You are currently viewing Wasit Bola Basket

Wasit Bola Basket

Olahraganesia.id – Permainan olahraga termasuk basket akan memiliki wasit yang memiliki tugas untuk memandu pertandingan. Tanpa ada seorang wasit permainan tidak akan berjalan dengan baik bahkan bisa saja terjadi kecurangan. Itulah kenapa wasit bola basket sangat penting bagi setiap pertandingan.

Tugas sebagai seorang wasit pada permainan bola basket ternyata tidak semudah yang dipikirkan oleh banyak orang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sehingga aturan dari permainan basket bisa diterapkan.

Jumlah Wasit Bola Basket

Ketika melakukan pertandingan bola basket, jumlah wasit yang harus ada di sana adalah 3. Dari ketiga ini 1 bertindak sebagai aset utama atau referee. Sementara keduanya akan bertindak sebagai empire yang bertugas untuk membantu proses berjalannya pertandingan.

Standar ini sudah sesuai dengan asosiasi basket di seluruh dunia sehingga diterapkan di seluruh turnamen. Karena Indonesia masih tergabung dalam asosiasi ini aturan tersebut juga berlaku sehingga di setiap pertandingan harus ada tiga wasit yang akan memandu pertandingan berjalan hingga selesai.


Baca Juga: Cara Menguasai Teknik Overhead Pass


Perlengkapan Wasit Bola Basket

Ketika akan memandu permainan bola basket, seorang wasit harus menggunakan beberapa perlengkapan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh asosiasi.

Berikut beberapa perlengkapan ketika memainkan bola basket.

1. Peluit

Salah satu perlengkapan yang harus ada ketika akan memandu permainan bola basket adalah peluit. Tanpa peluit akan sulit bagi seorang wasit untuk menghentikan pertandingan atau memulai suatu pertandingan dengan lebih mudah.

Itulah kenapa peluit selalu tergantung pada lehernya. Jadi begitu dibutuhkan bisa langsung diambil lalu ditiup untuk memberikan isyarat atau tanda pada permainan bola basket.

2. Baju atau Kemeja

Perlengkapan kedua adalah baju atau kemeja yang harus dikenakan dan umumnya harus disesuaikan dengan aturan. Kurang lebih baju yang dikenakan harus memiliki warna putih, hitam, atau abu-abu. Warna ini sudah menjadi standar sehingga harus diikuti oleh semua orang.

Seorang wasit harus memiliki perlengkapan ini ketika mereka memandu pertandingan. Jadi mereka tidak bisa menggunakan warna yang sembarangan karena tidak akan sesuai dengan standar.

3. Celana Panjang

Baik wasit seorang pria atau wanita biasanya akan menggunakan celana panjang dengan warna hitam. Dengan menggunakan celana panjang ini maka aktivitas wasit tidak akan terganggu sehingga mereka bisa bergerak dengan mudah. Apalagi permainan di lapangan berjalan cukup cepat.

4. Sepatu Basket

Terakhir adalah sepatu basket yang harus dikenakan. Sepatu ini harus memiliki kualitas yang baik sehingga akan membantu seorang wasit bergerak dengan lebih cepat di dalam lapangan.

Seorang wasit tidak diperkenankan menggunakan sandal atau jenis sepatu lain yang terkesan formal. Jadi sepatu yang harus digunakan adalah sepatu olahraga minimal harus menggunakan sepatu basket atau sepatu jogging.

Tugas Wasit dalam Bola Basket

Setiap wasit memiliki tugas yang berbeda-beda dalam permainan bola basket. Beberapa tugas yang dimiliki oleh wasit sesuai dengan tugas yang diberikan.

Wasit Utama atau Referee

Utama atau sering disebut sebagai wasit 1 bertugas untuk melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Seorang wasit harus mengecek sarana dan prasarana ketika pertandingan belum dilakukan. Mereka harus melakukan pengecekan pada lapangan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya seorang wasit juga akan meminta anggota tim untuk mengawali pemanasan di dalam lapangan.
  • Wasit utama juga akan mengawali adanya tos sehingga bisa menentukan di mana yang akan memegang bola terlebih dahulu.
  • Seorang wasit utama bisa menentukan apa yang terjadi di lapangan seperti adanya berbagai jenis pelanggaran. Jadi mereka akan menentukan apakah tindakan yang dilakukan oleh pemain itu melakukan pelanggaran atau tidak.
  • Seorang wasit utama juga bisa memberikan teknikal foul apabila terjadi pelanggaran di lapangan. Apabila terjadi masalah seorang wasit juga berhak mengeluarkan pemain dan juga anggota dari tim dari lapangan.
  • Setelah pertandingan selesai dilakukan seorang wasit wajib memeriksa lagi hasil pertandingan serta melakukan tanda tangan pada hasil yang sudah dibuat dalam bentuk dokumen.

Wasit Kedua atau Empire

Wasit kedua yang biasanya berjumlah 2 orang akan memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Membantu seorang wasit utama untuk mengawasi seluruh pemain dari setiap tim. Pengawasan ini dilakukan tidak hanya pada tim yang bermain saja tetapi juga tim yang menjadi cadangan serta seluruh anggota tim lain termasuk pelatih.
  • Memeriksa dan menghitung berapa kali kuota dari time out yang dikeluarkan oleh setiap tim sehingga tidak akan melakukan kesalahan.
  • Membantu seorang wasit utama apabila terjadi masalah di lapangan atau terjadi pelanggaran sehingga bisa diketahui kira-kira pelanggaran itu benar-benar terjadi atau tidak.
  • Jaga kondisi dari lapangan agar tidak licin atau hal-hal lain yang bisa menyebabkan pemain mengalami cedera akibat terpeleset atau lainnya.

Wasit Pencatat atau Scorer

Sebagai pencatat score maka tugas dari wasit ini adalah untuk mengubah skor yang ada di papan secara berkala. Skor ini bersifat sangat sensitif maka hanya wasit pencatat pah yang berhak menulis.


Baca Juga: Rekomendasi Game Basket Terbaik


Prosedur Wasit Bola Basket

Beberapa prosedur dari wasit yang harus dipahami oleh semua orang. Berikut beberapa prosedur selengkapnya.

  • Memahami seluruh aturan permainan bola basket secara maksimal dan sudah di luar kepala.
  • Adil dan jujur serta tidak memihak.
  • Memahami sistem pelanggaran dan sanksi yang harus diterapkan.
  • Memahami posisi dari wasit dan tugas masing-masing.
  • Memiliki pengetahuan yang luas.
  • Memiliki lisensi yang digunakan untuk memandu pertandingan.

Posisi Wasit

Posisi wasit biasanya ditentukan dengan beberapa hal di bawah ini.

  • Seorang kaset akan bergerak mengikuti pemain yang melakukan dribble bola kemanapun mereka bergerak.
  • Seorang wasit akan bergerak atau berlari di luar garis out dan mengikuti arah dari bola itu bergerak.

Pakaian Wasit Bola Basket

Pakaian seorang wasit dalam olahraga bola basket biasanya memiliki warna yang sama. Biasanya warna yang digunakan adalah kombinasi putih, hitam, dan abu-abu. Selanjutnya corak dari warna juga harus selang-seling dan tidak ada tambahan lainnya.

Selanjutnya untuk bagian bawah harus menggunakan celana yang panjang berwarna hitam. Pemilihan warna ini harus disesuaikan untuk memudahkan pengamatan dari wasit dan juga memudahkan seorang pemain untuk mengetahui di mana posisi dari wasit berada.

Klasifikasi Menjadi Wasit Bola Basket

Berikut beberapa klasifikasi wasit pada permainan bola basket:

  • Lisensi C – Kota
  • Lisensi B2
  • Lisensi B1 – Provinsi
  • Lisensi A – Nasional
  • Lisensi Internasional

Baca Juga: Jumlah Pemain Bola Basket


Akhir Kata

Wasit dalam permainan bola basket sangat penting karena akan menentukan apakah suatu permainan bola basket berjalan dengan lancar atau tidak sama sekali. Bahkan wasit juga bisa menentukan apakah suatu permainan berjalan secara profesional atau berjalan asal-asalan saja.

Itulah kenapa menjadi seorang wasit bukan pekerjaan yang mudah karena ada banyak sekali aturan yang harus dipahami. Mereka harus mengetahui berbagai hal khususnya pada pertandingan ataupun administrasi sehingga tidak melakukan kesalahan sama sekali.

Lebih lanjut wasit juga memiliki kualifikasi. Apabila mereka tidak memiliki kualifikasi tinggi kemungkinan besar masih tidak akan bisa melakukan tugasnya dengan baik. Selain itu mereka juga tidak akan bisa menjadi seorang wasit pada pertandingan profesional baik tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply