You are currently viewing Teknik Pukulan Backhand Bulu Tangkis

Teknik Pukulan Backhand Bulu Tangkis

Olahraganesia.id – Siapa yang tidak mengenal bulu tangkis? Olahraga yang satu ini termasuk jenis olahraga yang populer di seluruh dunia. Bulu tangkis memiliki beberapa teknik permainan, salah satunya adalah backhand. Backhand bulu tangkis dapat dipahami sekaligus dipraktikkan agar lebih mahir dalam memainkannya.

Backhand merupakan teknik yang perlu dikuasai oleh setiap pemain bulu tangkis. Bisa dibilang, backhand merupakan suatu teknik memegang raket yang hampir sama dengan teknik forehand. Jika ingin menguasainya, kamu perlu mengetahui apa itu backhand, jenis-jenis, dan cara melakukannya.

Apa Itu Backhand pada Bulu Tangkis

Backhand merupakan suatu gerakan yang dilakukan saat memukul shuttlecock menggunakan raket yang ditujukan ke wilayah lawan. Dalam melakukan teknik ini, posisi lengan membelakangi arah shuttlecock saat memukulnya.

Teknik backhand berfokus pada posisi lengan saat memegang raket untuk melakukan pukulan. Teknik ini sangat penting karena menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam bermain bulu tangkis.

Dalam penerapannya, backhand bukan hanya membutuhkan tenaga yang kuat, namun juga konsentrasi yang tinggi dalam menghadapi bola.


Baca Juga: Macam Jenis Pukulan Pada Bulu Tangkis


Tujuan Melakukan Backhand

Tujuan Melakukan Backhand

Teknik backhand memang berguna untuk mencetak angka karena pukulan ini dapat membuat laju shuttlecock menjadi sulit ditebak oleh lawan. Singkatnya, lawan akan sulit untuk memprediksi arah shuttlecock yang melambung ke wilayahnya, sehingga hal ini akan menguntungkan bagi kamu.

Teknik backhand juga bisa membuat shuttlecock melambung dengan begitu cepat. Hanya saja, teknik ini sedikit lemah apabila diterapkan untuk mengembalikan shuttlecock yang menyasar ke sebelah kanan lapangan. Itulah mengapa teknik ini membutuhkan latihan secara intens agar lebih mahir.

Cara Melakukan Backhand Bulu Tangkis

Cara Melakukan Backhand Bulu Tangkis

Teknik backhand dapat dilakukan dengan beberapa cara, yakni backhand grip dan backhand overhead. Kedua jenis teknik backhand ini memiliki langkah-langkah yang berbeda dalam eksekusinya. Penjelasan lebih lengkap mengenai cara melakukan backhand yaitu sebagai berikut:

1. Backhand Grip

Backhand grip adalah cara memegang raket yang dipelajari untuk bisa memaksimalkan teknik backhand. Dalam melakukan teknik ini, kamu perlu mengatur posisi raket hingga sedemikian rupa. Adapun langkah-langkah melakukan teknik backhand grip yaitu sebagai berikut:

  • Pegang raket dengan teknik Inggris.
  • Putar raket ke posisi dalam agar raket berada dalam kedudukan yang miring.
  • Ibu jari berada di bagian depan saat memegang raket.

2. Backhand Overhead

Backhand overhead adalah cara memukul shuttlecock dengan memanfaatkan pegangan backhand.  Agar dapat mematikan lawan, kamu perlu bergerak dengan pegangan dan kaki yang optimal. Telah banyak pebulutangkis andal yang sering mempraktikkan teknik ini, salah satunya adalah Taufik Hidayat.

Mantan juara internasional tersebut pernah mencetak rekor teknik backhand tercepat sampai 260 km/jam. Adapun panduan melakukan backhand bulu tangkis jenis overhead yaitu sebagai berikut:

  • Lakukan backhand grip dengan tepat.
  • Lanjutkan dengan posisi siap siaga dengan lutut ditekuk sedikit.
  • Saat shuttlecock akan melambung ke arah kamu, putar badan ke kiri sampai posisi kaki kanan ada di depan.
  • Posisikan bahu kanan menghadap net ata arah datangnya shuttlecock.
  • Bersamaan dengan itu, gerakkan lengan atas hingga membentuk sudut sedikit ke atas. Adapun lengan bawah digerakkan hingga membentuk suduk ke bawah.
  • Jadikan kaki kiri sebagai tumpuan berat badan dan putar tubuh ke arah pukulan sampai raket naik ke arah yang lebih tinggi.
  • Saat shuttlecock bersentuhan dengan raket, posisikan siku dan lengan secara lurus. Adapun pergelangan tangan dan lengan bawah keluar.
  • Pandangan fokus ke arah gerakan shuttlecock dan kembali ke tahap sikap awal.

Baca Juga: Cara Melakukan Pukulan Forehand Bulu Tangkis


Langkah Latihan Melakukan Pukulan Backhand

Sebelum memukul shuttlecock dengan teknik backhand, sebaiknya perbaikilah posisi saat memegang raket. Lebih lanjut lagi, inilah langkah-langkah melakukan backhand yang bisa diterapkan saat bermain bulu tangkis:

  • Posisi jari yang benar saat mempraktikkan backhand bulu tangkis yakni semua jari harus sejajar dengan pegangan raket, kecuali jempol. Adapun posisi ibu jari berada di batang raket.
  • Lalu, ayunkan raket secara pendek.
  • Posisi raket berada di atas
  • Tangan yang mencengkram raket sejajar dengan bahu yang berlawanan.
  • Putar tubuh bagian atas secara cepat saat shuttlecock melambung ke arah kamu.
  • Ayunkan bahu, pinggul, dan siku secara serentak saat shuttlecock tiba.
  • Pastikan agar pergelangan tangan memukul shuttlecock secara tepat.
  • Pastikan sikap tubuh tidak kaku dan berusahalah untuk tetap rileks agar dapat mengoper atau menerima bola dengan tepat.
  • Pastikan untuk menggenggam bet dengan tangan yang kuat, sehingga pukulan bisa optimal.
  • Jangan melakukan pukulan di luar garis agar tidak mengakibatkan out yang membuat lawan mendapatkan  poin.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis


Akhir Kata

Backhand bulu tangkis termasuk salah satu teknik bermain yang sangat penting untuk dikuasai oleh setiap pemain. Memperhatikan sikap badan dan teknik saat memukul bola sebaiknya terus diasah agar dapat lebih lincah dalam menghadapi bola yang datang dari arah lawan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply