You are currently viewing Lapangan Rounders

Lapangan Rounders

Olahraganesia.id – Rounders merupakan salah satu jenis olahraga atau permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua regu. Permainan ini hampir mirip dengan permainan baseball, softball, dan juga kasti. Meskipun mirip, lapangan rounders tentu saja berbeda dari tiga permainan tersebut.

Perbedaan tersebut terletak pada ukuran dan bentuk lapangan. Jika ingin tahu tentang bentuk dan ukuran lapangan permainan rounders, maka simak saja langsung informasinya melalui artikel yang satu ini!

Ukuran dan Bentuk Lapangan Rounders

Permainan rounders dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu memiliki 9 anggota.  Permainan dini dilakukan selama 7 inning. Artinya, masing-masing regu mendapatkan kesempatan untuk menjadi penyerang sebanyak 7 kali dan menjadi penjaga sebanyak 7 kali.

Rounders dilakukan di sebuah lapangan dengan mengikuti aturan permainan yang sudah ada. Berikut ini ukuran dan bentuk lapangan permainan rounders, yaitu:

  • Ukuran

Lapangan permainan rounders memiliki lima sisi yang masing-masing sisi berukuran panjang 15 meter.

Di dalam lapangan tersebut terdapat lima base sebagai tempat atau pos hinggap, yaitu base I, base II, base III, base IV, dan base V. Base V dianggap sebagai home base.

Masing-masing base berbentuk persegi dengan ukuran 40 x 40 cm. Satu base dengan base lainnya dipisahkan dengan jarak 15 meter. Pada sisi bagian dalam terdapat tempat untuk pemain pelambung melemparkan bola.

Ukuran tempat ini sebesar 2,5 x 2,5 m. Sementara tempat untuk pemain pemukul berukuran 2 x 2 m. Jarak tempat pelambung dengan lokasi pemain pemukul adalah 9 meter.

  • Bentuk

Berbeda dengan lapangan kasti yang berbentuk persegi panjang atau softball dan baseball dengan bentuk seperti diamond, rounders dimainkan pada lapangan yang berbentuk segi lima beraturan. Kelima sudut lapangan berfungsi sebagai base atau tempat hinggap pemain dalam permainan.

Bentuk Lapangan Rounders

Perlengkapan Lapangan Rounders

Rounders dapat dilakukan pada lapangan permainan yang memiliki perlengkapan lengkap dan memadai. Apa saja perlengkapan yang dibutuhkan dalam lapangan permainan rounders?

  • Bola Rounders

Perlengkapan pertama yang dibutuhkan adalah bola rounders. Bola yang digunakan terbuat dari bahan karet atau kulit yang di dalamnya diisi sabut kelapa. Bola rounders memiliki ukuran keliling 19 hingga 21 cm dengan diameter kurang lebih 20 cm.

Sementara berat bola rounders yang digunakan sebesar 30-70 gram atau bisa juga menggunakan bola yang memiliki berat 70-80 gram.

  • Tongkat Pemukul

Selain bola, permainan rounders juga membutuhkan tongkat pemukul yang terbuat dari kayu. Panjangnya sekitar 70 hingga 80 cm dengan keliling sekitar 29 cm.

  • Bendera dan Tiang Hinggap

Tiang hinggap untuk menandai base atau sudut-sudut lapangan berukuran tinggi 1,3 meter. Pada ujung tiang dipasang bendera penanda.

  • Pencatat Nilai atau Skor

Perlengkapan lainnya berupa papan untuk mencatat nilai atau skor selama pertandingan berlangsung. Papan bisa terbuat dari kertas, papan tulis, atau bahkan papan penunjuk skor digital.

  • Perlengkapan Lainnya

Perlengkapan lainnya yang dibutuhkan dalam permainan rounders adalah nomor dada atau nomor urut yang digunakan oleh masing-masing pemain. Selain itu, perlengkapan lainnya yang dibutuhkan adalah peluit untuk wasit.

Akhir Kata

Meskipun permainan rounders memiliki banyak kemiripan dengan baseball, softball, dan juga kasti, lapangan rounders berbeda dengan permainan tersebut. Lapangan permainan rounders memiliki bentuk segi lima sama sisi. Masing-masing sisi lapangan memiliki ukuran panjang sebesar 15 meter.

Selain memperhatikan kondisi lapangan permainan, ketika bermain rounders banyak perlengkapan yang harus dipersiapkan. Misalnya, bola, tongkat pemukul, bendera, tiang hinggap, pencatat nilai, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply