You are currently viewing Sejarah Bola Kasti

Sejarah Bola Kasti

Olahraganesia.id – Sebagai olahraga yang cukup diminati oleh semua kalangan, permainan kasti sebenarnya tidak berasal dari Indonesia. Perkembangan kasti di Indonesia sendiri sangat populer ketika dimainkan anak-anak di depan halaman rumah. Bagaimana sejarah bola kasti di dunia dan di Indonesia?

Sebagai pecinta olahraga kasti, tentunya banyak dari kamu yang ingin mengetahui bagaimana sejarah permainan bola kecil tersebut. Banyak yang mengatakan, bola kasti awalnya ditemukan oleh seorang tokoh dari negara Inggris. Bagaimanakah asal-usul ceritanya? Simak ulasannya dibawah ini.

Sejarah Bola Kasti Dunia

Sejarah Bola Kasti Dunia

Olahraga bola kecil yang termasuk turunan dari permainan baseball ini memiliki cerita sejarah yang cukup panjang. Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa permainan bola kasti ditemukan pada sekitar tahun 1744. Bola kasti ditemukan di sebuah negara yang cukup populer dan bersejarah.

Awalnya banyak orang mengira bahwa permainan kasti sama halnya dengan permainan softball dan juga baseball. Namun, ternyata banyak ditemukan perbedaan dalam segi jumlah pemain serta aturan dalam olahraga kasti.

Popularitas dari bola kasti juga dianggap lebih tinggi dibandingkan baseball dan softball.

  • Asal-Usul

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, bola kasti ditemukan pada tahun 1744. Oleh sebab itu, banyak yang menyebutnya sebagai olahraga berumur tua. Permainan kasti pertama kali dimainkan pada zaman Tudor dan dikenal dengan “Dasar Bola” oleh penulis bernama “John Newberry”.

Tepatnya sekitar pertengahan tahun 1744, permainan bola kasti ditemukan di negara Inggris. Berdasarkan dari sebuah serial buku anak yang berjudul “Little Pocket Book”, belum diketahui secara pasti kapan pertama kali permainan kasti dimulai.

Akan tetapi, dalam buku tersebut dijelaskan bahwa permainan kasti pertama kali diketahui sejak era tudor. Awalnya permainan kasti sempat populer dengan nama “Lingkungan”. Buku tersebut dipublikasikan sekitar abad ke-18, dari situlah permainan kasti muncul di telinga masyarakat dunia.

Apa yang dimaksud dengan zaman Tudor? Tudor yang dibahas sebelumnya merupakan julukan untuk sebuah dinasti ratu dan kerajaan yang ada di Negara Inggris. Dinasti kerajaan Tudor sendiri terbentuk pada tahun 1485.

  • Pada zaman Tudor, Pangeran Henry VII berperang melawan Raja Richard III dalam peristiwa pertempuran Bosworth.
  • Pangeran Henry VII berhasil meraih kemenangan dalam pertempuran Bosworth tersebut. Hal inilah yang menyebabkan kelahiran bola kasti dinamakan zaman Tudor.

Pada buku tersebut, John Newberry menjelaskan bahwa permainan kasti ada kaitannya dengan permainan baseball yang kebetulan sudah ada di Inggris sebelum kemunculan kasti. Seiring berjalannya waktu, edisi buku “Little Pocket Book” semakin dikembangkan oleh penulis lain.

  • Penemu Olahraga Kasti

Penemu permainan bola kasti yaitu William G. Morgan yang tidak lain merupakan warga negara Inggris. Hal ini bermula ketika permainan bola kasti muncul sejak era Tudor di Inggris, kemudian banyak terbit buku edisi pertama yang membahas tentang teknik dasar bola tahun 1744.

  • Sekitar tahun 1828, permainan bola kasti mulai banyak dirancang dengan matang dan terbentuklah aturan-aturan permainan. Berdasarkan sumber yang ada, peraturan pada olahraga bola kasti tersebut dibentuk oleh “William Clarke”.

William juga menerbitkan buku yang berjudul “The Boy’s Own Book” edisi ke dua di Kota London. Buku tersebut sebenarnya lanjutan dari buku pertama yang dicetak di Negara Inggris oleh John Newberry. Pada buku tersebut berisi peraturan-peraturan dalam permainan bola kasti.

  • Sejarah bola kasti berlanjut sampai tahun berikutnya yaitu 1829. Ada seorang tokoh bernama “Massachusetts” sebagai orang yang pertama kalinya membuat aturan permainan bola kasti di Boston. Massachusetts juga menerbitkan kembali buku The Boy sebagai lanjutan edisi kedua.
  • Tahun 1884 permainan bola kasti diatur GAA. GAA singkatan dari (Gaelic Association Athletic) adalah sebuah komunitas yang menerbitkan buku tentang permainan bola kasti di Irlandia. Dari situlah, olahraga bola kasti diatur dan dikelola langsung oleh GAA tepatnya di Negara Irlandia.

Saat negara Irlandia menetapkan aturan formal dalam permainan kasti dibentuklah sebuah asosiasi permainan bola kasti dunia di Skotlandia serta Liverpool pada tahun 1889.

  • Sedangkan permainan bola kasti di Inggris dikelola oleh Rounders yang sudah terbentuk dari tahun 1943. Pembentukan Rounders bertujuan untuk menaungi olahraga di Britania Raya. Permainan kasti menjadi sangat populer saat di Britania Raya.

Berbagai kalangan dari usia berapa saja mulai menggemari permainan kasti, bahkan kaum perempuan sekalipun. Website telegraph di Britania Raya mengatakan bahwa permainan kasti cocok dimainkan bagi orang-orang yang kurang menyukai olahraga.

  • Hingga pada tahun 2015, permainan kasti berhasil dimainkan oleh 7 juta anak yang tersebar di wilayah Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Namun pada asosiasi di Skotlandia dan Liverpool, Inggris sudah tidak lagi ikut campur dalam permainan bola kasti.

Sebagai olahraga tertua, hingga saat ini permainan bola kasti masih terus berkembang dan dipertandingkan hingga tingkat internasional.

Sejarah Bola Kasti di Indonesia

Sejarah Bola Kasti di Indonesia

Setelah mengetahui sejarah kemunculan bola kasti di dunia internasional, maka kamu juga perlu tahu kemunculan sejarah bola kasti di Indonesia. Sejarah olahraga kasti di Indonesia bisa dikatakan sangat singkat dan memang sudah terkenal dalam waktu yang cukup lama.

Informasi dari beberapa sumber menyebutkan bahwa, permainan kasti sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Ketika Indonesia dijajah oleh Jepang, permainan kasti sudah sangat terkenal dan sering kali dimainkan oleh anak-anak kecil yang ada di beberapa daerah di Indonesia.

Permainan bola kasti di Indonesia tampaknya sudah ada sejak zaman kerajaan Nusantara, tepatnya abad sebelum Masehi. Olahraga kasti dibawah oleh saudagar dari negara lain yang melakukan perdagangan ke Indonesia.

Dari situlah, permainan bola kasti semakin berkembang dan banyak kalangan yang memahami model permainan sekaligus aturannya. Akhirnya hingga saat ini olahraga kasti juga dimasukkan dalam materi pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) pada sekolah-sekolah di Indonesia.

  • Pada umumnya, permainan kasti dimainkan oleh dua tim regu yang terdiri atas 12 orang.
  • Kedua tim nantinya akan melakukan suit untuk menentukan regu yang memukul bola dan bertugas menjaga. Nantinya, ada seorang wasit yang bertugas mengatur jalannya permainan sampai selesai.
  • Regu pemukul harus memukul bola dengan baik, kemudian berlari menuju ke tiang bebas sambil berusaha menghindari lemparan bola dari tim penjaga.
  • Jika ada tim pemukul yang terkena lemparan bola dari tim penjaga, maka dianggap mati dan akan terjadi pergantian posisi.

Akhir Kata

Sejarah lahirnya bola kasti di dunia diawali dari Inggris ditemukan oleh John Newberry. Permainan kasti berkembang di daerah “Little Pocket Book” dan sempat populer dijuluki dengan nama “Lingkungan”. Kemudian semakin berkembang di kota lain seperti London, Liverpool, dan Skotlandia.

Sejarah bola kasti di Indonesia dimulai dari zaman kerajaan tepatnya pada abad sebelum Masehi. Bola kasti diyakini dibawa oleh para pedagang dari luar yang masuk ke Indonesia. Kemudian permainan kasti semakin berkembang dari zaman penjajahan Belanda dan Jepang hingga saat ini.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply