You are currently viewing Teknik Pukulan Drive Bulu Tangkis 

Teknik Pukulan Drive Bulu Tangkis 

Olahraganesia.id – Teknik drive pada permainan bulu tangkis adalah salah satu teknik paling berpengaruh dalam kesuksesan pertandingan. Drive bulu tangkis dapat menjadi keuntungan tersendiri karena mampu mengecoh lawan hingga tidak bisa membaca gerakan shuttlecock yang kamu lemparkan.

Drive merupakan salah satu jenis pukulan yang bergerak cepat dan cukup mendadak yang dilakukan di lapangan bagian tengah. Umumnya, teknik drive ini dimainkan dalam permainan badminton ganda. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat teknik drive akan jauh lebih berisiko jika dimainkan dalam badminton tunggal.

Yuk, simak ulasan lengkapnya mengenai pukulan drive pada bulu tangkis di bawah ini:

Apa Itu Drive pada Bulu Tangkis

Jika melakukan pukulan drive, maka shuttlecock akan sangat dekat dengan bibir net dan bahkan bisa melewatinya. Agar dapat melakukan pukulan drive, diperlukan reflek gerak yang cepat dalam merespon datangnya shuttlecock. Selain itu, keterampilan memegang raket juga dibutuhkan agar pergelangan tangan lebih kuat agar raket tidak mudah lepas.

Pukulan drive dapat berupa pukulan lurus maupun pukulan silang. Hal yang perlu diperhatikan sebelum mempraktikkan teknik ini yaitu pastikan agar perpindahan pegangan raket berlangsung cepat dan kekuatan tangan dalam memukul shuttlecock maksimal.

Dengan begitu, maka teknik drive dapat mematikan serangan lawan. Jadi, lawan kamu tidak akan sanggup mengembalikan shuttlecock karena pukulannya lemah. Hal ini sekaligus juga memaksa mereka untuk mengangkat shuttlecock yang lebih tinggi.

Teknik drive bulu tangkis juga bisa dimainkan dengan lebih lambat. Hal ini akan menyebabkan shuttlecock jatuh di wilayah frontcourt ataupun midcourt. Sebelum melakukan pukulan ini, pastikan agar letak shuttlecock tidak terlalu melambung dan juga tidak terlalu rendah dari dada.

Teknik Drive Bulu Tangkis

Teknik Pukulan Drive Bulu Tangkis 

Dalam olahraga bulu tangkis, teknik pukulan drive terbagi menjadi dua jenis, yakni backhand drive dan forehand drive.

Adapun penjelasan mengenai kedua jenis teknik tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Forehand Drive

Berikut adalah tata cara melakukan forehand drive yang tepat dalam permainan bulu tangkis:

  • Langkah pertama, pegang raket sesuai dengan teknik forehand.
  • Lalu, majukan satu kaki ke depan untuk mengarah pada side line.
  • Kuncilah pergelangan tangan, lalu tarik raket dengan gaya backswing.
  • Posisikan raket agar sejajar lantai, sedangkan posisi telapak tangan mengarah ke atas.
  • Fokuskan berat tubuh di kaki ketika menggoyangkan lengan raket ke arah depan.
  • Bentangkan lengan raket dan pukul shuttlecock memakai pergelangan tangan.
  • Agar bisa membuat teknik menyilang, putarlah raket ke dalam sebesar 45 derajat.

2. Backhand Drive

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mempraktikkan teknik backhand drive dalam bulu tangkis:

  • Pertama, peganglah raket seperti teknik mencengkram raket backhand.
  • Posisi kaki tidak sejajar dengan raket, namun bisa juga bergiliran dengan kaki yang sepadan dengan lengan raket.
  • Pastikan agar pergelangan tangan terkunci, lalu ayunkan raket ke belakang (backswing).
  • Terapkan cara memegang dengan teknik backhand yang diiringi dengan posisi raket yang sepadan lantai. Sedangkan telapak tangan mengarah ke bawah.
  • Ketika menggoyangkan lengan raket ke depan, pastikan agar berat tubuh difokuskan pada kaki.
  • Bentangkan lengan raket, lalu pukul shuttlecock yang ada di depan.
  • Putar raket ke dalam dengan tujuan agar pukulan drive menyilang dapat diterapkan.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis


Tujuan Melakukan Drive

Sering kali, pukulan drive dilancarkan untuk membuat lawan merasa terkejut dengan kedatangan shuttlecock. Memang, pukulan drive tidak lebih kuat dari pukulan smash. Meskipun demikian, pukulan ini mampu membuat lawan menjadi terkejut hingga tidak dapat menguasai permainan.

karakteristik dari teknik drive yaitu pukulannya cepat dan mendadak yang menghasilkan posisi shuttlecock yang melambung pada garis atas net menuju area permainan lawan.

Tujuan utama melakukan teknik drive adalah untuk menghindari lawan yang menyerang atau memaksa lawan agar mengangkat shuttlecock. Sasaran dari teknik drive yaitu berusaha mengacaukan strategi kubu lawan, sehingga shuttlecock sulit  dikembalikan oleh lawan.

Tips Memperkuat Pukulan Drive

Memang, melakukan teknik drive tidak mudah, apalagi bagi seorang pemain pemula. Melakukan kesalahan mungkin adalah hal yang biasa. Namun, hal ini dapat diminimalisir jika kamu mengetahui tips-tipsnya.

Beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar sukses memainkan teknik drive yaitu sebagai berikut:

  • Pakailah raket yang bobotnya lebih berat. Kamu juga bisa memakai botol yang berisi pasir untuk menunjang latihan kekuatan pada pergelangan tangan.
  • Berlatihlah gerak refleks dengan cara menerapkan teknik drive kanan atau kiri ke arah tembok.
  • Berlatih teknik drive forehand juga bisa dilakukan dengan membentuk sikap awal mengarah ke samping kanan. Lalu, pukul bola secara datar dengan mengayunkan lengan dari belakang menuju depan.
  • Berlatihlah dengan membentuk posisi kaki yang sedikit dibuka selebar bahu, lalu arahkan tatapan dan tubuh sedikit condong ke kanan.

Baca Juga: Teknik Pukulan Dropshot Bulu Tangkis


Akhir Kata

Teknik drive bulu tangkis memang tidak bisa dianggap remeh karena untuk menguasainya, diperlukan keterampilan yang memadai. Adapun cara memperoleh ketrampilan tersebut yaitu dengan rutin berlatih, baik secara mandiri atau bersama pelatih.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply