You are currently viewing Teknik Dasar Sepak Takraw

Teknik Dasar Sepak Takraw

Olahraganesia.id – Sepak takraw merupakan olahraga yang sangat unik. Olahraga satu ini mengombinasikan berbagai olahraga lainnya, yaitu sepak bola, voli, dan bulu tangkis. Hal inilah yang membuat teknik dasar sepak takraw begitu unik daripada cabang olahraga yang lain.

Tidak perlu terlalu banyak orang untuk bermain sepak takraw. Dua tim yang bermain hanya perlu 3 orang saja tiap regu. Untuk bermain dengan baik, tentu saja pemain sepak takraw harus menguasai teknik sepak takraw ini. Tidak lupa juga harus dengan kerja sama tim yang baik.

Untuk itu simak teknik dasar sepak takraw yang harus kamu kuasai.

Teknik Dasar Sepak Takraw dan Cara Melakukannya

Teknik Dasar Sepak Takraw

Seperti pembahasan sebelumnya, teknik dasar sepak takraw ini sangat unik dan autentik. Kira-kira apa sajakah teknik dalam permainan ini?

Berikut pembahasan lengkapnya:

1. Sepak Kura/ Kuda

Sepak kura atau atau sepak kuda merupakan teknik yang paling sulit dalam sepak takraw. Teknik ini memanfaatkan punggung kaki pada saat bola berada di posisi yang rendah. Kemudian, eksekusi serangannya dengan cara melakukan salto.

Jika memang ingin melakukan gerakan salto pada akhir teknik ini, kamu harus siap melakukan putaran. Jangan lupa juga untuk memperhitungkan momentum saat kaki menyentuh bola.

2. Sepak Sila

Berbeda dengan sepak kuda/ kura, sepak sila merupakan teknik dasar sepak takraw yang memanfaatkan kaki bagian dalam. Karena tujuan dari teknik ini memang lebih untuk memberikan umpan atau pertahanan.

Jadi, bukan untuk menyerang seperti teknik sepak kura. Pada teknik sepak sila, kamu sebagai pemain harus pandai mengarahkan dan mengatur ritme pantulan bola di kaki bagian dalam. Lalu mengipernya pada rekan satu tim.

3. Sepak Mula

Sesuai namanya, sepak mula adalah tendangan pada awal permainan sepak takraw. Pada olahraga voli, kita mengenal ada gerakan awal berupa servis. Nah, sepak mula dalam olahraga sepak takraw ini ada dua jenis gerakan yang bisa pemain lakukan, yaitu sepak mula ke arah atas dan bawah.

Pada sepak mula ke arah atas, tendangan fokus untuk melambung ke atas, setidaknya di atas kepala. Sebaliknya, sepak mula ke arah bawah mengusahakan agar tendangan bola berada di posisi sedekat mungkin dengan net.

Sepak mula bisa menjadi kesempatan besar tim yang melakukan servis untuk mendapatkan poin. Karena jika lawan tidak bisa menerima servis dengan baik, maka bola akan menyentuh lantai. Bola itu pun akan menjadi tambahan poin bagi tim yang menendangnya.

4. Teknik Menapak

Teknik menapak merupakan teknik yang cocok dalam situasi genting. Terutama, dalam menghalangi tim lawan mencetak poin. Misalnya, pada saat memblok smash keras dari lawan atau menyelamatkan bola yang ada di atas net.

Seperti nama tekniknya, cara melakukan teknik ini berfokus pada penggunaan telapak kaki. Sebenarnya, tidak ada langkah-langkah tertentu untuk melakukan teknik sepak takraw menapak ini.

Karena teknik menapak lebih fokus pada respon tubuh, terutama bagian kaki dalam menghadapi serangan. Penggunaan telapak kaki bertujuan agar kamu sebagai pemain bisa menjangkau bola yang dari lawan pada jarak yang jauh sekalipun.

5. Teknik Heading

Teknik heading dalam sepak takraw mengadopsi teknik heading dalam permainan sepak bola. Prinsipnya sama, yaitu menggunakan kepala untuk menyundul bola. Teknik satu ini sebenarnya cukup serbaguna dalam permainan sepak takraw.

Sebab, teknik heading bisa berfungsi sebagai operan maupun serangan yang cukup efektif. Namun, lebih sering teknik ini berguna untuk memberikan umpan yang terbilang cukup jauh.

Cara melakukan teknik heading sepak takraw tidak berbeda jauh dengan teknik heading pada olahraga sepak bola. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kepala bagian depan saja untuk menghindari kemungkinan cedera pada bagian lain.

6. Sepak Cungkil

Sepak cungkil dalam sepak bola takraw sama dengan teknik sliding dalam olahraga sepak bola. Sebagai pemain, kamu harus melakukan sliding untuk mencapai posisi bola yang jatuh. Jadi, kamu harus menjulurkan kaki sejauh mungkin untuk mencapai bola.

7. Teknik Membahu

Walaupun namanya teknik membahu, bukan berarti teknik dasar sepak takraw ini menggunakan tubuh bagian bahu, melainkan tubuh bagian atas. Khususnya pada daerah antara lengan dan leher.

Karena itu, teknik ini sangat ideal sebagai gerakan pertahanan. Karena bagian bahu yang lebar bisa menjadi penahan dari serangan pihak lawan yang masuk.

8. Teknik Mendada

Seperti nama tekniknya, teknik mendada memanfaatkan tubuh bagian dada untuk melakukan gerakan. Gerakan satu ini lebih ideal untuk melakukan operan pada rekan tim, terutama dalam operan pendek. Karena memang jangkaun gerakan ini tidak terlalu lebar.

9. Sepak Simpuh

Teknik ini juga populer dengan istilah sepak simpuh. Karena membuat pemainnya terlihat seperti sedang bersimpuh. Teknik sepak simpuh ini sendiri memanfaatkan kaki bagian samping luar untuk melakukan gerakan.

Teknik ini sangat ideal sebagai bagian dari pertahanan. Khususnya dalam menyelamatkan bola dari serangan seperti smash atau kontrol bola.

10. Teknik Memaha

Teknik dasar sepak takraw satu ini memanfaatkan bagian paha untuk mempertahankan bola agar tetap berada di area main. Karena gerakannya ini, teknik satu ini sangat ideal untuk menerima umpan. Jika pemain bisa melakukannya dengan baik, teknik memaha juga cukup efektif untuk menahan serangan.

11. Menerima Sepak Mula

Kamu sudah mengetahui sepak mula adalah tendangan pada awal permainan. Nah, gerakan tersebut berhubungan erat dengan teknik menerima sepak mula, yaitu gerakan untuk menerima sepak mula. Gerakan ini sendiri sangat bergantung pada jenis sepak mula.

Jika lawan melakukan sepak mula atas, maka teknik mendada atau teknik sundulan menjadi teknik menerima yang tepat. Lain lagi,dengan teknik sepak mula bawah. Maka. teknik memaha lebih tepat untuk menerimanya. Hal ini menjadi strategi penting agar bola tidak jatuh dan menciptakan poin untuk lawan.

12. Teknik Mengumpan

Dalam teknik mengumpan sepak takraw, ada banyak jenis gerakan yang bisa pemain gunakan. Mulai dari teknik mendada, teknik memaha, dan sepak sila. Bisa juga menggunakan kombinasi dari gerakan-gerakan tersebut.

13. Teknik Smash

Teknik smash dalam sepak takraw mengadopsi teknik smash dalam olahraga badminton. Teknik ini termasuk salah satu teknik paling penting yang harus pemain kuasai. Karena merupakan gerakan inti dari serangan.

Pemain bisa menggunakan tendangan atau mengombinasikannya dengan teknik heading. Kekuatan dan kecepatan sangat penting untuk melakukan smash yang tajam ke area lawan.

14. Block atau Menahan

Dalam berbagai olahraga, ada yang namanya teknik menahan atau block. Begitu juga dalam olahraga sepak takraw. Untuk melakukan pertahanan, pemain sepak takraw bisa menggunakan seluruh anggota badan untuk mencegah poin dari lawan.

Namun, tentu saja, para pemain sepak takraw tidak boleh menggunakan tangan untuk menghalangi bola lawan.

Video Teknik Dasar Sepak Takraw

Akhir Kata

Ternyata ada banyak sekali teknik dasar sepak takraw yang harus pemain ketahui. Jika kamu berniat untuk menjadi pemain sepak takraw yang handal, tentu wajib hukumnya untuk menguasai berbagai teknik di atas.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply