Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Pitcher Softball

1 min read

Cara Melempar Bola Softball

Olahraganesia.id – Dalam olahraga softball, ada beberapa posisi pemain yang memiliki tugas masing-masing. Salah satunya adalah pitcher softball yang merupakan pelempar bola dan memiliki beberapa tugas lainnya seperti menjaga base pertama. Bahkan posisi pitcher dalam permainan softball ini tergolong cukup penting.

Pertandingan softball sendiri dimainkan dalam 7 babak permainan. Dan dalam pertandingan tersebut, seorang pitcher harus memiliki ketangkasan yang baik dan bisa mengatur strategi menyerang serta bertahan agar timnya menang.

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa simak ulasan berikut ini.

Pengertian Pitcher Softball

Pengertian Pitcher Softball

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pitcher dalam olahraga softball merupakan pemain yang memiliki tugas melempar bola ke arah pemukul.  Itulah mengapa, seorang pitcher juga disebut sebagai pelempar bola.

Pertandingan softball sendiri baru bisa dimulai ketika seorang pitcher sudah melemparkan bola ke arah pemukul. Dan pada saat pitcher melakukan lemparan, maka pemain softball lainnya akan bersiap-siap sesuai dengan tugas dan posisinya masing-masing.

Pada saat melakukan lemparan bola, seorang pitcher harus berada di posisi yang telah ditentukan yaitu menginjak pitcher plate yang memiliki ukuran 60 x 15 cm. Sementara untuk daerah penjagaan pitcher meliputi sekitar lingkaran tengah hingga area dekat home plate.

Adapun target yang harus diperhatikan seorang pitcher saat melakukan lemparan bola adalah strike zone. Yaitu arae yang berada di antara lutut pemukul hingga pada bagian tengah punggungnya. Oleh karena itu agar lemparannya sah, maka seorang pitcher harus melempar tepat pada zona tersebut.

Fungsi Pitcher Softball

Fungsi utama seorang pitcher dalam permainan softball adalah melempar bola kepada pemukul. Selain itu, pitcher juga memiliki tugas lainnya seperti berikut ini:

  1. Membantu menangkap bola yang dilemparkan ke base 1, 2 atau 3, tujuannya adalah untuk mematikan pelari dari pihak lawan.
  2. Membantu tugas catcher dalam menjaga home base, terutama jika catcher sedang mengambil bola sementara ada pelari memasuki home base.

Teknik atau Cara Melakukan Pitcher Softball

Teknik Pitcher Softball

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seorang pitcher harus melakukan lemparan dengan tepat sesuai aturan permainan yang berlaku dalam olahraga softball. Yaitu harus berada di strike zona pemukul. Sementara sah tidaknya lemparan tersebut akan sangat tergantung pada keputusan wasit.

Dalam melakukan teknik melempar bola, seorang pitcher akan berlatih terpisah dari pemain lainnya untuk bisa menyempurnakan setiap lemparan yang dilakukan. Adapun kunci dari lemparan yang sempurna pada seorang pitcher terletak pada kontrol bahu serta ketepatan saat melempar.

Berdasarkan hal tersebut, kamu juga bisa belajar menjadi pitcher yang tangkas melalui cara berikut ini:

  1. Pertama berdiri tegak dan memfokuskan pandangan ke arah pemukul.
  2. Posisi bola di tangan kanan sementara glove berada di tangan kiri.
  3. Pegang bola di depan badanmu dan injak pitcher plate jika akan melempar bola.
  4. Posisi tangan yang memegang bola bisa diputar 360 derajat ke belakang.
  5. Silahkan lepaskan bola ketika posisinya sudah sejajar dengan pinggul.
  6. Kemudian langkahkan kedua kaki ke depan dengan berat badan yang bertumpu pada bagian depan untuk menambahkan tenaga saat melempar bola.

Akhir Kata

Peran seorang pitcher sangatlah penting dalam permainan softball, oleh karena itu diperlukan teknik yang paling tepat untuk melakukan lemparan bola. Meskipun tugas utamanya melempar bola, namun seorang pitcher juga diberi tanggung jawab dengan tugas lainnya yang tidak kalah penting.

Tugas tersebut adalah membantu menangkap bola yang datang ke area penjagaannya agar bisa mematikan pelari lawan. Seorang pitcher softball juga harus membantu catcher menjaga area home base, khususnya ketika ada pelari datang saat catcher sedang mengambil bola.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *