You are currently viewing Jumlah Pemain Kasti

Jumlah Pemain Kasti

Olahraganesia.id – Sudah pada tahu belum, ternyata jumlah pemain kasti dalam satu regu cukup banyak. Setiap pemain nantinya akan memiliki posisi dan tugas masing-masing. Model permainan kasti memang hampir mirip dengan baseball, tetapi untuk jumlah pemain dan aturannya tentunya cukup berbeda.

Olahraga kasti biasanya sering dimainkan oleh kalangan anak-anak baik pria dan wanita di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Permainan kasti juga bisa dimainkan di lingkungan rumah secara sederhana dengan aturan yang tidak terlalu rumit.

Berikut simak pembahasan jumlah pemain kasti dan tugastugasnya.

Jumlah Pemain Kasti

Walaupun permainan bola kasti adalah turunan dari baseball, akan tetapi dari segi jumlah pemain dan posisinya agak sedikit berbeda. Permainan bola kasti pada umumnya dimainkan oleh 12 orang. Namun secara keseluruhan, terkadang ada juga permainan kasti yang melibatkan sekitar 18 orang.

Pada permainan bola kasti yang terdiri atas 18 orang, 6 orang di antaranya ditugaskan sebagai pemain cadangan. Sedangkan 12 orang lainnya akan terjun ke lapangan dan menempati posisinya masing-masing sesuai kesepakatan regu.

Bisa dikatakan dalam 1 regu permainan bola kasti berjumlah 6 orang. Dari 12 orang pemain kasti tersebut, harus ada 1 orang yang bertugas sebagai kapten.

Pemimpin atau kapten disini bertugas untuk membangun koordinasi antar tim sekaligus memutuskan strategi terbaik yang akan diterapkan tim saat permainan tengah berlangsung.

Posisi dan Tugas Pemain Kasti

Olahraga kasti merupakan jenis permainan yang dimainkan secara beregu. Agar permainan kasti nantinya bisa berjalan baik, maka setiap tim harus memberikan tugas masing-masing pada anggotanya.

Tujuannya agar terjalin koordinasi yang baik dan tidak ada peserta yang berebut posisi dalam permainan.

  • Pemukul Bola

Pemukul Bola

Pemukul bola bertugas untuk memukul bola yang diberikan pelempar dengan sekuat tenaga. Anggota tim yang bertugas untuk memukul bola harus memiliki reflek yang baik agar jatuhnya bola bisa tepat sasaran. Semakin jauh pukulan bola, maka lawan akan semakin sulit untuk meraihnya.

Agar bisa menghasilkan pukulan bola yang baik dan melambung jauh, maka harus ada teknik dasar yang harus dikuasai. Beberapa teknik pukulan tersebut biasanya disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekaligus tujuan dari setiap regu.

Pukulan bola yang biasa dilakukan dalam permainan kasti ada 3 jenis yaitu pukulan melambung, pukulan mendatar, dan pukulan menyusur tanah. Pukulan melambung artinya hasil pukulan bola akan melambung setinggi mungkin agar lawan sulit mendapatkannya.

Pukulan mendatar dilakukan dengan melakukan pukulan bola secara mendatar dengan cepat. Hasil pukulan mendatar akan menyebabkan bola tidak melambung jauh. Oleh sebab itu, kamu perlu berlari sekuat tenaga sebagai pemukul bola agar lolos dari lemparan tim penjaga.

Sedangkan pukulan menyusur tanah biasanya dilakukan dengan memukul bola ke arah bawah. Efek pantulan yang dihasilkan bola akan sangat menyulitkan tim penjaga untuk mendapatkannya. Akan tetapi, pemukul bola harus segera berlari untuk mengamankan diri dari lawan.

  • Penangkap Bola

Penangkap Bola

Jumlah pemain kasti yang berjumlah 12 orang pastinya ada yang bertugas sebagai penangkap bola. Bagi kamu yang bertugas sebagai penangkap bola perlu memiliki refleks yang sangat baik dan juga cekatan untuk bergerak aktif mengejar arah jatuhnya bola kasti.

Dalam permainan kasti, tim penjaga ada yang bertugas sebagai penangkap bola dan berusaha untuk menangkap bola yang dipukul oleh lawan. Semakin cepat tim penjaga mendapatkan bola, maka akan semakin mudah baginya untuk langsung melemparkan bola ke pemain lawan.

Kemampuan tim penjaga saat menangkap bola juga akan mendapatkan penilaian tersendiri. Biasanya, model tangkapan bola yang dilakukan sesuai dengan pukulan bola dari pemain lawan. Jika pukulan bola melambung tinggi, maka tim penjaga harus berlari mengejar jatuhnya bola.

Namun jika pukulan bola modelnya mendatar, maka tim penjaga biasanya akan sulit untuk bisa memegang bola. Sebagai gantinya, tim penjaga perlu mengandalkan tubuhnya untuk menahan laju bola meskipun sudah tidak bisa menangkapnya.

Setelah bola didapatkan oleh tim penjaga, maka selanjutnya bola perlu dilemparkan ke arah badan tim pemukul saat kondisinya mengitari lapangan. Namun jika tim lawan sudah berhasil lolos, maka bola harus dikembalikan oleh tim pemukul untuk melakukan pukulan bola kembali.

  • Pelempar Bola

Pelempar Bola

Jumlah pemain kasti yang terdiri atas 6 orang dalam satu regu, pasti akan ada anggota tim yang bertugas untuk melemparkan bola. Jadi kamu yang bertugas sebagai pelempar bola harus memberikan bola kepada pemukul sesuai dengan keinginan dari pemukul.

Dalam hal ini, pelempar bola harus mengkondisikan pelemparan bola sesuai dengan arahan pemukul bola. Misalnya pemukul menginginkan bola agar melambung tinggi atau serendah mungkin agar mudah untuk dipukul dan menghasilkan lemparan yang jauh.

Walaupun demikian, ada 2 jenis lemparan yang perlu dikuasai oleh tim yang bertugas sebagai pelempar bola dalam permainan kasti. Lemparan pertama dinamakan dengan lemparan lambung yang harus dilakukan dengan melambungkan bola ke atas.

Jenis kedua dinamakan lemparan datar yang artinya lemparan bola perlu dilakukan secara mendatar tepat ke arah pemukul bola. Jenis lemparan lambung biasanya paling diminati bagi pemula, akan tetapi terkadang menghasilkan pukulan yang tidak begitu baik.

Sedangkan untuk lemparan datar memang agak sulit dilakukan bagi pemula. Akan tetapi jika pukulan bola tepat sasaran, maka bola akan melambung jauh. Kondisi tersebut akan sangat menguntungkan pemukul bola untuk berlari dan mengamankan posisi.

  • Tim Penjaga

Tim Penjaga

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, dalam permainan kasti akan ada dua regu yang masing-masing bertugas sebagai tim penjaga dan tim pemukul. Kelompok penjaga dalam permainan kasti memiliki tugas untuk mematikan lawan secepat mungkin.

Dalam usaha untuk mematikan lawan dalam permainan kasti, maka kamu sebagai tim penjaga harus melempar bola kepada tim pemukul. Baik melempar bola dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja, maka lemparan dari tim penjaga akan tetap dianggap sah.

Cara mematikan lawan dalam permainan kasti juga bisa terjadi ketika pemukul tidak dapat memukul bola lebih dari tiga kali. Saat pemukul tidak berhasil memukul bola, maka tim penjaga akan membakar ruang bebas dan mematikan pemukul yang akan hinggap di pos 1.

Jumlah pemain kasti yang berjumlah 6 orang dalam satu regu harus memiliki keterampilan dalam melempar bola. Cara melempar bola kasti sendiri bisa dilakukan dengan teknik melambung tinggi, teknik mendatar atau lurus, dan teknik melempar bola ke bawah atau menyusur tanah.

Lemparan dengan cara apapun diperbolehkan saat permainan kasti berlangsung, asal tim penjaga tetap memperhatikan keselamatan pemain lainnya. Jangan sampai kamu sebagai tim penjaga melakukan lemparan bola yang bisa melukai atau membuat cedera pemain lainnya.

Akhir Kata

Jumlah pemain kasti secara keseluruhan berjumlah 18 orang. Sekitar 12 orang akan bermain di lapangan yang menempati posisi sebagai pelempar bola, penangkap bola, pemukul bola, dan juga ada yang bertugas sebagai tim penjaga, kemudian sisa 6 orang lainnya sebagai tim cadangan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply