You are currently viewing Peralatan Tenis Meja

Peralatan Tenis Meja

Olahraganesia.id – Peralatan tenis meja sangat bervariasi, dan semuanya sama-sama memiliki peran yang penting dalam pertandingan jenis olahraga satu ini. Dikarenakan semua peralatan ini sama pentingnya, tentu kamu wajib menyiapkannya sejak sebelum pertandingan dimulai.

Nah dari pada penasaran apa saja alat-alatnya, yuk simak perlengkapan tenis meja, dibawah ini.

Peralatan Tenis Meja Paling Utama

Supaya permainan tenis meja yang akan kamu lakukan bisa berjalan dengan lebih lancar, kamu wajib mengetahui terlebih dahulu apa saja peralatan yang akan dibutuhkan dalam aktivitas olahraga tenis meja ini.

Sementara itu, peralatan tenis meja memang di semua negara sama aja. Jadi, tidak ada perbedaan yang signifikan antara negara satu dengan negara lainnya. Peralatan dalam permainan tenis meja yang berstandar nasional dan internasional adalah:

1. Bola Khusus Tenis Meja

Bola Khusus Tenis Meja

Peralatan yang satu ini memang menjadi peralatan tenis meja yang paling utama dan yang paling wajib untuk dimiliki ketika hendak memainkan permainan ini.

Bola yang digunakan untuk bermain tenis meja, memang dibuat dengan ukuran dan material khusus. Dengan diameter yang sebesar 40 mm dan berat yang sebesar 30,5 gram, bola tenis meja atau bola ping pong tergolong bola yang berukuran cukup kecil.

Ukuran bola tenis meja di atas adalah standar internasional, dan merupakan salah satu ukuran standar dari organisasi tenis meja internasional yang bernama Federasi Tenis Meja Internasional.

Jadi, jika kamu ingin bermain tenis meja bersama rekan-rekanmu, pastikan bola yang kamu gunakan memiliki ukuran seperti di atas.

2. Bet atau Alat Pemukul Bola

Bet atau Alat Pemukul Bola

 

Tentu saja dalam permainan tenis bola, kamu akan membutuhkan alat pemukul yang bernama bet ini. Bet sendiri adalah nama dari raket yang digunakan dalam dunia tenis meja. Bentuknya pun tidak akan sebesar raket bulu tangkis.

Bahan utama dari bet tenis meja adalah kayu, yang nantinya dikombinasikan dengan serat karbon, karet, dan juga serat kaca.

Untuk memilih bet yang tepat dalam permainan tenis meja, kamu hanya perlu mencari bet yang bagus untuk menyerang dan menahan bola, sehingga permainan dapat dilakukan dengan cara yang lebih sempurna.

Selain itu, kenyamanan pada bet yang kamu gunakan juga sangat perlu untuk diperhatikan. Jangan sampai bet yang kamu gunakan akan membuatmu tidak nyaman, karena hal ini dapat mengganggu berjalannya pertandingan yang sedang kamu lakukan.

3. Meja Tenis atau Lapangan Tenis Meja

Meja Tenis atau Lapangan Tenis Meja

Dikarenakan lapangan tenis meja akan berbentuk sebuah meja yang berukuran tidak terlalu luas, jadi olahraga satu ini tergolong jenis olahraga yang bisa dan selalu dilakukan dalam area indoor.

Umumnya, meja tenis akan dibuat dari bahan yang bertekstur keras, supaya pantulan bolanya dapat terjadi dengan cara yang sempurna.

Selain bola, meja tenis juga memiliki standar ukurannya sendiri, yaitu 2,74 untuk panjangnya, 1,52 m untuk lebarnya, 76 cm untuk ukuran tingginya. Meskipun meja tenis ini juga sering disebut sebagai lapangan tenis meja, akan tetapi ukurannya tidak akan seluas lapangan-lapangan jenis olahraga lainnya.

Selain itu, untuk permukaan tanah atau lantai yang digunakan pun harus diperhatikan dengan baik, permukaannya harus datar supaya permainan tenis meja yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan nyaman dan lancar.

4. Net atau Pembatas

Net atau Pembatas

Sama halnya dengan olahraga bulu tangkis juga yang membutuhkan net untuk memisahkan antar pemain, dalam dunia tenis meja juga net akan sangat dibutuhkan.

Net termasuk salah satu peralatan tenis meja yang sangat penting, karena net akan menjadi pemisah bidang permainan menjadi 2 bagian atau 2 wilayah. Net pada tenis meja adalah sebuah jaring yang bisa dipasang dan digunakan dalam ukuran yang sejajar dengan garis ujung.

Jadi, jika meja tenis yang akan kamu gunakan belum memiliki net, maka kamu wajib memasang net terlebih dahulu, sebelum memainkan permainan ini.


Baca Juga: Teknik Dasar Tenis Meja


5. Pelapis Bet

Pelapis Bet

Meskipun kamu sudah memiliki bet yang sesuai dengan standar, kamu masih harus menyiapkan peralatan lainnya untuk melengkapinya, contohnya seperti pelapis bet.

Pelapis bet biasanya akan terbuat dari lembaran getah karet yang dikombinasikan dengan bintik berbiji yang berbentuk serupa dengan kerucut.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa permukaan bet akan terdiri 3 jenis bagian, yaitu spons, speed glue, dan juga hard rubber.

6. Tiang Penyangga

Tiang Penyangga

Tiang penyangga ini akan diletakkan di bagian ujung net, dan berfungsi untuk tempat pengikat net yang metode pemasangannya akan diletakkan di tengah, sehingga terlihat seperti pembentang.

Dengan adanya tiang penyangga ini, net akan semakin kokoh sehingga bisa menjadi pemisah pada meja untuk menandai batasan wilayah permainan antara satu pemain dengan pemain lainnya.

Melihat fakta di atas, tentu kamu akan semakin mengerti betapa pentingnya tiang penyangga dalam permainan tenis meja.

7. Seragam dalam Tim

Seragam dalam Tim

Untuk para amatir yang tidak memainkan permainan ini dalam pertandingan resmi, memang tidak terlalu membutuhkan peralatan seragam dalam aktivitasnya. Namun, akan berbeda bagi para pemain yang hendak mengikuti pertandingan tenis meja yang resmi.

Bagi para pemain yang hendak berpartisipasi dalam sebuah pertandingan tenis meja, seragam wajib disiapkan, supaya nanti wasit dapat membedakan antara 1 tim dengan tim lainnya. Jadi, seragam tenis meja wajib berbeda antara tim yang kamu ikuti dengan tim lawan.

Seragam tenis meja disarankan menggunakan bahan yang mudah menyerap keringat, karena tentunya aktivitas ini akan membuat keringat bercucuran dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Untuk menjaga supaya permainan dapat terus berjalan dengan nyaman, maka kamu wajib mengenakan seragam yang mudah menyerap keringat.

8. Kaos Kaki dan Sepatu yang Memadai

Kaos Kaki dan Sepatu yang Memadai

Selain seragam, kamu juga harus mengenakan kaos kaki dan sepatu yang cocok untuk digunakan dalam permainan tenis meja. Sepatu atletik yang memiliki sol dalam berbahan karet merupakan pilihan yang tepat untuk kamu gunakan.

Sementara itu, jika kamu pernah berpikir sepatu lari dapat kamu gunakan untuk mengikuti pertandingan tenis meja, maka pemikiran ini perlu kamu hilangkan, karena sepatu lari bukan jenis sepatu yang mampu menunjang gerakan pemain secara tiba-tiba dan cepat.

Dalam hal ini, bisa dipastikan bahwa pemilihan sepatu dalam permainan tenis meja tidak kalah penting dari pemilihan seragam dalam permainan olahraga satu ini.

Sedangkan untuk pemilihan kaos kaki yang harus dikenakan dalam pertandingan tenis meja, hampir serupa dengan pemilihan seragam, kamu perlu memilih dan menggunakan kaos kaki yang mudah menyerap keringat.

Sebab, tenis meja termasuk jenis olahraga yang cukup melelahkan, dan dapat membuatmu mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak.

Akhir Kata

Semua peralatan tenis meja di atas sangat wajib kamu siapkan terlebih dahulu sebelum waktu pertandingan mulai dekat. Pastikan semua peralatan yang kamu pilih berkualitas terbaik, dan dapat membantumu memenangkan pertandingan tenis meja yang sedang atau akan kamu ikuti.

Selain itu, meskipun kualitas dari peralatan tenis meja adalah faktor paling utama yang harus kamu perhatikan dengan baik, akan tetapi kenyamanan dalam peralatan tersebut juga tidak boleh kamu abaikan. Sebab, kenyamanan juga mampu membantumu dalam memenangkan pertandingan tenis meja.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply