You are currently viewing Panduan Memilih Sepatu Tenis Meja yang Nyaman

Panduan Memilih Sepatu Tenis Meja yang Nyaman

Olahraganesia.id – Sepatu tenis meja adalah salah satu unsur penting yang menunjang permainan tenis meja. Meskipun tidak membutuhkan lapangan yang luas, kamu perlu menggunakan sepatu yang nyaman dan aman saat digunakan bertanding dalam olahraga tersebut.

Sayangnya, belum banyak orang yang menyadari bahwa setiap olahraga membutuhkan sepatu khusus sesuai dengan jenis dan dan ciri olahraganya. Hal ini juga berlaku pada olahraga tenis meja yang juga membutuhkan sepatu khusus untuk menghindari resiko cedera.

Panduan Memilih Sepatu Tenis Meja

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis sepatu dapat digunakan untuk bermain tenis meja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli sepatu khusus tersebut. Beberapa panduan yang bisa kamu ikuti di antaranya sebagai berikut:

#1. Pilih Ukuran yang Sesuai

Langkah pertama yaitu memilih sepatu dengan ukuran yang sesuai dengan kaki. Seperti yang diketahui, faktor utama penentu kenyamanan dalam menggunakan sepatu adalah ukurannya. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan agar sepatu khusus tenis meja yang dipilih memiliki ukuran yang pas dengan kaki.

Sebaiknya, pilihlah ukuran sepatu yang memiliki posisi cukup longgar di bagian ujung kaki. Sepatu yang nyaman adalah sepatu yang tidak terlalu longgar, namun juga tidak terlalu sempit. Dengan memilih sepatu yang tepat, maka kamu bisa lebih bebas dalam bergerak.

#2. Pertimbangkan Lebar Sepatu

Tenis meja merupakan olahraga yang memerlukan pergerakan dinamis. Maka tidak heran jika terkadang seluruh berat badan harus bertumpu pada salah satu bagian pada kaki. Jika kamu memakai sepatu  yang tidak menyediakan cukup ruang gerak, maka jari kaki kamu akan rentan cedera.

Oleh karena itu, setidaknya sepatu yang kamu pilih memiliki ruang yang lebih dari 1 cm dari ujung kaki. Selain itu, sepatu yang dipilih sebaiknya menyediakan ruang tambahan di punggung kaki.

Jika saat mencoba sepatu terlihat sangat pas dan normal, itu artinya sepatu tersebut tidak menyediakan ruang ekstra pada kaki. Meskipun demikian, jangan memilih sepatu yang memiliki terlalu banyak ruang karena dapat terlepas jika digunakan untuk berlari.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Tenis Meja


#3. Pertimbangkan Outsole Sepatu

Agar lebih optimal dalam mencetak poin, kamu perlu bergerak dengan lincah saat memukul bola. Saat bermain, tidak jarang kamu akan sering bergerak mundur, maju, geser ke kiri, kanan, atau berhenti dengan cepat.

Hal ini karena arah bola sering kali tidak terprediksi, sehingga kamu perlu konsentrasi dan mengatur gerak tubuh dengan cekatan. Gerak yang dinamis hanya bisa dilakukan saat sepatu yang kamu gunakan memiliki outsole yang bagus.

Setiap sepatu tenis meja pasti mempunyai daya cengkeram, hanya saja dengan level yang berbeda-beda. Dengan outsole berkualitas, maka cengkeraman sepatu menjadi kuat dan kamu tidak akan mudah tergelincir.


Baca Juga: Peralatan Tenis Meja


#4. Perhatikan Bantalan dan Stabilitas Sepatu

Membeli sepatu tenis meja juga perlu disesuaikan dengan skill bermain. Pemain pemula cenderung tidak banyak bergerak, sehingga membutuhkan bantalan untuk menunjang stabilitas. Sebaiknya, bantalan yang terdapat pada sepatu memiliki tinggi dan tebal yang mencukupi.

Hal ini karena olahraga tenis meja membutuhkan ketangkasan, sehingga sepatunya didesain dengan berat yang seringan mungkin. Sepatu yang bantalannya tinggi memungkinkan kamu untuk bergerak dengan cepat, namun kaki tetap dapat bertumpu dengan kuat.

Memilih sepatu dengan bantalan yang tinggi memang baik, namun jangan sampai kestabilan kamu menjadi terganggu. Oleh karena itu, perhatikan tingkat kestabilitas sepatu di setiap sisinya, terutama di lengkungan telapak kaki. Sepatu tenis yang baik adalah yang tidak goyah saat digunakan melompat.


Baca Juga: Jumlah Pemain Tenis Meja


Akhir Kata

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa memilih sepatu tenis meja perlu pertimbangan yang cukup banyak. Jika solnya sudah mulai licin, gantilah sepatu secara berkala agar tetap nyaman saat bermain tenis meja.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply