You are currently viewing Pelanggaran Bola Basket

Pelanggaran Bola Basket

Olahraganesia.id – Pelanggaran bola basket atau yang biasa disebut foul merupakan hal perlu dihindari saat bermain basket agar permainan dapat berjalan dengan kondusif dan sportif, serta mengurangi peluang kekalahan.

Nah, untuk mengetahui pelanggaran dalam permainan basket, langsung saja mari simak ulasan berikut ini.

Jenis Pelanggaran Bola Basket dan Hukumannya

Jenis Pelanggaran Bola Basket

Selain harus menguasai teknik dasar bola basket, kamu juga harus memahami pelanggaran dan kesalahan yang tidak boleh dilakukan saat bermain bola basket.

Berikut ini beberapa pelanggaran dalam permainan bola basket.

1. Blocking Foul

Blocking Foul adalah pelanggaran akibat pemain menghentikan pemain tim lawan secara sengaja dengan menutup pergerakan secara tiba-tiba sehingga pemain dari tim lawan menjadi kehilangan keseimbangan saat melakukan shooting. Hukuman untuk blocking foul berupa free throw.

2. Flagrant Foul

Flagrant Foul merupakan pelanggaran yang tidak etis karena pemain sengaja mencederai pemain dari tim lawan atau memukul tubuh lawan ketika sama-sama berduel. Pelanggaran jenis ini juga termasuk kategori berat sehingga bisa mendapatkan skorsing.

Hukuman yang diberikan untuk flagrant foul antara lain technical foul, free throw, foul out, dan skorsing.

3. Travelling Foul

Travelling Foul merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh pemain ketika ia melakukan lebih dari 2 langkah tanpa melakukan dribbling. Pelanggaran jenis ini biasanya terjadi pada level junior atau pemula.

Pelanggaran jenis ini juga biasa terjadi pada kompetisi NBA di mana pemain kebingungan mencari ruang untuk melakukan shooting sehingga ia akhirnya melakukan step back yang berlebihan. Hukuman untuk travelling foul ini yaitu turnover (perpindahan bola).

4. Personal Foul

Personal Foul merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh perorangan dan menjadi pelanggaran yang paling sering terjadi. Dalam skala pertandingan NBA, setiap pemain memiliki jatah melakukan personal foul sebanyak 5 kali.

Apabila pemain tersebut melakukan pelanggaran untuk keenam kalinya, maka pemain tersebut akan dikeluarkan dari pertandingan (foul out). Hukuman yang diberikan untuk pelanggaran jenis ini yaitu berupa free throw, lemparan ke dalam, dan foul out.

5. Team Foul

Team Foul atau pelanggaran tim merupakan jenis pelanggaran yang dilakukan oleh satu tim secara kumulatif. Apabila 5 pemain dari sebuah tim semuanya melakukan 1 pelanggaran, maka pelanggaran yang dilakukan sebanyak 5 kali team foul.

Hukuman untuk pelanggaran jenis ini bersifat perkuarter. Apabila pelanggaran tim yang dikumpulkan dalam 1 kuarter kurang dari 5 kali, maka hukuman yang diberikan berupa lemparan ke dalam. Sementara itu, jika sudah melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali, maka hukumannya free throw.

Meski begitu, syarat ini tidak berlaku untuk beberapa kategori pelanggaran tim (team foul) lain seperti blocking foul & shooting foul.

6. Technical Foul

Technical Foul merupakan pelanggaran bola basket yang masuk dalam kategori berat. Pelanggaran ini terjadi saat pemain mengeluarkan kata-kata kasar yang dilontarkan kepada pihak official pertandingan.

Pelanggaran ini juga bisa terjadi apabila pemain melakukan gerakan yang berlebihan, memicu perkelahian antar pemain, dan bermain tidak semestinya (tidak sesuai aturan permainan).

Apabila pemain melakukan 2 kali pelanggaran jenis ini, maka ia akan dikeluarkan dari pertandingan (ejected) dan tim lawan akan mendapat hadiah berupa free throw.

7. Three Seconds Violation

Three Seconds Violation adalah pelanggaran atau kesalahan yang diakibatkan karena kelalaian pemain saat ia melakukan gerakan di paint area selama 3 detik. Pemain yang berdiri di area ini dituntut untuk melakukan gerakan yang aktif baik ketika offense maupun defense.

Apabila pemain berdiam diri dan tidak melakukan gerakan apapun dalam waktu 3 detik, maka hal tersebut dianggap sebagai pelanggaran dan hukumannya adalah free throw atau lemparan ke dalam.


Baca Juga: Isyarat Wasit Bola Basket 


8. 8 Seconds Violation

8 Seconds Violation merupakan pelanggaran bola basket yang disebabkan karena pemain melakukan dribble di areanya sendiri selama lebih dari 8 detik. Hukuman yang diberikan untuk jenis pelanggaran satu ini berupa turnover atau perpindahan bola.

9. 24 Seconds Violation

24 Seconds Violation yaitu kesalahan atau pelanggaran yang diberikan untuk tim yang tidak mampu memanfaatkan waktu selama 24 detik dalam melakukan possession yang bisa berujung pada tembakan (shooting), lay up, dan dunk yang bisa digunakan untuk menciptakan angka atau poin.

Hukuman yang diberikan untuk pelanggaran jenis 24 Seconds Violation ini berupa turnover atau perpindahan bola.

10. Shot Clock Violation

Shot Clock Violation adalah pelanggaran yang terjadi ketika pemain menembakkan bola tepat sepersekian detik setelah 24 detik sudah habis. Jika bola yang dilemparkan masuk ke ring, maka poin tidak akan dihitung sebagai skor tambahan alias bernilai 0.

Hukuman yang diberikan untuk pemain yang melakukan pelanggaran jenis ini berupa perpindahan bola atau turnover.

11. Backcourt Violation

Backcourt Violation merupakan pelanggaran bola basket yang disebabkan karena pemain men-dribble bola kembali ke daerah pertahanannya setelah pemain tersebut sudah melewati garis tengah lapangan. Hukuman yang diberikan untuk backcourt violation yaitu turnover atau perpindahan bola.

12. Double Dribble

Double Dribble adalah pelanggaran dalam permainan basket yang dilakukan oleh pemain saat ia kembali men-dribble bola setelah sebelumnya ia memutuskan untuk berhenti men-dribblenya. Pada momen ini, pemain seharusnya melakukan passing atau shooting bola ke ring tim lawan.

Hukuman yang diberikan untuk pelanggaran double dribble ini berupa turnover atau perpindahan bola.

13. Carrying the Ball

Carrying the Ball merupakan kesalahan atau pelanggaran yang terjadi akibat pemain melakukan dribble dengan memutar bola. Hukuman untuk pelanggaran carrying the ball berupa perpindahan bola atau turnover.

14. Offensive Foul

Offensive Foul merupakan pelanggaran yang terjadi ketika pemain sedang berada pada posisi menyerang, lalu ia melakukan tabrakan dengan pemain bertahan dari tim lawan yang sudah di posisi defense yang benar.

Pelanggaran jenis ini merupakan pelanggaran yang paling merugikan karena bisa menghilangkan possession ball dengan hukuman berupa turnover (perpindahan bola).

15. Offensive 3 Second

Offensive 3 Second merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh pemain karena diam selama 3 detik lebih di paint area tim lawan. Hukuman yang diberikan untuk pelanggaran jenis Offensive 3 Second ini berupa perpindahan bola atau turnover.

16. Defensive 3 Second

Defensive 3 Second merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh pemain karena diam atau tidak melakukan gerakan apapun selama 3 detik di paint area defense ketika tim lawan sedang melakukan offense. Hukuman untuk pelanggaran ini berupa free throw sebanyak 1 kali.

17. Pushing Foul

Pushing Foul merupakan pelanggaran bola basket yang terjadi karena pemain mendorong anggota tim lawan sehingga pemain lawan kehilangan keseimbangan atau jatuh. Hukuman untuk pushing foul yaitu turnover atau perpindahan bola.

18. Jumping Foul

Jumping Foul adalah pelanggaran yang dilakukan oleh pemain saat akan melakukan jump shoot, tapi membatalkannya padahal sudah dalam posisi melompat. Hukuman untuk pelanggaran jenis ini berupa perpindahan bola atau turnover.

19. Illegal Screen

Illegal Screen adalah pelanggaran yang dilakukan pemain saat berada pada posisi screen dalam permainan pick and roll, namun posisi yang dilakukan salah atau melanggar pemain dari tim lawan. Hukuman yang diberikan untuk illegal screen berupa turnover atau perpindahan bola.

20. Foul Out

Foul out yaitu saat terjadinya pelanggaran dalam bola basket bila pemain melakukan personal foul sebanyak 6 kali saat pertandingan sedang berlangsung.

Hukuman foul out dalam basket adalah pemain tidak bisa lagi melanjutkan pertandingan meski waktunya belum usai.


Baca Juga: Cara Memegang Bola Basket


Akhir Kata

Setiap pemain harus memahami aturan dan pelanggaran bola basket agar permainan dapat berjalan dengan kondusif dan sportif. Setiap tim yang melakukan pelanggaran akan mendapatkan hukuman dan menjadi faktor utama terjadinya kekalahan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply