You are currently viewing Peraturan Permainan Rounders

Peraturan Permainan Rounders

Olahraganesia.id – Setiap permainan olahraga pastinya memiliki aturan yang telah disepakati dan harus diikuti oleh semua pihak. Rounders sebagai salah satu permainan yang sering dipertandingkan juga memiliki peraturan. Peraturan permainan rounders membuat permainan atau pertandingan berjalan lancar.

Bagaimana peraturan dalam permainan rounders? Apa saja peraturan yang wajib ditaati oleh semua pemain? Penjelasan lebih lengkap dan detail tentang peraturan permainan bola kecil yang satu ini akan dibahas di dalam artikel!

Peraturan Permainan Rounders Secara Singkat

Peraturan Permainan Rounders Secara Singkat

Peraturan dalam permainan rounders mengatur berbagai aspek dalam permainan, termasuk regu, jumlah pemain, lama permainan, nilai atau skor, dan aspek lainnya.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang peraturan dalam permainan rounders, yaitu:

1. Aturan Regu dan Jumlah Pemain

Pemain dalam permainan rounders berjumlah maksimal 15 orang, tetapi pemain yang berada di lapangan hanya 9 orang.

Jumlah pemain ini dimiliki oleh masing-masing regu, baik itu regu penjaga maupun regu penyerang.

a. Regu Penjaga

Regu penjaga adalah regu yang mendapat kesempatan untuk menjaga lapangan dan berupaya untuk mematikan lawan dengan melempar bola ke arah lawan yang sedang berlari.

Pemain dalam regu penjaga ini dikelompokkan menjadi beberapa posisi, yaitu pelambung bola, penangkap bola (catcher), penjaga base (baseman), dan penangkap bola lainnya.

b. Regu Penyerang atau Pemukul

Regu penyerang merupakan regu yang mendapat kesempatan untuk memukul bola. Pemain yang memukul bola pertama kali adalah pemain nomor urut satu. Setelah memukul bola, pemain harus berlari menuju base.

Pemain yang memukul bola selanjutnya adalah pemain dengan nomor urut selanjutnya.

2. Peraturan Lama Permainan Berlangsung

Permainan rounders berlangsung berdasarkan hitungan babak atau inning. Inning artinya satu regu berperan sebagai regu pemukul satu kali dan berperan sebagai regu penjaga satu kali. Di dalam permainan rounders terdapat tiga inning atau babak.

Satu inning atau babak artinya masing-masing regu berperan sebagai regu pemukul satu kali dan menjadi regu penjaga satu kali. Permainan rounders akan selesai setelah setiap regu telah mendapat tiga kali kesempatan menjadi regu penjaga maupun regu pemukul atau penyerang.

Jadi dapat disimpulkan bahwa lama waktu satu permainan rounders adalah tiga inning atau tiga babak.

3. Peraturan Nilai atau Skor

Skor dalam permainan rounders yang dapat diberikan bernilai 0, 1, dan 2. Masing-masing skor tersebut dapat diperoleh regu penyerang atau pemukul ketika:

  • Nilai 0 diperoleh ketika pemain regu penyerang dapat melakukan pukulan dengan benar, tetapi tidak berlari sampai base.
  • Nilai 1 diperoleh ketika pemain regu penyerang memukul dengan benar dan hanya sampai pada satu base. Kemudian ia harus menunggu pemain pemukul lainnya untuk melanjutkan ke base selanjutnya.
  • Nilai 2 diperoleh ketika pemain regu pemukul memukul bola dengan benar dan lari menuju base I hingga base V dengan selamat atas pukulannya sendiri (home run).

Regu penjaga bisa mendapat nilai 1 jika regu penjaga bisa menangkap bola pukulan dari regu penyerang.

4. Aturan Wasit

Satu wasit utama memiliki tugas untuk memimpin permainan rounders. Selain itu, ada juga tiga wasit pembantu sebagai penjaga garis dan satu wasit pembantu sebagai pencatat nilai. Beberapa tindakan yang dilakukan oleh seorang wasit, yaitu:

  • Wasit akan teriak “Strike” sebagai tanda ketika pukulan benar atau lemparan pelambung benar.
  • Wasit akan berteriak “Ball” sebagai tanda pemukul tidak memukul atau lemparan pelambung salah.
  • Wasit akan berteriak “Free Walk” sebagai tanda pelambung salah melempar bola sebanyak 5 kali atau ketika pemukul tidak memukul bola.

5. Aturan Pergantian Bebas

Pergantian bebas pada permainan rounders dapat dilakukan ketika sudah terjadi enam kali kesalahan yang dilakukan regu pemukul sehingga bola mati. Selain itu, pergantian bebas juga dapat terjadi ketika dalam satu inning, bola tertangkap regu penjaga sebanyak lima kali.

6. Peraturan Lemparan Bola

Terdapat dua kondisi lemparan bola pada peraturan permainan rounders, yaitu:

a. Lemparan Benar

Lemparan dikatakan benar ketika bola yang dilempar tepat jatuh di atas base V atau home base dengan ketinggian antara lutut dan bahu pemain pemukul yang berdiri tegak.

b. Lemparan Salah

Sementara lemparan dikatakan salah jika lemparan tidak sesuai dengan syarat lemparan benar.

7. Peraturan Bola Mati

Bola mati ketika permainan rounders terjadi ketika pemain penjaga membawa bola dengan menginjak base atau istilah lainnya “membakar base”. Selain itu, ketika pemain penjaga membawa bola dan berhasil menyentuhkan bola kepada pelari, maka bola juga dianggap mati.

8. Aturan Hak Memukul Bola

Berikut ini peraturan tentang hak memukul bola pada permainan rounders, yaitu:

  • Setiap pemain pemukul berhak untuk memukul bola sebanyak tiga kali. Namun, ketika pukulan pertama atau kedua sudah benar dan baik, maka pemain tersebut harus segera berlari ke base I dan base seterusnya.
  • Ketika pukulan ketiga gagal atau salah, maka pemain pemukul harus memukul lagi hingga pukulan sama sekali tidak kena atau pukulan benar.
  • Ketika bola limbungan baik dan benar tetapi tidak dipukul pemain pemukul, maka dinyatakan pemain tersebut sudah melakukan pukulan.

9. Aturan Pukulan Bola

Pukulan bola benar ketika pukulan mengenai bola dan jatuh di dalam garis batas. Selain itu, ketika bola jatuh dalam sudut antara garis base IV dan base V atau antara base I dan base V, maka pukulan juga dianggap benar.

Pukulan salah ketika bola yang dipukul jatuh atau ditangkap oleh pemain. Selain itu, jika bola mengenai pemain yang berdiri di luar garis juga dianggap pukulan salah.

10. Peraturan untuk Pemain Pelambung

Berikut ini beberapa peraturan untuk pemain pelambung dalam permainan rounders, yaitu:

  • Pemain pelambung harus melambungkan bola dari posisinya dengan mengayunkan bola dari bawah ke arah base V atau pemain pemukul.
  • Pemain pelambung dilarang untuk melakukan gerakan tipuan.
  • Pemain pelambung juga tidak boleh melakukan putaran tangan dan lengan lebih dari 360 derajat sebelum bola dilambungkan.

11. Peraturan untuk Pelari

Terdapat beberapa peraturan untuk pemain pelari dalam permainan rounders, yaitu:

  • Pemain pelari harus berlari di luar garis lapangan.
  • Pada setiap base hanya bisa digunakan untuk tempat hinggap satu pemain.
  • Pemain pelari tidak diperbolehkan untuk berlari mendahului pemain pelari yang ada di depannya.
  • Jika pemain pelari mati, maka ia harus tetap menyelesaikan perjalanannya hingga sampai di base V. Hal ini karena dalam keadaan tersebut pemain pelari masih dapat mati lagi.

12. Aturan Pemain Mati

Seorang pemain dalam rounders dianggap mati pada kondisi berikut ini, yaitu:

  • Base yang dituju sudah dibakar sebelumnya.
  • Pemain berlari di dalam lapangan.
  • Pemain tidak menyentuh base yang dilalui.
  • Kena lemparan bola sebelum sampai base.
  • Kayu pemukul lepas.

Akhir Kata

Peraturan permainan rounders mengatur semua aspek dalam permainan agar berjalan dengan lancar. Semua peraturan tersebut harus dipatuhi oleh pemain, wasit, maupun pihak lainnya yang terlibat dalam permainan rounders.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply