You are currently viewing Peralatan Permainan Rounders

Peralatan Permainan Rounders

Olahraganesia.id – Rounders hampir mirip dengan permainan kasti, softball, dan baseball. Sama seperti permainan bola kecil lainnya, rounders membutuhkan peralatan pelengkap ketika akan dimainkan. Apa saja peralatan permainan rounders yang dibutuhkan?

Penasaran dengan jawaban dari pertanyaan tersebut? Langsung saja simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui alat-alat yang dibutuhkan dalam permainan rounders!

Berikut Ini yang Merupakan Peralatan Permainan Rounders

Peralatan Permainan Rounders

Permainan rounders dilakukan oleh dua regu yang saling bergantian menjadi regu penjaga dan regu penyerang atau pemukul. Permainan bola kecil ini dilakukan di lapangan berbentuk segi lima sama sisi dengan panjang sisinya 15 meter.

Selain mempersiapkan lapangan yang diperlukan, sebelum permainan dimulai ada beberapa peralatan yang juga perlu dipersiapkan, yaitu:

1. Bola

Peralatan pertama dan paling utama yang dibutuhkan dalam permainan rounders adalah bola. Bola yang digunakan terbuat dari bahan kulit yang diberi isian sabut kelapa. Selain itu, bola rounders juga bisa terbuat dari bahan karet.

Bola yang digunakan dalam permainan rounders mirip dengan bola pada permainan kasti, tetapi sebenarnya keduanya berbeda. Berbeda dengan bola kasti yang beratnya 70 hingga 80 gram, bola dalam permainan rounders memiliki berat sekitar 80 hingga 100 gram.

Selain itu, ukuran keliling bola rounders adalah 19 hingga 22 cm. Di dalam satu pertandingan rounders, bola yang dipersiapkan harus lebih dari satu buah sebagai cadangan jika bola rounders rusak.

2. Tongkat Pemukul

Selain bola, tongkat pemukul juga menjadi peralatan utama dalam permainan rounders. Tongkat pemukul ini digunakan oleh pemain pemukul untuk memukul bola yang dilemparkan oleh pemain pelambung dari regu lawan.

Tongkat pemukul rounders terbuat dari kayu yang berbentuk bulat memanjang dengan salah satu ujungnya lebih kecil. Berapa ukuran tongkat pemukul rounders? Tongkat pemukul dalam permainan rounders memiliki panjang 50 cm hingga 80 cm dengan diameter 7 cm.

Ukuran pemukul rounders sedikit berbeda dengan pemukul pada kasti yang memiliki panjang kurang lebih 52 cm dengan diameter 5 cm. Namun, biasanya pemukul bola kasti juga terbuat dari kayu.

3. Tiang Hinggap dan Bendera

Peralatan permainan rounders lainnya adalah tiang hinggap dan bendera. Kedua peralatan ini digunakan sebagai penanda base. Tinggi tiang hinggap ini adalah 1,5 meter dari permukaan tanah. Pada bagian atasnya diberi bendera penanda.

Tiang hinggap harus ditancapkan dengan kuat di tanah agar tidak mudah tercabut ketika pemain memegangnya.

4. Nomor Dada atau Nomor Urut Pemain

Nomor dada digunakan oleh semua pemain baik oleh pemain regu penjaga maupun regu penyerang. Nomor dada ini digunakan sebagai penanda nomor urut pemain yang akan melakukan pukulan ketika menjadi regu penyerang.

Nomor urut yang biasa digunakan oleh para pemain adalah nomor 1 hingga nomor 12.

5. Peluit

Peluit merupakan peralatan dalam permainan rounders yang digunakan oleh wasit. Wasit akan menggunakan peluit untuk memberikan tanda atau aba-aba dalam permainan. Selain menggunakan peluit, wasit juga bisa memberikan tanda dengan teriakan.

6. Papan Pencatat Skor

Peralatan lainnya yang dibutuhkan adalah papan pencatat skor. Papan ini berisi informasi mengenai nama regu yang bertanding dan skor atau nilai yang diperoleh selama permainan berlangsung.

Papan pencatat skor tersebut dapat terbuat dari kertas, papan tulis, atau bahkan bisa menggunakan papan pencatat skor digital.

Akhir Kata

Terdapat beberapa peralatan permainan rounders yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum pertandingan dimulai. Semua peralatan tersebut harus disediakan lengkap dan dalam kondisi bagus sehingga akan sangat membantu untuk membuat permainan rounders berjalan dengan lancar.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply