You are currently viewing Jumlah Pemain Basket

Jumlah Pemain Basket

Olahraganesia.id – Bola basket merupakan olahraga yang populer sama seperti sepak bola dan voli. Sama seperti olahraga lainnya, basket juga memiliki sejumlah aturan dan jumlah pemain basket yang ditentukan. Setiap pemain basket juga memiliki peran dan tugasnya masing-masing.

Sebagai olahraga yang populer, basket banyak digelar dalam ajang kompetisi nasional dan internasional.

Untuk mengetahui jumlah pemain basket, dan tugas-tugasnya, kamu bisa simak pembahasan berikut sampai selesai.

Jumlah Pemain Basket dan Tugasnya

Untuk memainkan permainan bola basket harus dilakukan oleh 2 tim yang saling berhadapan. Jumlah pemain olahraga basket setiap tim terdiri dari 5 pemain. Pada pertandingan atau kompetisi, setidaknya ada 5 pemain inti dan 5 pemain cadangan.

Setiap pemain di dalam permainan bola basket ini juga memiliki posisi, peran, dan tugasnya masing-masing.

Berikut ini tugas dan peran pemain bola basket yang wajib kamu ketahui.

1. Point Guard

Point Guard atau yang disebut juga playmaker. Posisi ini biasanya dipegang oleh pemain yang memiliki badan lebih kecil dibandingkan dengan pemain lainnya. Hal ini dikarenakan PG harus memiliki sikap yang lincah, cekatan, dan skill yang bagus dalam mendribble bola.

Posisi PG juga sebaiknya ditempati oleh pemain yang memiliki kemampuan ball handling. Hal ini dikarenakan pemain PG berada di posisi pertama dalam menjalankan strategi permainan, baik dalam hal bertahan maupun penyerangan.

Tugas utama posisi point guard (PG) yaitu membawa bola dengan baik dan memberikan passing yang tepat untuk rekan dalam satu tim. Peran PG juga menjadi ujung tombak posisi pertahanan dan penyerangan, serta bertanggungjawab dalam mengatur ritme permainan dalam satu tim.

2. Shooting Guard

Shooting Guard (SG) merupakan pemain yang berada di posisi kedua setelah point guard. Shooting guard atau yang biasa disebut Si Penembak memiliki tugas melakukan shooting atau menembak bola dari jarak dekat maupun jauh.

Misalnya, ketika bola sedang berada di zona three point, maka pemain yang berperan sebagai shooting guard harus mengambil tugas untuk melakukan tembakan bola ke dalam ring. Karena perannya inilah, seorang shooting guard harus memiliki skill akurasi tembakan yang jitu.

Pemain yang berada di posisi ini juga sebaiknya orang-orang yang cekatan dan lincah sehingga bisa mencari ruang kosong atau celah untuk melakukan tembakan dengan cepat dan tepat. Pada beberapa situasi, pemain shooting guard juga bisa merangkap menjadi point guard tergantung strategi tim.

3. Center

Center merupakan pemain bola basket yang berkutat di daerah pertahanan dan penyerangan. Posisi ini biasanya diisi oleh pemain yang memiliki postur tubuh yang besar dan tinggi sehingga bisa mematahkan pertahanan tim lawan dan menjaga pertahanan tim sendiri dengan baik.

Posisi center berperan sebagai penguasa di point area atau area ring, serta memiliki tugas untuk mencetak poin dari jarak dekat. Selain itu, posisi center juga memiliki tugas untuk melakukan screen pada pemain point guard dan shooting guard agar lolos dari penjagaan defender tim lawan.

4. Small Forward

Small forward merupakan pemain bola basket yang berada di posisi netral sehingga ia bebas memainkan semua posisi atau disebut dengan all around player. Untuk menduduki posisi sebagai small forward, pemain harus memiliki akurasi shooting yang baik, dunk, lay up, dan inside play.

Untuk menempati posisi ini, pemain harus memiliki taktik yang hebat dan multitasking. Meski dituntut untuk bisa memainkan beberapa peran dan posisi sekaligus, pemain small forward biasanya memiliki kemampuan yang tidak sebaik pemain dengan posisi guard atau center.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan juga seorang small guard juga bisa memiliki kemampuan menembak bola yang sangat baik seperti Kevin Durant.

5. Power Forward

Power forward merupakan posisi pemain basket yang memiliki tugas untuk melakukan rebound bola. Rebound sendiri merupakan pengambilan bola yang memantul akibat kegagalan tim lawan dalam melakukan tembakan (shooting).

Power forward memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga pertahanan tim agar bola tidak direbut atau diambil oleh tim lawan. Tidak hanya pertahanan saja, power forward juga harus memiliki skill penyerangan yang baik untuk membantu menciptakan kesempatan mencetak poin.

Untuk bisa menempati posisi power forward, sebaiknya diisi dengan pemain yang memiliki kemampuan melompat yang baik dan tinggi. Pemain PF juga harus memiliki fisik yang kuat agar bisa beradu fisik dengan tim lawan saat berebut bola di udara.


Baca Juga: Pivot Bola Basket dan Fungsinya


Aturan dan Ketentuan dalam Permainan Bola Basket

Setelah memahami tentang jumlah pemain basket, kamu juga harus tahu aturan-aturan yang diberlakukan dalam permainan bola basket. Tujuan dari permainan bola basket sendiri adalah mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke dalam ring.

Tidak ada batasan poin dalam pertandingan bola basket, sehingga semakin banyak bola yang berhasil dimasukkan ke dalam ring maka semakin besar kemungkinan juga untuk menang. Tim yang berhasil mencetak skor paling tinggi, maka tim merekalah yang akan menjadi pemenang.

Karena ritme permainan bola basket terbilang cepat, maka dibutuhkan kerjasama dan kekompakan antar anggota tim. Nah, berikut ini merupakan aturan dan ketentuan yang diberlakukan dalam permainan bola basket.

No. Aturan Permainan Bola Basket Keterangan
1. Jumlah pemain basket 5 – 10 orang pemain yang dibagi menjadi 5 orang pemain inti dan 5 orang pemain cadangan
2. Pergantian pemain Dilakukan ketika posisi bola mati atau sedang break (istirahat)
3. Formasi pemain Formasi 1 – 2 – 2 atau 2 – 1 – 2 dengan posisi guard, center, dan forward
4. Waktu bermain 2 x 20 menit (ditambah dengan waktu istirahat/break)
5. Aturan jump-ball Dilakukan ketika pertandingan dimulai
6. Aturan time-out Dilakukan untuk mengganti pemain atau akan melakukan perubahan strategi
7. Setelah mencetak angka Tim lawan harus melakukan operan atau lemparan bola dari belakang garis pantul
8. Aturan 3 detik Pemain tidak diperbolehkan untuk diam atau tidak melakukan gerakan apapun selama 3 detik
9. Aturan bola keluar Tim yang terakhir menyentuh bola akan kehilangan kesempatan untuk bermain
10. Aturan pelanggaran Pelanggaran terjadi ketika foul, offensive, blocking, dan lain-lain
11. Poin angka Bernilai 1 jika shoot (tembakan) bola dilakukan di dalam garis dan bernilai 3 jika shoot (tembakan) bola dilakukan dari luar garis
12. Wasit Dibutuhkan 2 orang yang berperan sebagai wasit untuk menjadi referee dan umpire

Baca Juga: Sejarah Bola Basket


Akhir Kata

Jumlah pemain basket memang sudah ditentukan sebanyak 5 pemain inti dan 5 pemain cadangan dengan tugasnya masing-masing. Untuk mencetak poin yang banyak, setiap anggota tim harus bekerjasama dan kompak, serta memiliki strategi penyerangan dan pertahanan yang baik.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply