Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Teknik Pukulan Tenis Meja

3 min read

Teknik Pukulan Tenis Meja

Olahraganesia.id – Menguasai teknik pukulan tenis meja merupakan salah satu kemampuan wajib yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Pasalnya, sepanjang proses bermain memang melibatkan gerakan pukulan. Akan tetapi, agar pukulan bola lebih tepat sasaran, maka ada beberapa teknik yang perlu dipelajari.

Tenis meja adalah salah satu jenis olahraga yang cukup populer. Aturan dan cara mainnya sederhana dan tidak membutuhkan tempat luas. Namun, untuk memainkan permainan, maka harus terlebih dahulu mempersiapkan berbagai peralatan bermain, mulai dari meja, net, bola, hingga bet.

Macam-Macam Teknik Pukulan dalam Tenis Meja

Macam Macam-Teknik Pukulan Tenis Meja

Dilansir dari KBBI daring, istilah tenis meja mengacu pada permainan bola ping-pong serta bet berlapis karet yang difungsikan sebagai pemukul, dan meja khusus sebagai media lapangan.

Meskipun permainan tenis meja terkesan sangat simple, namun faktanya pemain membutuhkan skill mengayunkan bet mumpuni untuk bisa memenangkan pertandingan. Di bawah ini adalah beberapa teknik pukulan pada permainan tenis meja yang harus dimiliki pemain:

#1. Teknik Pukulan Service

Istilah service merujuk pada pukulan pertama di permainan tenis meja. Servis umumnya dilakukan dengan bola terlebih dahulu dipantulkan ke meja hingga melalui net, dan kemudian memantul ke arah area meja lawan. Servis bisa menghasilkan efek laju bola yang beragam.

Mulai dari mempengaruhi kecepatan, perputaran, hingga posisi mendaratnya bola yang kadang tidak bisa diduga. Tidak jarang pemain mendapat pertambahan angka karena berhasil membuat pukulan atau servis yang membuat lawan merasa kewalahan.

Macam-macam fungsi servis:

  • Dijadikan sebagai bola umpan.
  • Serangan pertama.
  • Menghindari atau mencegah serangan pertama pihak lawan.

#2. Teknik Pukulan Block

Gerakan menghentikan bola dengan cara mengambil cepat setelah bola memantul dan bet berada dalam posisi tertutup. Block yang diaplikasikan dekat meja disebut juga sebagai block pendek. Namun, secara umum, pukulan block terdiri dari dua jenis pukulan, yaitu:

  • Block datar
  • Block redam

Pukulan block dikategorikan sebagai pukulan pertahanan dan biasanya digunakan ketika pemain berada dalam situasi terserang. Selain itu, block juga dapat dipakai untuk menghambat serangan lanjutan yang dilancarkan oleh lawan main.

Umumnya, block digunakan secara backhand, namun tidak jarang pemain juga menggunakan forehand. Sementara itu, block memiliki beberapa keunggulan, seperti:

  • Pada prinsipnya block adalah untuk mengembalikan bola dengan menghalau serangan lawan.
  • Block termasuk bola polos, dan merupakan salah satu taktik bertahan jarak dekat.

#3. Teknik Pukulan Drop Shot

Teknik pukulan tenis meja drop shot memang wajib dikuasai seluruh pemain table tennis. Drop shot merupakan pukulan mengecoh dengan mengambil gerakan seolah akan melakukan smash. Padahal, sebenarnya hanya memukul bola hingga melampaui net.

Dropshot atau pukulan drop merupakan pukulan rendah di atas net yang dilakukan secara perlahan. Dengan tujuan agar bola langsung terjatuh ke lantai. Untuk melakukan dropshot, maka bola dipukul dengan jarak yang lebih jauh, jika dibandingkan clear overhead.

#4. Teknik Pukulan Push

Pukulan push merupakan inovasi dari teknik block, sehingga tidak heran apabila banyak pemain tenis meja menyebutnya sebagai push block. Pada pukulan push, pemain dapat melakukan dorongan bervariasi, seperti push menggesek, push datar, dan sebagainya.

Namun, biasanya pukulan-pukulan push dilakukan pada jarak dekat hingga menengah. Teknik ini juga sering disebut sebagai pukulan bertahan yang memiliki peran penting dalam permainan. Saat dipakai untuk memukul jarak tengah, push dilakukan dengan bet terbuka.

Dalam permainan tenis meja, push merupakan salah satu jenis pukulan andalan untuk menyerang cepat. Supaya tidak penasaran, di bawah ini adalah keunggulan teknik push:

  • Bola push adalah bola polos (bola bertahan) yang ditujukan untuk serangan balik.
  • Bola menjadi penjaga melewati kondisi transisi, untuk mengubah pukulan dorongan menjadi serangan balik kepada lawan.
  • Pukulan push biasanya dilakukan dengan cara backhand, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk melancarkan serangan forehand.

#5. Teknik Pukulan Spin

Pukulan spin dilakukan secara forehand maupun backhand, dengan cara pemain memiringkan bet sedikit atau banyak. Biasanya, spin akan menghasilkan perubahan arah atau berputar. Spin merupakan salah satu serangan selain smash.

Spin terdiri atas tiga jenis, yaitu:

  • Topspin

Pukulan dilakukan dengan menggesek bet dan bola ke depan dan atas. Topspin dilakukan dari bawah bola. Hasil topspin adalah berupa putaran bola spin ke depan.

Backhand topspin yang benar adalah meletakkan lengan lurus  ke depan, menumpukan berat badan di kaki depan, sedangkan pandangan mengarah ke bola.

  • Backspin

Sesuai namanya, pukulan backspin akan menghasilkan putaran bola ke arah belakang. Jenis pukulan ini biasa dilakukan pemain dengan cara menggesekkan bet dan bola melalui area bawah, sehingga bola berputar menuju arah bawah depan.

  • Sidespin

Dilakukan dengan menyapu bola dalam gerakan tubuh menyamping. Teknik ini akan menghasilkan perputaran bola ke arah samping. Pada sidespin, pemain harus menggesekkan bet dengan bola, dengan posisi pukulan menyamping.

#6. Teknik Pukulan Counter Hitting

Salah satu teknik dasar bermain tenis meja yang wajib dikuasai pemain adalah counter hitting, atau memukul bola menggunakan gerakan menghentikan bola dengan cara forehand. Tepatnya dengan sikap bet tertutup, dengan posisi tubuh sedikit menyamping.

#7. Teknik Pukulan Chop

Teknik memukul bola chop dilakukan dengan gerakan seolah menebang pohon (mengayun). Chop adalah salah satu teknik memukul dasar pada tenis meja yang umum digunakan untuk mengembalikan pukulan bola beragam dari pihak lawan, terutama saat melakukan serangan.

Sebagaimana teknik pukulan push, chop juga dikategorikan menjadi dua jenis pukulan, yakni forehand chop dan backhand chop. Keduanya perlu dikuasai oleh pemain tenis meja.

#8. Teknik Pukulan Smash

Teknik pukulan tenis meja selanjutnya adalah smash. Pada metode ini, bola dipukul menggunakan kekuatan besar dan kecepatan tinggi untuk menghasilkan laju bola yang cepat serta mematikan. Smash terdiri dari dua macam, yaitu smash forehand dan smash backhand.

#9. Teknik Pukulan Drive

Teknik pukulan menggunakan tenaga gesekan rendah atau drive diawali dengan player menggerakkan bet dari arah bawah menuju atas, namun dengan kondisi bet tertutup.

Drive juga sering disebut lift, yaitu dasar dari berbagai pukulan serangan. Dengan kata lain, drive juga bisa diartikan sebagai teknik pukulan serangan, khususnya ketika menghadapi situasi permainan defensif. Di bawah ini adalah beberapa keunggulan drive:

  • Gerakan cepat atau lambat laju bola lebih mudah dikontrol.
  • Mudah menguasai tinggi maupun rendah terbang bola pada atas ketinggian garis net.
  • Bola tidak mengandung tenaga terlalu keras.
  • Sifat perputaran bola cukup kecil.
  • Bola di atas meja bisa diluncurkan dengan berbagai posisi, sehingga pemain tidak merasa kesulitan mengatasi berat, laju, maupun perputaran bola.

#10. Teknik Pukulan Lob

Teknik lob merujuk pada pemukulan bola hingga melambung ke arah lawan. Lob dilakukan supaya lawan merasa kesulitan saat harus mengembalikan bola ke arena pertahanan.

Akhir Kata

Jika ingin memenangkan pertandingan tenis meja, maka sudah seharusnya menguasai berbagai teknik pukulan tenis meja. Terdapat berbagai variasi jenis pukulan yang bisa dipelajari dan dikembangkan pemain, sehingga dapat menghadapi berbagai tipe pemain dan situasi permainan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *