You are currently viewing Cara Berenang

Cara Berenang

Olahraganesia.id – Olahraga air seperti berenang memang sangat seru sekali. Apalagi selain seru, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan dari olahraga ini. Sehingga kalau kamu belum bisa berenang, mulailah mempelajari bagaimana cara berenang yang baik dan benar.

Semua pasti bisa berenang asalkan mau belajar bagaimana caranya dan konsisten mempelajarinya. Mengingat banyak sekali orang yang selalu pesimis kalau mereka tidak bisa berenang sama sekali.

Yuk, langsung saja simak cara berenang untuk pemula, berikut ini!

Cara Berenang Bagi Para Pemula

Cara Berenang Bagi Para Pemula

Ada banyak alasan yang mendasari mengapa orang-orang pesimis tidak bisa berenang. Alasan itu seperti mereka takut tenggelam dan yang paling umum tidak bisa gerakan berenang. Padahal kalau untuk gerakan ini, kamu bisa pelajari dulu satu per satu.

Kemudian coba mempraktikkannya secara langsung agar bisa lebih mendalami setiap gerakan. Ada banyak tahapan yang bisa kamu lakukan kalau memang sangat ingin belajar berenang mulai dari 0.

Berikut ini beberapa langkahnya:

1. Menyiapkan Semua Peralatan

Menyiapkan Semua Peralatan Berenang

Sebelum memulai latihan berenang, tahap sebelumnya adalah menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Kamu bisa menggunakan kacamata khusus renang, pelindung rambut, pelampung dan lain-lain. Sesuaikan saja dengan apa yang kamu butuhkan.

Biasanya pelampung bisa kamu pakai jika memang masih berada di tahap paling awal dalam proses belajar berenang. Alat pelampung ini akan membantu kamu lebih mudah bergerak tanpa kesusahan meski sedang tahap belajar renang.

2. Mulai dari Kolam Paling Dangkal

Mulai dari Kolam Paling Dangkal

Tahap pertama jika kamu sangat ingin belajar berenang adalah masuk lebih dulu ke kolam yang paling dangkal. Jangan pernah merasa malu kalau masuk ke kolam dangkal. Karena semua pemula pasti akan memulainya dari yang paling dangkal dulu.

Pastinya orang-orang yang tahu betapa panjangnya perjalanan belajar berenang tidak akan memandang kamu rendah. Saat sudah berada di kolam yang dangkal, cobalah untuk belajar mengapung, berjalan, memasukkan badan keseluruhan ke dalam air dan lain-lain.

Kolam dangkal juga cocok untuk menghilangkan ketakutan tenggelam. Ketika sudah terbiasa dengan air, maka ketakutan itu akan bisa hilang. Saat sudah mulai terbiasa, cobalah untuk bergeser ke kolam yang lebih dalam lagi.

Biasanya dalam satu kolam renang, sisi ujung memiliki kedalaman paling rendah dan semakin ke sisi tengah, maka semakin dalam.

3. Mengatasi Ketakutan Air dengan Merendam Kepala

Mengatasi Ketakutan Air dengan Merendam Kepala

Langkah berikutnya dalam cara berenang utamanya untuk mengatasi ketakutan air bisa dilakukan dengan merendam kepala. Saat di kolam yang dangkal, rendamlah kepala kamu ke air beberapa detik sambil belajar menahan nafas.

Sebelumnya tarik nafas yang dalam kemudian peganglah sisi pinggir kolam dan masukkan semua badan ke air termasuk kepala. Tahan beberapa saat dan mulailah mengenali air dan tanamkan bahwa semuanya baik-baik saja, tidak ada yang menakutkan.

Saat nafas sudah tidak kuat, bisa angkat badan ke atas permukaan air lagi. Ulangi saja cara ini sampai kamu tidak takut air atau pun takut tenggelam.

4. Belajar Mengapung

Belajar Mengapung

Cara belajar olahraga renang yang lainnya adalah latihan mengapung. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana bisa tubuh tetap mengapung di air. Padahal saat berada di dalam air biasanya tubuh otomatis akan turun seperti batu.

Kamu perlu latihan rutin agar bisa tetap menjaga tubuh mengapung ketika ada di air. Latihannya bisa ke sisi pinggir kolam dengan tangan yang berpegangan. Kemudian tarik nafas dan angkat kaki kamu dari dasar kolam agar badan turun dan masuk ke dalam air.

Jagalah diri kamu agar tetap santai rileks dan tidak panik. Otomatis tubuh akan bisa mengapung. Cobalah terus menerus sampai bisa mengapung. Kalau sudah bisa, cobalah dengan macam macam gaya renang yang lain seperti mengapung dalam kondisi terlentang atau pun tengkurap.

5. Latihan Renang dengan Pelampung

Latihan Renang dengan Pelampung

Siapa bilang kalau latihan olahraga renang itu tidak ada alatnya? Kamu bisa memanfaatkan pelampung sebagai alat untuk mempermudah latihan renang.

Jangan pernah malu menggunakan pelampung karena alat ini sangat memudahkan mempelajari teknik dan gerakan renang. Biasanya pelampung yang cocok digunakan adalah yang berbentuk papan.

Jadi pelampungnya akan dipegang dan digunakan sebagai penopang tubuh agar tidak tenggelam. Sementara itu kaki mulai terus bergerak dan mempelajari bagaimana teknik yang benar. Cara ini sangat efektif sekali bagi para pemula.

Karena dengan pelampung, kamu bisa mempelajari teknik dasar renang bagi pemula dengan cepat.

6. Mulai Gunakan Tangan untuk Mengayuh

Setelah dirasa mampu menggerakkan kaki dengan baik dan benar serta bisa memberikan dorongan tubuh, maka berikutnya melepaskan pelampung.

Tapi sebelumnya, mungkin kamu bisa tetap menggunakan pelampung tapi satu tangan aktif bergerak sesuai cara berenang yang benar. Sehingga proses belajar berenang benar-benar dilakukan secara bertahap.

Jadi satu tangan memegang pelampung dan satu lainnya mengayuh seperti berenang pada umumnya. Lakukan hal ini sampai benar-benar yakin bisa berenang tanpa pelampung.

Jika sudah yakin, taruh pelampung pada tempatnya dan mulailah berenang dengan menggunakan tangan sebagai pengayuh utamanya. Bisa memulai langkah ini di kolam renang yang tidak terlalu dalam.

Gerakkan kaki sesuai yang sudah kamu pelajari dan mulai gerakkan tangan dengan teknik-teknik tertentu. Usahakan bisa menyelesaikan satu lintasan. Tujuannya agar kamu bisa terbiasa berenang dalam jarak tempuh yang cukup jauh.

Namun jika masih sangat berat, kamu bisa menggunakan tempo tertentu agar tidak kelelahan. Misalnya kamu bisa bergerak berenang selama tempo 5 kali gerakan kayuhan tangan. Jadi setelah 5 kali kayuhan, kamu berhenti dulu mengambil nafas dan kembali rileks.

Sebab biasanya para pemula akan sangat panik ketika langsung bergerak satu lintasan. Jika sudah mulai bisa mengatur kepanikan, cobalah menyelesaikan satu lintasan.

7. Pelajari Teknik Dasar Renang

Setelah dirasa bisa mengalahkan ketakutan terhadap air, bisa mengapung dan lain-lain, sekarang cobalah mempelajari bagaimana teknik gaya renang yang mendasar. Ada banyak sekali gaya renang yang bisa kamu pelajari dan menarik untuk dipraktikkan.

Kamu bisa mencoba dari yang paling mudah seperti gaya bebas dan gaya dada. Kemudian setelah cukup mahir dan percaya diri, cobalah mempelajari gaya punggung dan gaya lain yang cukup sulit. Namun usahakan mempelajarinya satu per satu sampai mahir.

Pastikan kamu bisa bergerak dengan cukup cepat dan tidak ada kesalahan dalam menggerakkan tubuh selama menggunakan gaya tertentu. Gaya bebas dikenal bisa memberikan dorongan yang kuat ke tubuh. Sehingga gerakannya bisa jauh lebih cepat.

Gaya lain yang juga cukup cepat adalah gaya kupu-kupu. Namun biasanya kamu akan sangat cepat lelah. Mengingat gerakan tangan dan kakinya sangat intens sekali dan cepat. Sementara itu gaya yang terkenal santai dan rileks adalah gaya punggung.

Namun kamu harus pandai-pandai menjaga keseimbangan agar tubuh tetap mengapung dalam kondisi terlentang mengarah ke atas. Pertama kamu bisa mempelajari gaya bebas dulu atau renang gaya dada. Kemudian berlanjut ke gaya lainnya.


Baca Juga: Induk Organisasi Renang


Akhir Kata

Banyak langkah yang harus kamu lakukan jika ingin belajar dan tahu cara berenang yang baik dan benar. Jangan pernah merasa malu jika masih dalam proses belajar. Karena rasa malu itu justru akan membuat kamu tidak bisa berkembang. Jadi tetaplah belajar dan menghiraukan semua ketakutan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply