You are currently viewing Permainan Bola Kecil

Permainan Bola Kecil

Olahraganesia.id – Menikmati waktu luang dengan berolahraga tidak hanya bagus untuk kesehatan, tapi juga dapat meningkatkan mood dan mengurangi stress. Apalagi jika kamu memainkan berbagai jenis permainan bola kecil yang seru dan menyenangkan.

Untuk permainan bola kecil rata-rata permainan tersebut dengan sistem beregu. Hal tersebut karena dengan memainkan olahraga beregu, kamu juga bisa membangun kehidupan sosial yang baik dengan teman-teman. Jadi tidak sabar ingin segera berolahraga dengan permainan kecil?

Simak artikel permainan bola kecil yang populer di dunia berikut ini.

Pengertian Permainan Bola Kecil

Permainan bola kecil adalah olahraga yang menggunakan bola berukuran kecil dengan diameter di bawah 50 cm. Olahraga ini terdiri dari beragam jenis. Ada yang dimainkan sendirian seperti golf atau bulu tangkis tunggal. Ada juga yang perlu membentuk regu, seperti kasti, softball, dan baseball.

Selain ukuran bola yang lebih kecil, umumnya olahraga ini juga memanfaatkan alat bantu khusus untuk memainkannya. Misalnya saja, olahraga kasti yang memerlukan stik untuk melempar bola atau bulu tangkis yang membutuhkan raket untuk melempar.

Beda halnya dengan permainan bola besar, seperti sepak bola, voli atau basket. Olahraga yang menggunakan bola berukuran lebih besar tersebut hanya mengandalkan anggota tubuh untuk menggerakkan bola. Yakni hanya menggunakan tangan, kaki, dan anggota tubuh lainnya.

Macam-Macam Permainan Bola Kecil

Setelah mengetahui pengertian permainan bola kecil, sekarang ketahui beberapa jenis permainannya berikut ini.

1. Golf

Golf

Cara bermain golf yaitu melempar bola menggunakan stik dan memasukkannya ke lubang-lubang yang tersebar di lapangan dengan sedikit mungkin pukulan.

Untuk manfaat dari bermain golf sendiri dapat meningkatkan kesehatan jantung, kandung kemih, membakar kalori, hingga memperbaiki kualitas tidur.

2. Kasti

Kasti 

Kasti adalah permainan beregu di mana setiap tim berkesempatan melempar bola ke area lawan dan harus menghindari pukulan bola dari lawan. Permainan ini butuh keterampilan berlari secara cepat agar terhindar dari pukulan bola dari lawan.

Karena itulah, kasti bermanfaat untuk melatih kelincahan.

Olahraga ini juga baik untuk memperkuat otot-otot, terutama bagian lengan dan kaki. Selain itu, kamu juga bisa membakar lemak dan membantu menurunkan berat badan tubuh. Karena termasuk permainan beregu, kasti juga memungkinkan setiap pemain belajar strategi dan kerja sama tim.

3. Softball

Softball  

Cara bermain softball juga sama dengan kasti, di mana setiap regu berkesempatan memukul bola dan harus menghindari pukulan bola dari lawan. Bedanya, bentuk lapangan softball adalah seperempat lingkaran, sementara lapangan kasti berbentuk persegi panjang.

Manfaatnya untuk kesehatan tidak berbeda jauh dengan kasti. Mulai dari menguatkan otot, meningkatkan kebugaran, kelincahan, serta kerja sama tim dan hubungan sosial.

4. Baseball

Baseball

Olahraga ini hampir sama dengan kasti dan baseball, namun pemainnya hanya terdiri dari laki-laki. Sementara kasti dan softball bisa dimainkan laki-laki maupun perempuan. Ukuran lapangan baseball lebih besar daripada softball dan ukuran bolanya lebih kecil daripada softball.

Dengan bermain baseball, kamu bisa memelihara kesehatan jantung, melatih otot, serta meningkatkan kedisiplinan, dan mempertajam pikiran. Permainan ini juga bagus untuk melatih kerja sama tim.

5. Tenis Lapangan

Tenis Lapangan

Tenis lapangan bisa kamu mainkan secara tunggal atau ganda. Yang pasti, dalam permainan ini setiap pemain berebut memasukkan bola tenis ke area lawan. Jika bola terjatuh di area lawan, maka ia akan mendapatkan poin.

Permainan ini memiliki banyak manfaat, mulai dari melatih otot-otot kaki dan tangan, serta baik untuk kesehatan kardiovaskuler. Kamu juga bisa melatih fokus, konsentrasi, sekaligus kelincahan saat menangkis bola dari lawan.

6. Kippers

Kippers

Satu lagi olahraga yang mirip dengan kasti, mulai dari teknik dasar dan cara bermainnya. Namun, dalam permainan kippers, bola dilambung sendiri. Beda halnya dengan kasti di mana lawan yang melambungkannya.

Olahraga ini efektif untuk melatih kekuatan otot, meningkatkan stamina tubuh, serta melatih kelincahan dan kebugaran. Kamu juga bisa mengurangi stres dan meningkatkan koordinasi tim.

7. Lacrosse

Lacrosse

Lacrosse adalah olahraga yang menggunakan tongkat berjaring untuk menggiring bola. Panjang tongkatnya sekitar 3-4 kaki dengan ujung melingkar dan terdapat jala. Olahraga ini bermanfaat untuk menguatkan otot, latihan kardio, serta melatih kelincahan dan mengurangi stres.

8. Hoki

Hoki

Hoki juga termasuk permainan olahraga beregu di mana setiap pemainnya memegang tongkat untuk menggerakkan bola ke gawang lawan. Selain melatih otot-otot dan keseimbangan tubuh, olahraga ini juga bagus untuk memperbaiki mood dan meningkatkan koordinasi dengan tim.

9. Billiard

Billiard

Jika kebanyakan permainan bola kecil sebelumnya memerlukan lapangan terbuka, billiard bisa kamu lakukan di dalam ruangan tertutup. Kamu bisa memainkannya dengan cara menyodok bola menggunakan stik supaya bisa masuk ke dalam lubang pada meja.

Permainan ini efektif untuk melatih konsentrasi dan meningkatkan kemampuan kognitif. Kamu juga bisa mengurangi stress sambil bersosialisasi dengan banyak teman bermain lainnya.

10. Kelereng

Kelereng

Permainan khas anak-anak ini juga memiliki banyak manfaat. Selain sebagai sarana hiburan dan rekreatif, para pemainnya juga bisa melatih konsentrasi, sportifitas, dan meningkatkan kemampuan kognitif. Kamu pun bisa melatih diri untuk lebih mindfull dan terhindar dari distraksi.

11. Tenis Meja

Peraturan Tenis Meja

Sesuai namanya, olahraga ini adalah jenis permainan tenis yang memanfaatkan meja sebagai area bermain. Jadi, area bermain lebih sempit karena hanya seukuran meja. Pemukul bolanya juga berukuran lebih kecil daripada raket tenis lapangan.

Meski begitu, kamu bisa tetap bisa mendapatkan banyak manfaat dari olahraga ini, di antaranya, melatih kekuatan otot-otot tangan dan kaki. Kamu juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, membakar kalori, dan memperbaiki mood.

12. Bulu Tangkis

Bulu Tangkis  

Hampir sama dengan tenis lapangan, namun jenis bolanya terbuat dari rangkaian bulu angsa yang bernama kok. Permainan ini termasuk salah satu cabang olahraga terpopuler di Indonesia dan banyak jenis turnamen bergengsi yang mempertandingkannya secara nasional maupun internasional.

Bulu tangkis juga efektif untuk melatih otot, kelincahan, serta memelihara kesehatan kardiovaskuler. Selain itu, kamu pun bisa memperbaiki mood dan mengurangi stres. Apalagi jika bermain dengan orang yang lebih mahir, maka kamu akan lebih tertantang untuk meningkatkan skill.

13. Kriket

Kriket

Kriket hampir sama dengan kasti, namun pemukulnya hanya perlu lari bolak-balik dalam pitch. Beda halnya dengan kasti yang mengharuskan pemukul bola mengelilingi lapangan. Olahraga ini bermanfaat untuk melatih kecepatan gerak, memperkuat otot-otot tubuh, serta memperbaiki mood.

14. Rounders

Rounders 

Rounders juga termasuk permainan dengan teknik dan cara bermain yang mirip dengan kasti. Bedanya, lapangan rounders berbentuk segi lima. Sementara bentuk lapangan kasti adalah persegi panjang. Olahraga ini juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan menguatkan otot.

15. Tolak Peluru

Tolak Peluru 

Tolak peluru termasuk cabang olahraga atletik di mana pemainnya harus menolak sebuah peluru berbahan logam menggunakan bahu sejauh-jauhnya. Tolak peluru bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih kemampuan otot dalam menggerakkan peluru.

16. Karambol

Karambol

Permainan meja yang satu ini bisa kamu mainkan dengan cara mendorong cakram ke salah satu kantong sudut pada papan. Permainan ini bisa menjadi sarana hiburan seru yang bisa kamu mainkan dengan teman-teman. Kamu pun bisa melatih konsentrasi dan kemampuan kognitif.

Akhir Kata

Saat ini banyak permainan bola kecil yang bisa kamu mainkan sendirian maupun berkelompok. Tinggal pilih salah satu dari jenis olahraga di atas dan dapatkan beragam manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mental.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply