You are currently viewing Jumlah Pemain Rounders

Jumlah Pemain Rounders

Olahraganesia.id – Rounders adalah jenis permainan bola kecil yang sekilas mirip dengan permainan baseball, kasti, dan softball. Salah satunya adalah permainan rounders yang dapat dimainkan oleh dua regu pada lapangan berbentuk segi lima sama sisi dengan jumlah pemain rounders sebanyak 9 orang.

Selain jumlah pemain kami juga akan membahas apa saja posisi yang harus ditempati oleh para pemain rounders? Dan apa saja tugas masing-masing pemain pada posisi tersebut?

Yuk, langsung simak informasi tentang jumlah pemain dalam permainan rounders beserta posisi dan tugas-tigasnya dengan membaca artikel ini!

Jumlah Pemain Rounders

Permainan atau olahraga rounders dilakukan oleh dua regu. Satu regu bertugas sebagai penjaga, sementara regu lainnya akan bertugas sebagai regu penyerang.

Nantinya, kedua regu akan saling bergantian untuk menempati posisi sebagai regu penjaga dan regu penyerang.

Masing-masing regu baik itu regu penjaga maupun regu penyerang memiliki anggota maksimal sebanyak 15 pemain dan minimal sebanyak 6 pemain. Namun, hanya 9 pemain yang dapat berada di dalam lapangan permainan.

Setiap pemain baik dalam regu penyerang maupun penjaga menempati posisi tertentu. Masing-masing posisi tentu saja memiliki tugas yang harus dilakukan untuk memenangkan pertandingan dalam permainan rounders.

Tugas dan Posisi Pemain Rounders

Posisi Pemain Rounders

Apa saja posisi pemain dalam permainan rounders? Apa tugas masing-masing pemain dalam posisi tersebut? Secara garis besar ada tiga pengelompokan posisi pemain rounders yaitu service players, base player, dan juga field players.

Service players terdiri dari pitcher dan catcher. Base player terdiri dari first baseman, second baseman, dan third baseman. Sementara field player terdiri dari shortstop, left fielder, center fielder, dan right fielder.

Selain jumlah pemain rounders, tugas serta posisi adalah hal yang perlu diketahui. Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang tugas dan posisi para pemain rounders pada saat menempati sebagai posisi regu penjaga, yaitu:

  • Pitcher atau Pelambung Bola

Pemain yang menempati posisi sebagai pitcher memiliki tugas untuk melambungkan atau melemparkan bola ke pemain lawan yang bertugas sebagai pemukul. Seorang pitcher juga harus mampu membidik tangan penangkap bola, mengubah kecepatan dan arah lemparannya.

Ketika melempar bola, pitcher harus tetap berada di area pitcher dan tidak boleh keluar dari area tersebut.

  • Catcher atau Penangkap Bola

Catcher dapat melihat semua pemain dalam lapangan, sehingga ia memiliki tugas untuk memastikan bahwa semua fielder sudah berada di tempat yang tepat sebelum pertandingan dimulai.

Pemain yang menempati posisi ini harus memiliki kekuatan dan daya tahan besar. Ya, karena seorang catcher harus mampu melempar bola dengan akurat dan kuat ke semua base, terlebih untuk base kedua.

  • First Baseman atau Penjaga Base I

Pemain yang berada di posisi first baseman harus mampu menangkap bola dengan tepat dan melemparnya ke arah base pertama.

  • Second Baseman atau Penjaga Base II

Posisi pemain second baseman berada di jarak 1 hingga 2 meter dari base kedua. Pemain ini bertugas melempar bola ke arah pemain di base pertama agar bisa mematikan bola.

  • Third Baseman atau Penjaga Base III

Pemain yang berada di posisi ini harus bisa menghentikan bola, menangkap line drive, dan melempar bola ke base pertama.

  • Shortstop

Tugas pemain dalam posisi ini adalah menangkap bola yang melambung di wilayahnya, yaitu antara base II dan base III.

  • Left Fielder

Tugasnya adalah menjaga dan menangkap bola yang melambung di wilayahnya yaitu antara base III dan base II.

  • Center Fielder

Tugasnya adalah menangkap bola yang melambung di wilayahnya dan mengarahkan left fielder maupun right fielder.

  • Right Fielder

Tugasnya adalah menjaga dan menangkap bola yang melambung di wilayahnya yaitu antara base I dan base II.

Akhir Kata

Jumlah pemain rounders minimal 6 orang dan maksimal 15 orang. Namun, pemain yang masuk ke dalam lapangan permainan berjumlah 9 orang dengan posisi dan tanggung jawabnya masing-masing.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply