You are currently viewing Teknik Pukulan Forehand Tenis Meja

Teknik Pukulan Forehand Tenis Meja

Olahraganesia.id – Salah satu hal dasar yang harus dilatih untuk menjadi seorang pemain tenis meja profesional adalah keterampilan memukul bola, termasuk melatih kemampuan pukulan forehand tenis meja. Jika kamu dapat mengendalikan pukulan, maka akan lebih mudah mengincar titik kelemahan lawan.

Ada berbagai teknik pukulan dasar yang umum digunakan dalam permainan tenis meja. Beberapa teknik pukulan tersebut biasanya juga dilakukan dengan serangan forehand. Oleh sebab itulah, penting bagi setiap pemain tenis meja untuk terus mengasah keahlian pukulan forehand.

Untuk lebih lengkapnya mengenai pukulan forehand pada tenis meja, simak sampai bawah ya!

Pengertian Pukulan Forehand

Pukulan forehand tenis meja merupakan sebuah pukulan yang dilakukan dengan cara memegang bet menghadap depan menggunakan telapak tangan. Umumnya, forehand digunakan untuk mengembalikan bola yang datang dari arah kanan hanya dengan sebuah pukulan.

Teknik forehand mengutamakan kecepatan dalam usaha memukul bola dan bisa dikatakan cukup ampuh dipakai untuk menyerang lawan main. Di samping itu, teknik pukulan forehand dalam permainan tenis meja juga umum digunakan mengawali servis maupun pertandingan.

Dilansir dari situs My Active SG, penggunaan teknik forehand adalah ketika bola berada pada posisi pada tangan yang menggenggam bet, baik itu sisi tangan kanan atau kiri (untuk pemain kidal).

Tujuan dari Pukulan Forehand

Pukulan forehand adalah salah satu jenis teknik pukulan dasar dalam permainan tenis meja yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Teknik forehand merupakan dasar membentuk pukulan lebih agresif, seperti block, loop, dan counter loop. Oleh sebab itulah, penting menguasai forehand.

Pukulan forehand tenis meja biasanya digunakan untuk mengembalikan serangan bola lawan yang melambung sedikit lebih tinggi. Pada dasarnya, teknik forehand dilakukan dengan cara mengayunkan bet dengan tubuh dicondongkan pada arah yang diinginkan agar berhasil mendaratkan bola.

Berikut adalah tujuan umum dari pukulan forehand:

  • Mengawali servis / permainan tenis meja.
  • Menyerang lawan.
  • Bertahan dari serangan lawan.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Tenis Meja


Cara Melakukan Pukulan Forehand

Cara Melakukan Forehand Tenis Meja

Melansir dari buku siswa yang membahas tentang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan yang ditulis oleh Paiman, S.Pd., M.Or., 2021:18, dijelaskan bahwa pukulan forehand terjadi saat posisi bola yang datang ke arah kanan, sehingga pemain harus mengembalikan dengan satu pukulan.

Teknik forehand mengutamakan kecepatan dalam memukul bola. Jadi, sangat ampuh jika digunakan untuk menyerang lawan. Tidak hanya itu, pukulan forehand biasanya juga dipakai mengawali permainan atau servis. Kamu pasti sudah sangat familiar dengan istilah tersebut, bukan?

Ketika melakukan teknik pukulan forehand, maka bola harus terletak di sisi tangan ketika memegang bet. Masih bingung membayangkannya? Berikut adalah contoh sederhananya:

  • Pemain memegang bet dengan tangan bagian kanan. Kemudian pemain menghadapkan sisi bet yang berwarna merah ke arah depan, dan pukulan bola dilakukan melalui bagian kanan tubuh pemain. Posisi inilah yang disebut sebagai teknik pukulan forehand.

Selanjutnya, pemain memukul bola menggunakan ayunan tangan mengarah pada sisi lain. Apabila pemain pakai tangan kanan untuk memegang, arah tangan akan bergerak mengayun dari kanan ke kiri, dan begitu juga sebaliknya. Hal ini akan membuat bola melaju secara cepat dan keras.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan pukulan forehand drive:

  • Letakkan lengan atas pada bagian dekat tubuh hingga membentuk sudut 90 derajat.
  • Kaki kanan menjadi tumpuan berat badan.
  • Gunakan siku sebagai titik fokus melakukan pemukulan bola. Ingat, posisi lengan tidak diperbolehkan terlalu banyak bergerak ke bawah atau ke atas.
  • Pastikan memukul bola dengan posisi dari bagian samping kanan atau kiri tubuh.

Forehand Push

Pukulan forehand push merupakan pukulan defensif yang cukup sulit. Hal tersebut karena pemain harus menyerang ke bawah bagian belakang melalui area bawah bola untuk membuat backspin. Jika dilakukan dengan benar, maka bisa dipakai mengubah kecepatan.

Sementara itu, untuk melakukan forehand push, maka bisa mengaplikasikan langkah-langkah ini:

  • Berdiri tegak dengan posisi kaki direntangkan selebar bahu.
  • Tekuk lutut sedikit, kemudian condongkan tubuh ke depan.
  • Kalau sudah siap memukul bola, tarik bet ke belakang sisi tubuh terkuat.
  • Pegang bet dalam sudut terbuka dengan posisi pergelangan tangan lurus.
  • Arahkan bet ke tempat ingin memukul bola.
  • Pastikan lengan tidak berayun hingga melintasi tubuh ke kiri.
  • Setelah push forehand dilayangkan, kembali ke posisi siap untuk penyerangan berikutnya.

Baca Juga: Pukulan Backhand Pada Tenis Meja


Kelebihan dari Pukulan Forehand

Menguasai pukulan forehand pada permainan tenis meja memberikan beberapa keuntungan bagi pemain. Lantas, apa saja kelebihan dari teknik forehand? Berikut adalah jawabannya:

  • Teknik forehand akan menghasilkan pukulan bola yang laju dan keras.
  • Forehand memungkinkan pemain lebih mudah dalam menghadapi serangan topspin dan backspin.
  • Mengembalikan serangan lawan secara offensive.
  • Memudahkan pemain dalam menghadapi bola yang datang menuju arah sebelah kanan tubuh.

Baca Juga: Macam Macam Teknik Pukulan Pada Tenis Meja


Akhir Kata

Kemampuan untuk melakukan pukulan forehand tenis meja secara baik dan benar tentu akan sangat membantu pemain saat mengikuti pertandingan. Apalagi, teknik ini dikenal memiliki serangan mematikan yang cukup ampuh dalam membuat lawan merasa kewalahan menghadapi rivalnya.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply