Teknik Dasar softball

3 min read

Teknik Dasar Softball

Olahraganesia.id – Teknik dasar softball sangat wajib untuk kamu ketahui, jika kamu ingin memainkan olahraga menarik satu ini. Pasalnya, untuk bisa bermain olahraga softball dengan baik, teknik dasar yang ada di dalamnya harus dilakukan dengan cara dan tahapan yang tepat.

Jadi, jika kamu masih merasa belum menguasai teknik dasar softball dengan baik, maka kami sarankan untuk mempelajari tentang hal ini terlebih dahulu. Selain itu, sebelum mempelajari teknik dasar dari olahraga softball, kamu juga perlu mempelajari dan memahami tentang pengertian dari softball itu sendiri.

Nah, langsung saja simak pembahasan lengkap mengenai teknik dasar permainan softball, berikut ini!

Teknik Dasar Softball yang Wajib Kamu Pelajari

Setelah memahami pengertian dari olahraga softball di atas, sekarang kamu bisa melanjutkannya dengan memahami teknik-teknik dasar permainan softball yang tepat. Berikut adalah teknik dasar softball yang ditulis dengan urutan yang tepat, yaitu:

1. Teknik Dasar dalam Memegang Bola

Teknik dasar softball dalam memegang bola dapat dibagi menjadi 3 cara berbeda, yaitu:

  • Teknik memegang bola 4 jari yang cocok dilakukan oleh para pemula. Cara melakukannya adalah dengan meletakkan kelima bagian jari tangan mengelilingi area bola hingga bisa membentuk 1 genggaman.
  • Teknik memegang bola 3 jari yang biasanya diterapkan oleh seseorang yang memiliki tangan kecil atau jari pendek. Caranya dengan menempatkan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis pada bagian atas. Lalu, jari kelingking dan ibu jari akan diletakkan di bagian bawahnya.
  • Teknik memegang bola 2 jari yang cocok untuk para pemain yang memiliki tangan besar atau jari panjang. Cara melakukannya dengan menempatkan jari telunjuk dengan jari tengah di atas bola, baru setelah itu ketiga jari lainnya akan menyangga bagian bawah bola.

2. Teknik Dasar dalam Melempar Bola

Melempar Bola Softball

Untuk teknik dasar dalam melempar bola pada olahraga softball sendiri, dapat dibagi menjadi 3 cara yang berbeda, yang antara lainnya adalah:

  • Lemparan atas, meliputi cara melempar dengan ayunan tangan dan langkah kaki yang bersamaan, dengan berat badan yang bertumpu pada kaki di depan. Posisi badan harus sedikit condong ke belakang, dan lakukan gerakan ayunan lengan ke atas melewati garis horizontal persendian bahu.
  • Lemparan samping, meliputi cara melempar menggunakan lengan bawah yang sejajar dengan bahu, dan diberi sedikit libasan pada pergelangan tangan. Teknik melempar bola yang satu ini biasanya digunakan dalam jarak yang pendek dan dengan kecepatan yang tinggi.
  • Lemparan bawah, meliputi cara posisi tubuh yang membungkuk dan kedua kaki yang menekuk. Kemudian bola dilempar dengan kecepatan tinggi, dan dalam jarak yang dekat dari arah bawah menuju arah lawan. Teknik melempar bola yang satu ini biasanya diterapkan pada saat kondisi sedang darurat.

3. Teknik Dasar dalam Menangkap Bola

Menangkap Bola Softball

Teknik dasar softball yang ketiga adalah teknik dasar dalam menangkap bola, yang antara lainnya adalah:

  • Bola datar, yang memiliki aturan posisi badan berdiri dengan kaki melebar dan pandangan lurus ke depan fokus ke arah datangnya bola. Untuk posisi kedua tangan pemain, harus siap di depan dada, dan bola nantinya ditangkap dengan tangan kiri. Sedangkan tangan kanan harus siap melempar bola.
  • Bola lambung, yang memiliki aturan posisi badan berada tepat di depan posisi bola terjatuh, dan bola ditangkap dengan menggunakan 1 tangan atau 2 tangan secara sekaligus.
  • Bola menggelinding, yang memiliki aturan bola menggelinding ditangkap dengan cara berlutut, dan tangan kiri yang memakai sarung tangan, harus diposisikan tepat pada arah jatuhnya bola. Sedangkan untuk tangan kanan, harus siap menangkap maupun melempar bola yang datang.

4. Teknik Dasar dalam Memegang Kayu Pemukul (Bat)

Memegang Kayu Pemukul

Dalam teknik dasar permainan softball yang satu ini, kamu hanya perlu memperhatikan cara memegang kayu pemukul. Kamu perlu memegang kayu pemukul dengan erat dan menggunakan kedua tangan yang merapat namun sedikit merenggang.

Untuk posisi tangan kananmu harus diletakkan di bagian atas, dan tangan kiri harus diposisikan di bagian bawah.

Pegangan atas, tengah, dan bawah adalah teknik memegang kayu pemukul dalam permainan softball, sehingga kamu patut mempelajarinya dengan baik.

5. Teknik Dasar dalam Memukul Bola

Memukul Bola Softball

Pukulan swing atau teknik memukul bola dengan ayunan, dan pukulan tumbuk atau teknik memukul bola tanpa ayunan adalah istilah-istilah dari teknik dasar memukul bola dalam permainan softball.

Sekarang, kami akan membahas tentang cara memukul bola dengan teknik pukulan swing terlebih dahulu, yaitu:

  • Berdiri dengan kedua kaki sedikit melebar, dan kaki kiri diputar hingga mengarah lurus dengan pemain pitcher.
  • Pastikan berat badan bertumpu pada kedua kaki dan badan harus sedikit dicondongkan ke arah depan.
  • Kayu pemukul dipegang dengan kedua tangan yang saling erat, dan posisi tepat ketika akan memukul bola adalah di atas bahu.
  • Kemudian pastikan lengan kanan lebih rendah dibanding lengan kiri, lalu pastikan pandangan fokus ke depan dan ke arah datangnya bola.
  • Bola wajib dipukul dengan segera dan tepat, ketika bola mulai dilempar oleh pitcher.
  • Jangan lupa untuk sedikit menekuk kaki kanan dengan kedua tangan yang sama-sama diluruskan.
  • Setelah bola berhasil dipukul, kamu bisa melanjutkannya dengan gerakan ayunan bat.

Jika tahapan di atas adalah cara tepat untuk melakukan teknik pukulan swing, tahapan pukulan tumbuk akan jauh lebih sederhana, karena teknik ini tidak mengharuskanmu untuk mengayunkan kayu pemukul.

Hanya dengan menahan arah datangnya bola, dan sikap kedua kaki yang disejajarkan dengan arah datangnya bola, kamu sudah bisa melakukan teknik dasar memukul bola softball yang satu ini.

6. Teknik Dasar Sliding

Teknik Dasar Sliding Softball

Yang dimaksud dengan sliding adalah gerakan badan yang meluncur dengan tujuan mencapai markas atau base. Teknik ini juga dibagi menjadi 3 macam, yaitu:

Sliding mengait, yang mengharuskan pelari meluncur langsung ke arah base, dengan mengarahkan langkah kaki sedikit ke arah samping. Kemudian badan dibiarkan melewati base, dengan salah satu kaki yang dilipat tegak lurus. Baru nanti kaki yang ada di belakang mengait kepada base.

Sliding lurus, dengan cara menarik badan ke belakang dengan cepat, ketika sudah mendekati sekitar 2 meter hingga 3 meter. Ayunkan salah satu kaki ke arah base, dan diikuti dengan kaki satunya lagi. Posisi kepala menyentuh tanah dan kedua kaki diluruskan, dengan kedua kaki itu menyentuh base.

Sliding kepala, dengan metode penggunaan kaki yang paling kuat dan badan dijatuhkan ke depan dengan kedua tangan yang mengayun ke depan untuk menyentuh base. Setelah itu pelari meluncur ke depan dan diiringi dengan kedua lengannya juga.

7. Teknik Dasar Berlari ke Base atau Antar Base

Teknik Dasar Berlari ke Base atau Antar Base

Teknik berlari yang satu ini dilakukan apabila pemain (batter) memukul bola yang sudah dilemparkan oleh pitcher, better sendiri harus berlari kencang atau sprint.

Untuk dapat berlari kencang kamu bisa menggunakan ujung kaki, ayunan lengan yang tidak tegang, tubuh agak condong ke depan dan paha agak sedikit tinggi.

Jika nanti melewati lebih dari satu base atau terjadi home run pelari mengambil tikungan sebaiknya tidak terlalu bersahabat dengan base tetapi kurang lebih 2-4 meter sudah melaksanakan lari menikung.

Akhir Kata

Teknik dasar softball di atas sangat mudah untuk dipelajari bahkan bagi para pemula pun. Maka dari itu, pastikan kamu memahami teknik-teknik dasar di atas terlebih dahulu, sebelum kamu bermain softball bersama rekan-rekanmu.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *