You are currently viewing Permainan Bola Besar

Permainan Bola Besar

Olahraganesia.id – Dari sekian banyaknya jenis olahraga, permainan bola besar merupakan salah satu jenis olahraga favorit banyak orang. Karena selain menjaga kesehatan dan meningkatkan stamina tubuh, permainan ini juga dapat melatih kekompakan tim.

Sebut saja permainan olahraga seperti sepak bola, voli, basket, hingga polo air. Semua cabang olahraga tersebut memerlukan kerja sama tim yang baik di samping skill berolahraga dari masing-masing anggotanya.

Yuk, simak permainan bola besar yang paling populer di dunia saat ini.

Apa Itu Permainan Bola Besar?

Selama ini kamu pasti sudah hafal berbagai contoh permainannya, tapi kurang tahu apa itu permainan bola besar. Sesuai namanya, permainan ini merupakan cabang olahraga yang menggunakan bola besar berukuran di atas 50 cm.

Cara memainkannya dilakukan secara berkelompok dengan jumlah pemain yang berbeda-beda tiap cabang permainan. Ada yang membutuhkan jumlah pemain sebanyak 5 orang pada basket, 6 orang pada voli, serta 11 pemain pada permainan sepak bola.

Tujuan dari memainkan permainan olahraga dengan bola besar ini sangatlah banyak, antara lain:

  • Memelihara kesehatan dan meningkatkan stamina tubuh.
  • Membantu mengurangi berat badan atau menjaganya agar tetap ideal.
  • Melatih kemampuan konsentrasi.
  • Meningkatkan kekompakan dan kerja sama tim.
  • Melatih tim untuk menciptakan strategi permainan.
  • Sebagai ajang berekspresi dan mengumpulkan prestasi.

Selain menggunakan bola berukuran besar, salah satu hal yang membedakan permainan bola besar dan kecil terletak pada kebutuhan alat bantu.

Permainan bola besar tidak membutuhkan alat bantu hanya mengandalkan anggota tubuh untuk menggerakkan bola. Sedangkan permainan bola kecil memerlukan alat bantu tertentu. Misalnya, permainan bulu tangkis membutuhkan raket atau permainan kasti yang memerlukan stik.

Macam-Macam Permainan Bola Besar

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan utamanya, sekarang kita beralih pada pembahasan jenis-jenis olahraga apa saja yang termasuk permainan bola besar.

Berikut 11 jenis permainan olahraga bola besar yang bisa kamu mainkan bersama teman atau anggota keluarga:

1. Sepak Bola

Sepak Bola

Sepak bola termasuk olahraga yang memanfaatkan bola besar dengan diameter berukuran lebih dari 50 cm. Dalam permainan ini, ada 2 regu yang saling bertanding untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan cara menggiring dan mengoper bola pada tim.

Jenis olahraga ini sangatlah populer di seluruh dunia hingga banyak orang yang setia menanti setiap pertandingannya di berbagai kejuaraan regional atau internasional. Selain menjadi tontonan olahraga yang seru, sepak bola juga memiliki banyak manfaat bagi orang yang memainkannya, di antaranya:

  • Mengembangkan kemampuan motorik secara efektif.
  • Meningkatkan kelincahan, refleks, dan fleksibilitas tubuh.
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular.
  • Memperkuat tulang, otot, dan mengurangi lemak tubuh.
  • Mengurangi rasa cemas, stres, dan memperbaiki mood.
  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus.
  • Meningkatkan koordinasi dan strategi tim dalam pemecahan masalah.

2. Bola Voli

Bola Voli

Jenis olahraga selanjutnya yang menggunakan bola besar adalah voli. Jumlah pemain tiap regu terdiri dari 6 orang pemain. Cara memainkannya yaitu dengan memukul bola agar melewati net yang ada di tengah-tengah lapangan dan masuk ke area regu lawan.

Jika bola tersebut berhasil jatuh di area lawan, maka tim akan mendapatkan skor. Peraih skor terbanyaklah yang akan menjadi pemenang dalam permainan ini. Selain menjadi kegiatan seru untuk mengisi waktu luang, permainan bola voli juga punya banyak manfaat lain, di antaranya:

  • Melatih ketangkasan dan keseimbangan tubuh.
  • Memperkuat tubuh bagian atas, terutama lengan dan bahu.
  • Meningkatkan koordinasi mata dan tangan.
  • Menyehatkan jantung dan sirkulasi darah.
  • Membakar kalori dan lemak dalam tubuh.
  • Meningkatkan kerja sama tim.
  • Meningkatkan mood dan suasana hati.

3. Bola Basket

BolaBasket

Dalam permainan bola basket, ada dua tim yang berebut memasukkan pada bola ke dalam ring lawan. Namun, pemain basket tidak menggiring bola menggunakan kaki, melainkan dengan cara dribble menggunakan tangan. Permainan ini juga mempunyai banyak manfaat, yaitu:

  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular.
  • Memperkuat otot-otot tubuh, terutama di bagian lengan.
  • Menjaga stamina tubuh agar tetap fit.
  • Membantu mengurangi berat badan.
  • Meningkatkan koordinasi dan kerja sama tim.
  • Memperbaiki mood.

4. Futsal

Futsal

Sebenarnya, futsal hampir sama dengan sepak bola. Namun, keduanya memiliki perbedaan. Jika jumlah pemain sepak bola mencapai 11 orang, jumlah pemain futsal hanya 5 orang. Selain itu, futsal bisa dimainkan di lapangan indoor yang tidak terlalu luas dengan waktu permainan lebih singkat.

Sementara untuk manfaat permainan futsal ini sendiri tidak berbeda jauh dengan sepak bola. Kamu bisa mengembangkan kemampuan motorik, meningkatkan kelincahan, hingga menjaga kesehatan kardiovaskuler. Pemain futsal juga bisa belajar kerja sama tim dan mengurangi stress.

5. Polo Air

Polo Air

Jika olahraga sebelumnya bisa kamu lakukan di lapangan terbuka, maka untuk polo air mengharuskanmu bermain di dalam kolam berisi air. Jumlah pemain polo air yang berada di lapangan terdiri dari 7 orang pemain, termasuk penjaga gawang.

Permainan bola besar yang satu ini hampir sama dengan basket, di mana ada 2 regu yang saling berebut memasukkan bola ke gawang lawan. Menariknya lagi, pemain hanya boleh memegang bola dengan satu tangan dan tidak boleh mencipratkan air ke lawan. Tentu semakin sulit memainkannya.

Sama halnya dengan olahraga basket, polo air juga bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental, di antaranya:

  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskuler.
  • Efektif untuk meningkatkan kekuatan otot, terutama pada bagian kaki dan lengan.
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi.
  • Melatih strategi dan kerja sama tim.
  • Memperbaiki sistem metabolisme tubuh dan memperlancar peredaran darah.
  • Meningkatkan mood dan mengurangi stress.

6. Rugby

Rugby

Jika pada permainan sepak bola melarang para pemainnya untuk memegang bola menggunakan tangan, permainan rugby justru memperbolehkannya. Dalam permainan ini terdapat 2 tim yang berebut mengirim bola hingga menyentuh garis gawang.

Selain boleh memegang bola, para pemain rugby juga boleh mengoper, mentekel, dan menyepak bola. Jenis bolanya sendiri berbentuk oval dan jumlah pemainnya bervariasi. Ada permainan rugby dengan 15 pemain tiap regu. Ada pula yang hanya membutuhkan 7 pemain setiap tim.

Jenis olahraga ini mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Mulai dari meningkatkan stamina dan kesehatan kardiovaskuler, serta mengembangkan otot. Selain itu, kamu juga bisa melatih fokus dan konsentrasi tinggi, terutama saat mempertahankan bola di tangan.

Tentunya, olahraga beregu ini juga bisa membantumu meningkatkan koordinasi dan kerja sama tim. Karena olahraga ini bukan sekadar permainan yang membutuhkan keterampilan fisik, tapi juga taktik. Sehingga perlu strategi permainan yang baik sebelum bertanding.

7. Sepak Takraw

Sepak Takraw

Sepak takraw merupakan perpaduan antara sepak bola dan voli di mana para pemain saling berebut memasukkan bola ke dalam area lawan. Namun, para pemain tidak boleh menyentuh bola menggunakan tangan. Jadi, hanya boleh mengoper dan menendangnya menggunakan kaki.

Olahraga sepak takraw mempunyai banyak manfaat, khususnya dalam melatih otot-otot kaki. Kamu juga bisa meningkatkan stamina dan fleksibilitas tubuh, serta melatih diri melakukan gerakan jungkir balik. Karena termasuk permainan beregu, kamu juga bisa melatih strategi dan kerja sama tim.

8. Bowling

Bowling

Jika jenis-jenis permainan bola besar sebelumnya adalah permainan beregu, bowling bisa kamu mainkan tim alias sendirian. Cara permainannya yaitu dengan menggelindingkan bola khusus dengan satu tangan dengan tujuan merobohkan jajaran pin yang ada di ujung lapangan.

Permainan ini menggunakan bola yang lumayan berat, sekitar 4,5-7,2 kg. Tak heran, jika banyak pemula yang kesusahan merobohkan pin di dalamnya. Meski begitu, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dengan memainkan olahraga yang satu ini, antara lain:

  • Mengencangkan dan menguatkan otot-otot tubuh, terutama bagian tubuh atas.
  • Melatih peregangan dan kelenturan tangan.
  • Memperlancar sistem metabolisme tubuh dan mengurangi risiko penyakit.
  • Membantu mengurangi berat badan.
  • Meningkat koordinasi mata dan tangan.
  • Mengurangi stress dan meningkatkan mood.
  • Meningkatkan kehidupan sosial.

9. Bola Tangan

Bola Tangan

Sesuai namanya, permainan ini memungkinkan para pemainnya untuk memegang bola dan berebut memasukkannya ke gawang lawan. Sebenarnya hampir sama dengan sepak bola, namun pengoperan bola boleh menggunakan tangan.

Jumlah pemainnya sendiri ada 7 orang tiap tim, yaitu 6 orang pemain dan 1 orang lagi bertugas menjaga gawang. Sebagai olahraga beregu, kamu bisa melatih koordinasi dan kerja sama tim secara efektif saat memainkan jenis olahraga ini.

Sementara dari sisi kesehatan, para pemain bisa melatih kekuatan otot-otot tubuhnya, meningkatkan kesehatan kardiovaskuler dan memperlancar peredaran darah. Bahkan, kamu juga bisa sekaligus membakar lemak dan membantu mengurangi berat badan.

10. Voli Pantai

Voli Pantai

Jenis permainan ini merupakan variasi dari olahraga voli lapangan pada umumnya. Bedanya, lapangan voli pantai yaitu area berpasir yang ada di pantai dengan jumlah pemain sebanyak 2 orang.

Secara teknis, permainan bola besar yang satu ini hampir sama dengan voli. Yakni, para pemain berusaha melempar bola melewati net hingga masuk ke area lawan. Sementara manfaatnya untuk kesehatan yaitu dapat menguatkan otot-otot dan bisa menjadi latihan kardio yang efektif.

Karena lapangannya berada di area berpasir di tengah-tengah pantai, tentu kamu akan semakin sulit bergerak dan berlari. Sehingga permainan ini juga efektif melatih ketangkasan. Kamu pun bisa mengurangi stres dan memperbaiki mood setelah memainkannya.

Voli pantai merupakan aktivitas rekreasi populer di tempat yang berasir. Olahraga ini juga termasuk jenis yang dilombakan dalam Olimpiade.

11. Sepak Bola Pantai

Sepak Bola Pantai

Sama halnya dengan voli pantai, olahraga ini juga termasuk variasi permainan sepak bola yang dilakukan di area pantai berpasir. Aturan main olahraga beregu ini sama dengan sepak bola, yaitu ada 2 regu yang saling berebut memasukkan bola ke gawang lawan.

Dengan memainkan olahraga sepak bola pantai, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental, antara lain:

  • Melatih kekuatan otot-otot tubuh, terutama kaki.
  • Melatih ketangkasan, kecepatan, dan kelincahan tubuh.
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskuler.
  • Membakar lemak dan membantu mengurangi berat badan.
  • Meningkatkan kemampuan koordinasi, strategi, dan kerja sama tim.
  • Mengurangi kecemasan dan membantu menghilangkan stress.
  • Memperbaiki mood dan kehidupan sosial.

Akhir Kata

Ada begitu banyak jenis permainan bola besar yang bisa kamu mainkan. Mulai dari sepak bola, voli, basket, sepak takraw, rugby, hingga polo air. Masing-masing cabang olahraga tersebut memiliki banyak manfaat. Tidak hanya memelihara kesehatan, tapi juga meningkatkan kerja sama tim.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply