Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Istilah dalam Permainan Softball

3 min read

Olahraganesia.id – Sebelum terjun dan bermain softball langsung di lapangan, dianjurkan agar pemain terlebih dahulu hafal istilah dalam permainan softball di luar kepala. Pasalnya, kalau sampai kamu tidak memahami istilah umum yang kerap digunakan, maka bisa mengacaukan pertandingan softball.

Istilah yang digunakan pada permainan softball biasanya mengacu pada peraturan. Misalnya, posisi dan tugas setiap pemain, teknik, teknis, dan perlengkapan bermain softball lainnya. Akan tetapi, tidak sedikit istilah yang mengacu pada komponen pendukung saat pertandingan berlangsung.

Berikut istilah istilah permainan softball beserta penjelasan lengkapnya.

Istilah dalam Softball Mengenai Posisi

Istilah dalam Softball

Dalam permainan softball, umumnya diisi oleh beberapa posisi pemain yang menjalankan fungsi dan tugasnya masing-masing. Dibawah ini adalah beberapa istilah dalam permainan softball terkait posisi:

Catcher

Tugas dari pemain dengan posisi catcher adalah menangkap bola yang dilemparkan oleh pitcher dan gagal dipukul batter. Catcher juga bertugas menjaga home plate dan melemparkan bola ke base (1, 2, 3) dengan tujuan mematikan pemain lawan.

Pitcher

Pemain pitcher bertugas sebagai pelempar. Tugas utamanya adalah melemparkan bola ke arah pemukul (batter). Pitcher juga bertugas menjaga base pertama, serta membantu pemain yang posisinya ada di bagian belakang home plate.

Batter

Pemain yang mengambil posisi sebagai pemukul. Tugas batter adalah memukul bola guna mencetak angka, kemudian berlari menuju base, lalu menyentuh setiap base secara berurutan, dan setelahnya kembali ke home plate.

First Baseman

Posisi bertahan di dalam permainan softball. Tugas utama first baseman adalah menangkap bola softball yang dipukul maupun dilempar ke base pertama.

Second Baseman

Pemain menempati posisi berada di antara first baseman dan juga base kedua, namun biasanya lebih dekat dengan base kedua. Sementara itu, second baseman juga bertugas menjaga areanya, dan mematikan pelari lawan dengan melemparkan bola ke base satu.

Shortstop

Posisi pemain menempati wilayah sekitar base kedua hingga base ketiga. Tugas pemain shortstop adalah untuk menangkap bola yang menuju ke areanya. Selain itu, shortstop juga mempunyai tugas membantu second baseman dalam menjaga base kedua.

Third Baseman

Pemain yang berposisi dekat base ketiga hingga belakang shortstop. Tugas dari seorang third baseman adalah juga mematikan pelari dengan melempar bola ke first baseman.

Outfielders

Posisi pemain ada di daerah luar atau outfield, yakni kawasan berumput yang terletak di belakang infield. Terdapat tiga posisi outfielders, diantaranya yaitu center fielder, left fielder, dan left fielder.

Istilah Teknik dalam Permainan Softball

Istilah Teknik dalam Permainan Softball

Setiap pemain softball dituntut harus memahami teknik-teknik dasar dalam permainan agar tidak merasa bingung selama bermain. Berikut adalah istilah teknik paling dasar pada softball:

Throwing

Melemparkan bola, teknik melempar bola softball dilakukan oleh pitcher.

Catching

Istilah ini memiliki arti sebagai menangkap bola, catching dilakukan pemain catcher.

Batting

Pemukul memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher.

Bunting

Teknik memukul bola tanpa ayunan yang dilakukan batter (pemukul).

Baserunning & Sliding

Berlari menuju base dengan cara meluncur.

Bunt

Pukulan yang dilakukan pemain batter dengan kondisi bola hanya dikenakan pada tongkat pemukul tanpa disertai dengan ayunan.

Assist

Pemain bertahan membantu menyerang pemain hingga bola mati.

Curve

Bola yang dilemparkan oleh pitcher cenderung melengkung ke arah bawah dan samping hingga membentuk seperti putaran.

Closer

Keahlian pelempar mematikan bola lawan menjelang permainan berakhir. Pemain akan dikeluarkan ketika pertandingan hampir berakhir agar kemenangan regu bisa dipertahankan.

Istilah Teknis dalam Softball

Istilah Teknis dalam Softball

Istilah dalam permainan softball lain yang wajib diketahui oleh setiap pemain softball adalah istilah teknis. Berikut adalah beberapa istilah teknis yang umum digunakan dalam permainan bola softball:

Strike

Kesalahan yang dilakukan pemukul ketika menerima bola dari pelempar disebut strike. Pada kondisi strike, ayunan bat (tongkat pemukul) tidak mengenai sasaran, dalam hal ini bola.

Strike Zone

Ini merupakan area antara lulut batter (pemukul) hingga bagian tengah punggung. Area tersebut merupakan target pitcher (pelempar bola). Supaya lemparan bola sah, maka pelempar harus melempar bola pada strike zone, dan nantinya akan dinilai umpire (wasit).

Strike Out

Seorang pemain softball akan mendapatkan kesempatan untuk memukul bola sebanyak tiga lemparan. Kalau dalam tiga kesempatan tersebut terjadi strike, maka batter dinyatakan strike out sehingga harus keluar dari arena permainan.

Ball

Keadaan dimana bola yang dilemparkan oleh pemukul tidak masuk ke strike zone, dan batter tidak mengayunkan tongkat softball-nya.

Foul Ball

Out ball atau foul ball merupakan hasil dari pukulan tidak sah sehingga batter dan pelari tidak dapat melanjutkan lari ke base selanjutnya.

Fair Ball

Istilah ini merujuk pada kondisi bola hasil pukulan dinyatakan sah, sehingga batter dan base runner (pelari) dapat melanjutkan untuk lari menuju base berikutnya.

Error

Istilah ini mengacu pada kesalahan, khususnya ketika pemain bertahan membuat kesalahan saat permainan softball berlangsung.

Base Coach

Istilah ini menandakan kalau pelatih berada dekat base 1 atau base 3. Coach akan menyampaikan instruksi kepada batter atau runner base dengan menggunakan bahasa isyarat (gerakan tangan).

Batter Box

Daerah yang dibatasi garis putih. Letaknya berada di sebelah kiri dan kanan home plate.

Balk

Hukuman kepada pemukul atau batter karena melakukan kesalahan berupa membuat gerakan yang dilarang dalam aturan permainan softball.

Base Hit

Batter memukul bola di bagian fair territory dan minimal harus berhasil mencapai base pertama sebelum dimatikan.

Istilah Perlengkapan dalam Softball

Perlengkapan Permainan Softball

Sebenarnya, istilah perlengkapan pada permainan softball cukup kompleks. Namun, ada beberapa istilah umum yang biasa digunakan, diantaranya adalah seperti di bawah ini:

Backstop

Pagar yang letaknya berada di bagian belakang home plate.

Bats (Alat Pemukul)

Pemukul terbuat dari material aluminium dengan bentuk bulat dan bagian pegangan lebih kecil. Diameter batas umumnya 2 1/4 inchi, panjang 34 inchi, bahan logam atau kayu, dan safety grip sepanjang 15 inchi dari material karet.

Ball (Bola)

Memiliki bobot hingga 700 gr, khususnya jenis bola import, dengan keliling 11 (7/8) hingga 12 (1/8) inchi yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan permainan.

Gloves (Sarung Tangan)

Sarung tangan berukuran besar dari bahan kulit. Pada bagian ibu jari biasanya ada anyaman yang berfungsi menahan bola agar tidak terlepas dari tangan. Gloves digunakan oleh seluruh pemain, sedangkan mits dipakai catcher dan first basement.

Body Protector dan Helmet

Fungsi body protector adalah melindungi bagian tubuh. Sedangkan helm untuk memproteksi kepala. Namun, body protector umumnya hanya dipakai catcher (penangkap bola).

Home Plate

Alat home plate mempunyai bentuk pipih dengan bahan dari karet atau kayu dan biasanya berwarna putih.

Pitcher Plate

Berbentuk pipih dari bahan kanvas.

Base I, II, III

Mempunyai bentuk segi empat dengan bahan keset atau karung gula.

Akhir Kata

Istilah dalam permainan softball yang digunakan umumnya dalam bahasa Inggris. Namun, sebenarnya kamu tidak perlu khawatir sulit menghafalnya. Pasalnya, dengan sering ikut latihan, maka perlahan-lahan kamu akan terbiasa dan dapat menghafal semua istilah tersebut luar kepala.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *