat Daniel belajar karate, ia menyadari bahwa yang ia pelajari ini bukan hanya sekedar berlatih untuk menjadi orang yang bisa bela diri saja melainkan juga tentang sebuah seni.

#6. The Karate Kid Part II (1986)

The Karate Kid Part II (1986)

Masih berfokus pada hubungan Mr Miyagi dan Daniel, cerita dimulai ketika sang guru harus pulang kampung karena ayahnya sakit. Ia pun ditemani oleh Daniel dan datang ke Okinawa, Jepang.

Di sekuel yang kedua, penonton akan disuguhkan pada alur yang begitu menghangatkan dari hubungan Daniel dan Mr Miyagi, yang lebih dari sekedar guru dan murid, melainkan seperti sahabat.

#7. The Art of Self-Defense

The Art of Self Defense

Tidak kalah menariknya, ada film satir yang disutradarai oleh Riley Stearns berjudul The Art of Self-Defense. Film ini dibintangi oleh Jesse Eisenberg sebagai Casey, seorang akuntan yang sering ditindas dan ingin belajar ilmu karate setelah dirampok secara brutal.

Film ini menampilkan setiap latihan yang harus dilakukan oleh Casey. Dibantu oleh pelatihnya, Casey mencoba menguasai ilmu seni bela diri karate dengan sabar dan tekun. Diikuti semua teknik-teknik berlatih karate agar bisa menjadi seseorang yang kuat.

Perampokan yang alami benar-benar membuatnya trauma dan ingin menjadi seseorang yang lebih tangguh lagi. Setelah ia mempelajari karate, ternyata Casey mengetahui berbagai sisi gelap kehidupan para pembully.

#8. High-Kick Girl!

High Kick Girl

Selanjutnya ada film berjudul  High-Kick Girl! yang dimainkan oleh Rina Takeda sebagai Tsuchiya Kei. Ia diceritakan sebagai gadis belia pemegang sabuk coklat.

Tsuchiya ingin sekali meraih sabuk hitam, hanya saja ia dianggap belum begitu pantas untuk meraihnya. High-Kick Girl! memiliki beberapa shot, angle kamera, dan teknik karate terbaik yang tidak akan membuat kamu menyesal telah menontonnya.

Meski film ini diproduksi pada tahun 2007, film ini menggabungkan karate dan drama yang tidak akan membosankan.

#9. The Karate Kid (1989)

The Karate Kid (1989)

Karate Kid adalah salah satu sekuel film tentang karate yang memang indah dan menarik. Setelah Daniel diceritakan kembali ke Los Angeles tempat asalnya, maka terjadilah konflik yang mengakibatkan hubungannya dengan Mr. Miyagi buruk.

Hubungan yang merenggang antara Daniel dan Miyagi membuat film Karate Kid layak untuk ditonton. Meski tidak sekompleks masalah di sekuel sebelumnya, Karate Kid part III menyajikan alur cerita yang tetap menarik.

#10. Karate Girl

Karate Girl

Karate Girl menjadi film yang layak untuk ditonton untuk kamu yang memang menyukai film-film bertema karate. Kamu tidak akan bosan dengan setiap alur yang disajikan oleh film ini.

Film ini menceritakan Kurenai dan adiknya Natsuki yang menyaksikan ayahnya mati karena dibunuh sekelompok misterius. Bahkan, adiknya Kurenai juga diculik. Ia pun berniat balas dendam dan berusaha untuk terus menerus melatih kemampuan bela dirinya.

Akhir Kata

Jika kamu sedang mencari tontonan berkelas yang menampilkan karate, maka Karate Kid (1984), Karate Kid versi remake, The Legend of the Drunken Master, The Empty Hands, dan The Art of Self-Defense bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kamu akan disajikan oleh adegan-adegan karate yang sangat menarik untuk ditonton. Alurnya juga dikemas dengan cara yang tidak membosankan, cocok sekali ditonton sambil berlatih ulang mengenai gerakan-gerakan karate. Film karate terbaik di atas recommended sekali untuk ditonton.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply