You are currently viewing Teknik Dasar Bola Kasti

Teknik Dasar Bola Kasti

Olahraganesia.id – Permainan bola kasti tampaknya sudah tidak asing lagi bagi semua kalangan. Hal ini dikarenakan, permainan kasti tergolong olahraga yang sudah muncul sejak lama dan dimasukkan dalam kurikulum mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan.

Olahraga kasti dapat melatih ketangkasan, kelincahan, dan juga kekompakan antar pemainnya. Setiap anggota tim akan menempati posisi tertentu dalam permainan dan melakukan tugasnya penuh tanggung jawab.

Selain itu, para pemain juga perlu menguasai teknik dasar bermain kasti dengan tujuan untuk memaksimalkan di setiap pertandingan.

Untuk yang belum paham mengenai teknik dasar bola kasti, simak selengkapnya di bawah ini!

Teknik Dasar Permainan Kasti

Agar kamu bisa bermain bola kasti secara optimal dan bisa meraih kemenangan, maka ada beberapa teknik dasar yang perlu dipelajari agar lebih mudah saat praktek langsung.

Dalam bidang olahraga, mempelajari teori saja tidak cukup, diperlukan latihan praktek berulang-ulang agar bisa menguasainya.

1. Melempar Bola

Melempar Bola

Teknik ini perlu dipelajari dengan baik oleh tim penjaga agar bisa mengoper bola kepada teman satu tim dan menembakkannya langsung ke tubuh tim pemukul. Teknik ini tentunya perlu dikuasai oleh semua pemain, karena akan ada waktu dimana kedua tim berganti posisi main.

Ada beberapa cara melempar bola yang digunakan dalam permainan bola kasti, yaitu melempar bola melambung, melempar bola lurus, dan melambungkan bola dari bawah. Setiap pemain bisa mempertimbangkan cara melempar bola sesuai kenyamanan dan juga keadaan.

a. Melempar Bola Melambung

Melempar bola melambung dapat dilakukan dengan tujuan untuk memberikan bola kepada rekan satu tim yang jaraknya agak jauh. Agar bola bisa memiliki waktu lama untuk melawan gravitasi bumi, maka bola perlu diarahkan setinggi mungkin

Kamu yang ingin melempar bola dengan cara melambung, perlu memfokuskan diri ke arah bola akan dilemparkan. Posisikan badan menyamping dan pegang bola menggunakan tangan kanan. Atur posisi kaki kanan ke depan dan kaki kiri pindah ke belakang dengan posisi melebar.

Lemparkan bola ke arah depan atas dan harus lebih tinggi dari kepala agar bisa melambung tinggi ke atas. Banyak lakukan latihan otot bahu agar hasil lemparan bisa akurat dan menjangkau jarak yang cukup jauh.

b. Melempar Bola Mendatar

Teknik dasar permainan kasti berupa lemparan lurus ini perlu dilakukan dengan menembak anggota dari regu pemukul. Lemparan datar perlu dipelajari dengan baik agar bisa menghasilkan lemparan yang matang dan tidak membahayakan tim lawan.

Fokuskan pandanganmu ke arah bola akan dilempar, kemudian posisikan badan menyamping. Pegang bola menggunakan tangan kanan dengan sudut siku sekitar 900. Luruskan tangan kiri ke depan dengan posisi ketinggian sejajar dengan bahu.

c. Melambungkan Bola Ke Bawah

Teknik melempar bola kasti dengan cara diayunkan menggunakan lengan dari bawah dengan gerakan yang lemas. Jangan sampai kondisi bola memutar ketika dilemparkan. Lambungan bola harus sesuai tempat pemukul agar tepat dengan sasaran dan permintaan pemukul.

2. Memukul Bola

Memukul Bola Kasti

Teknik dasar permainan kasti yang kedua yaitu memukul bola. Sebelum terjun ke lapangan untuk bermain kasti, kamu perlu menguasai teknik untuk memukul bola. Seorang pemukul dalam permainan kasti merupakan kunci keberhasilan tim agar bisa pulang dengan bebas.

Oleh sebab itu, tim yang bertugas sebagai pemukul harus mengusahakan bola yang dipukul tidak ditangkap dengan mudah oleh regu penjaga. Sehingga baik pemukul dan teman yang masih tertawan bisa pindah ke ruang bebas dan melanjutkan permainan.

Menariknya lagi, ketika kamu sudah memukul bola yang lumayan jauh dan sulit dijangkau oleh tim penjaga, bisa langsung ke titik awal kemudian kembali ke ruang bebas. Kondisi tersebut akan membuat tim pemukul mendapatkan kemenangan sebanyak 2 poin.

a. Memukul Bola Arah Melambung

Cara melakukannya dengan memukul bola arah silang dari bahu kanan ke kiri depan atas. Tangan harus lemas agar pukulan bisa lebih mudah mengenai bola. Jika kaku, pukulan bola akan sulit untuk dikendalikan.

Jenis pukulan arah melambung cenderung mudah ditangkap karena tim penjaga bisa membaca dengan baik arah kedatangan bola. Kalau bisa lakukan pukulan sangat tinggi sehingga tim penjaga membutuhkan waktu agak lama untuk mendapatkan bola.

b. Memukul Bola Arah Mendatar

Pukulan bola secara mendatar berfungsi agar hasil pukulan bisa kencang lurus sejajar dengan posisi bahu sehingga tim penjaga akan sulit menangkapnya. Pukul bola dari arah belakang bahu kanan menuju ke arah kiri depan. Arah lintasan gerak nantinya akan sejajar dengan bahu.

c. Memukul Bola Arah ke Bawah

Pukulan ini dilakukan untuk memantulkan bola. Cara melakukannya dengan memukul bola dari bahu kanan ke arah depan kiri bawah. Lintasan pukulan sebaiknya menyilang dan melengkung dari bagian atas ke bawah.

3. Menangkap Bola

Menangkap Bola

Teknik menangkap bola sangat penting dan berpengaruh kepada tim penjaga. Hal ini dikarenakan, tim penjaga harus menangkap bola secepat mungkin kemudian bisa di oper ke rekan atau mungkin langsung menembaknya ke tim tim lawan yang akan meloloskan diri.

Sama dengan teknik dasar lainnya, dalam menangkap bola juga dibutuhkan konsentrasi yang tinggi, ketajaman tangan serta kemampuan membaca arah bola. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam teknik menangkap bola yang benar.

a. Menangkap Bola Melambung

Teknik ini digunakan untuk menangkap bola yang arah kedatangannya dari atas. Biasanya, sering kamu alami ketika menangkap hasil pukulan bola yang melambung dari pemukul atau rekan satu tim. Kedua tangan yang digunakan menangkap bola diarahkan ke depan atas.

b. Menangkap Bola Mendatar

Teknik dasar permainan kasti yaitu menangkap bola salah satunya bisa dilakukan dengan cara mendatar. Teknik ini dilakukan ketika bola datang dari arah depan dengan lesatan yang sangat tinggi. Teknik menangkap bola dilakukan dengan meletakkan tangan di depan dada.

c. Menangkap Bola dari Arah Bawah

Menangkap bola yang menyusur tanah biasanya sering terjadi ketika bola adalah hasil operan dari regu penjaga. Akan ada beberapa kali kesempatan dimana regu penjaga akan memberikan umpan bola dengan model menyusuri tanah.

4. Berlari

Berlari

Teknik dasar permainan kasti terakhir yang perlu dikuasai yaitu berlari. Teknik tersebut bermanfaat untuk membuat tim pemukul dapat menghindari lemparan bola dari tim penjaga. Kamu bisa sering melakukan latihan lari cepat dengan didampingi pelatih profesional.

Selain bermanfaat bagi tim pemukul, teknik lari juga dibutuhkan oleh tim penjaga dalam mengejar arah datangnya bola. Semakin cepat tim penjaga berlari mendapatkan bola, maka akan semakin mudah untuk melemparkan bola kepada tim lawan.

Akhir Kata

Teknik dasar permainan kasti yang perlu dikuasai oleh para pemain yaitu teknik melempar bola, teknik memukul bola, dan teknik menangkap bola. Selain ketiga teknik dasar tersebut, para pemain juga dituntut untuk bisa berlari dan aktif bergerak untuk mencapai kemenangan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply