You are currently viewing Alat Permainan Kasti

Alat Permainan Kasti

Olahraganesia.id – Permainan bola kasti pada umumnya akan dimainkan oleh dua regu yang masing-masing berjumlah 12 orang. Sebelum permainan dimulai, setiap regu harus memastikan bahwa semua anggotanya memiliki kemampuan melempar, memukul serta menangkap bola.

Bola kasti termasuk salah satu cabang olahraga bola kecil. Permainan bola kasti akan membantu melatih keterampilan melempar, menangkap serta memukul bola. Apa saja alat permainan kasti? Berikut ini adalah beberapa alat yang harus ada dalam permainan kasti.

Macam-Macam Alat Permainan Kasti

Permainan bola kasti akan lebih seru jika dimainkan di lapangan terbuka. Kamu yang pernah bermain bola kasti pasti pernah merasakan bagaimana serunya melatih kekompakan dan ketangkasan antar anggota pemainnya. Berikut ini ada daftar beberapa alat yang dibutuhkan dalam permainan kasti:

1. Lapangan Bola Kasti

Lapangan dibutuhkan dalam permainan bola kasti. Lapangan bola kasti pada umumnya berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjangnya sekitar 60-70 meter dan lebarnya bisa kamu buat 30 meter saja.

Pada bagian lapangan perlu ada ruang untuk penjaga, pemukul, pelambung bola dan ruang bebas. Lalu bagian tengah lapangan diberi tiga titik sebagai tempat untuk menancapkan tiang hinggap sebanyak 2 dan 1 untuk tiang pertolongan.

2. Bola Kasti

Bola kecil yang digunakan dalam permainan kasti pada umumnya terbuat dari karet atau kulit dengan ukuran lingkaran 19-20 cm. Sedangkan untuk berat bola kasti ada baiknya dibuat sedang sekitar 70-80 gram. Pada bagian dalam bola kasti biasanya diisi oleh sabut kelapa atau ijuk.

Bola kasti yang digunakan dalam permainan biasanya berwarna hijau terang atau coklat tanah mirip seperti bola tenis lapangan. Tekstur bola kasti juga dirancang tidak terlalu keras sehingga tidak membahayakan saat digunakan untuk memukul lawan.

3. Tongkat Pemukul

Alat permainan kasti berikutnya yaitu tongkat pemukul. Tongkat yang digunakan untuk memukul bola terbuat dari kayu yang panjangnya sekitar 50-60 cm. Penampang tongkatnya berbentuk oval dengan lebar 5 cm dan tebal sekitar 3,5 cm.

Kemudian berapa ukuran panjang pegangan? Panjang pegangan pada tongkat pemukul dibuat dengan ukuran 15-20 cm dan tebal 3 cm. Diameter pada area genggaman tidak boleh dibalut dan harus lebih kecil dibandingkan dengan ukuran ujung pemukul.

4. Tiang Sebagai Tempat Hinggap

Tiang dalam permainan bola kasti terdiri atas 2 jenis yaitu tiang bebas atau tiang hinggap dan tiang pertolongan. Kedua jenis tiang tersebut biasanya terbuat dari besi, bambu atau kayu. Jika untuk permainan biasa, kamu bisa membuat tiang dari kayu atau bambu agar lebih murah.

Tiang bola kasti minimal memiliki tinggi 1,5 meter diatas permukaan tanah. Kemudian pastikan bagian bawah tiang lancip agar mudah untuk ditancapkan ke tanah atau lapangan permainan. Tiang hinggap permainan bola kasti akan diberi tanda berupa kain atau bendera.

5. Bendera

Bendera bukanlah alat perlengkapan yang wajib ada dalam permainan bola kasti. Hal ini dikarenakan fungsi bendera hanya sebagai tanda yang dipasang pada tiang. Biasanya tiap jenis tiang akan diberi bendera dengan warna yang berbeda.

Misalnya bendera pada tiang hinggap diberi warna merah, sedangkan bendera pada tiang pertolongan diberi warna putih. Ukuran bendera juga tidak perlu terlalu besar cukup 0,5 meter saja atau sesuaikan dengan kebutuhan regu.

Akhir Kata

Permainan bola kasti merupakan jenis permainan bola kecil yang dimainkan oleh 2 regu. Tiap regu berjumlah 12 orang dan memiliki posisi masing-masing dalam permainan bola kasti. Alat permainan kasti yang perlu disiapkan antara lain lapangan, pemukul, bola kasti, tiang, dan bendera.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

 

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply