You are currently viewing Lapangan Bola Kasti

Lapangan Bola Kasti

Olahraganesia.id – Olahraga kasti merupakan jenis permainan yang banyak dimainkan oleh semua kalangan, baik anak-anak, dewasa hingga orang tua. Olahraga tersebut sebenarnya turunan dari permainan baseball. Berapakah ukuran lapangan bola kasti yang sesuai dengan standar?

Walaupun permainannya terlihat sederhana, ternyata lapangan yang digunakan dalam olahraga kasti perlu disesuaikan dengan standar yang berlaku. Hal ini dikarenakan olahraga kasti dimainkan oleh dua tim regu yang berlawanan dan masing-masing anggota memegang posisi tertentu.

Berikut ulasan lengkap mengenai lapangan bola kasti di bawah ini.

Ukuran Lapangan Kasti

Lapangan bola kasti yang sebenarnya berbentuk persegi panjang dan memiliki areal yang luas.

Berikut ini ukuran lapangan tersebut :

  • Panjang Lapangan Kasti: 60-70 m
  • Lebar Lapangan Kasti: 30 m

Lapangan Kasti Berbentuk Apa?

Sebagai jenis olahraga yang menarik untuk dimainkan, permainan kasti akan dimainkan oleh 18 orang. Sekitar 12 orang akan langsung bermain di lapangan, sedangkan 6 lainnya sebagai pemain cadangan.

Oleh sebab itu, lapangan yang digunakan saat bermain kasti perlu disesuaikan dengan jumlah pemain. Dalam olahraga kasti, kekompakan tim merupakan hal utama yang perlu diperhatikan untuk bisa memenangkan pertandingan.

Pada lapangan kasti, setiap anggota regu akan berada di posisi masing-masing dan harus bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Lapangan bola kasti yang sebenarnya berbentuk persegi panjang. Lapangan bola kasti bisa dibilang cukup luas. Tujuannya adalah agar pemain memiliki ruang gerak yang luas, karena pemukul harus belari dengan kencang agar tidak terkena lemparan bola oleh penjaga bola.

Berbagai Garis Pada Lapangan Kasti

Selain mengetahui ukuran panjang dan lebarnya, kamu juga perlu memahami ukuran berbagai garis yang ada di dalam lapangan. Pada lapangan kasti terdapat tempat pemukul, ruang pelambung, garis ruang bebas dan lainnya.

  • Ruang Pelambung

Ruang pelambung berukuran 5 x 5 meter yang digunakan sebagai tempat untuk melempar bola kepada regu yang bertugas memukul bola. Jarak antara ruang pelambung dengan pemukul bola biasanya tidak terlalu jauh.

  • Ruang Pemukul Bola

Ruang pemukul bola memiliki ukuran kurang lebih 5 x 5 meter sama dengan ruang pelambung. Pada garis ini diisi oleh salah satu pemain yang akan memukul bola dengan menggunakan tongkat. Selesai memukul bola, kamu perlu meletakkan pemukul di area yang sudah ditentukan.

Jika pemukul bola diletakkan diluar garis lapangan yang sudah ditentukan, maka pemain akan mendapatkan hukuman berupa pergantian pemain. Selain itu, tim regu juga akan mendapatkan pengurangan poin karena melanggar aturan.

  • Ruang Bebas

Dalam lapangan kasti terdapat ruang bebas yang memiliki luas sekitar 15 x 5 meter. Apa fungsi ruang bebas dalam lapangan bola kasti? Dengan adanya ruang bebas, pemain bisa berlari pindah ke pos selanjutnya dengan mudah.

Selain itu, ruang bebas juga membantu pemukul bola bisa memiliki ruang yang luas untuk memukul bola dan pemain lainnya bisa berlari untuk menghindari lemparan bola lawan. Maka dari itu, ruang bebas memiliki ukuran lebih luas dibandingkan ruang lainnya.

  • Jari-Jari Marka

Jari-jari marka berukuran sekitar 1 meter yang berada di samping ruang penjaga belakang. Jari-jari marka yang terdapat dalam lapangan kasti digunakan sebagai tempat hinggap para pemain yang sudah memukul bola.

Perlengkapan yang Ada di Lapangan Kasti

Perlengkapan yang Ada di Lapangan Kasti

Dalam lapangan bola kasti, ada berbagai peralatan yang perlu kamu siapkan sebelum memulai permainan. Peralatan penting dalam dalam permainan kasti meliputi bola, tongkat pemukul, tiang hinggap, dan juga bendera sebagai tanda.

Bola yang dipakai dalam permainan kasti biasanya terbuat dari karet atau semacam kulit dengan ukuran 19-20 cm. Berat bola kasti sangat ringan sekitar 70-80 gram sehingga pemain akan lebih mudah dalam memukul dan melemparkan bola tersebut dalam permainan.

Sedangkan alat yang digunakan untuk memukul bola terbuat dari kayu dengan panjang sekitar 50-60 cm. Penampang tongkat biasanya berbentuk oval dengan lebar sekitar 5 cm. Panjang pegangan bola kasti sekitar 15-20 cm dan tidak boleh dibalut saat digunakan untuk bermain kasti.

Pada lapangan kasti juga terdapat tiang hinggap yang digunakan sebagai tiang pertolongan dan tiang bebas. Tiang bisa terbuat dari apa saja seperti bambu, kayu, ataupun besi. Bagian ujung tiang sebaiknya dibuat lancip agar lebih mudah ditancapkan ke dalam tanah.

Tinggi tiang bisa dibuat 1,5 meter di atas permukaan tanah, kemudian bagian atasnya diberi tanda bendera.

Untuk memudahkan pemain dalam membedakan tiang, maka warna bendera bisa dibuat berbeda. Misalnya tiang pertolongan diberi bendera putih, sedangkan tiang bebas diberi bendera merah.

Akhir Kata

Lapangan kasti pada umumnya berbentuk persegi panjang dengan ukuran 70 x 30 meter. Pada lapangan tersebut terdapat beberapa bagian ruang seperti tempat pemukul bola (5x5m), melambungkan bola (5x5m), ruang bebas (15x5m) serta jari-jari marka 1 meter.

Perlengkapan yang ada di lapangan bola kasti pada umumnya terdiri atas bola, tiang hinggap, alat pemukul bola, dan juga bendera. Dengan peralatan yang memadai, maka permainan kasti bisa berjalan lebih seru dan lebih lancar.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply