You are currently viewing Macam Macam Olahraga Air

Macam Macam Olahraga Air

Olahraganesia.id – Berolahraga tak hanya bisa dilakukan di lapangan terbuka saja. Kamu juga bisa melakukan berbagai macam olahraga air dari dalam perairan. Jika selama ini kamu hanya mengenal renang sebagai salah satu olahraga air, saatnya ketahui macam-macam olahraga air berikut ini.

Memangnya, apa saja olahraga air selain berenang? Tentu banyak sekali. Mulai dari polo air, snorkeling, arum jeram, ski air, kano, hingga selancar dan bermain dayung. Sebelum memahaminya satu per satu, simak pengertian olahraga air terlebih dahulu.

Pengertian Olahraga Air

Sesuai namanya, olahraga air adalah jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dari dalam air. Mulai dari kolam, sungai, laut, atau perairan lainnya. Macam-macam olahraga air beragam. Ada yang bisa kamu lakukan sendiri. Ada pula yang dilakukan berpasangan maupun berkelompok.

Olahraga air bermanfaat meningkatkan stamina dan menguatkan otot-otot tubuh, terutama karena air bertindak sebagai penahan alami. Olahraga ini juga berguna untuk menguatkan tulang dan menjaga kesehatan mental. Karena olahraga mampu mengurangi stress dan memperbaiki mood.

Macam Macam Olahraga Air

Setelah mengetahui pengertiannya, sekarang langsung simak macam-macam olahraga air yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang berikut ini.

1. Renang / Berenang

Renang

Renang adalah menggerakkan anggota tubuh dari dalam air. Tujuannya agar tubuh kita bisa berpindah saat berada dalam air. Selain mengutamakan gerakan kaki dan tangan yang lincah, renang juga memerlukan teknik pernafasan yang baik saat berada di dalam air.

Renang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari melatih pernafasan, memperkuat otot-otot tubuh, hingga menyehatkan jantung. Renang juga bisa membantu kita meningkatkan tinggi badan, menurunkan berat badan, dan menghilangkan stress.

2. Polo Air

Polo Air

Polo air termasuk olahraga air dengan cara bermain berkelompok. Olahraga ini merupakan perpaduan renang, sepak bola, hingga gulat. Bahkan, beberapa teknik bermainnya juga hampir sama dengan olahraga basket.

Cara permainannya sendiri hampir sama dengan sepak bola. Setiap tim saling berebut memasukkan bola ke gawang lawan dan jika berhasil akan mendapatkan poin. Olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh, memperkuat otot, dan melatih kerjasama tim.

3. Renang Indah / Synchronized Swimming

Renang Indah

Yang membedakaan renang indah dengan olahraga renang biasa terletak dari segi artistiknya. Selain mengutamakan kelincahan dan teknik pernafasan dalam air, renang indah memerlukan kelenturan dan keluwesan saat bergerak dalam air. Sehingga terlihat artistik bagai pertunjukan seni.

Renang indah juga memadukan antara olahraga renang dan tari. Sehingga penilaian olahraga ini tidak hanya dari segi olahraganya saja, tapi juga dari segi seni.

4. Snorkeling

Snorkeling

Snorkeling merupakan olahraga selam yang mengharuskan pemainnya bisa berenang dalam air. Agar bisa bertahan lama selama bergerak di dalam air, pemain snorkeling menggunakan beberapa peralatan khusus, seperti masker, snorkel, dan baju selam agar terlindungi dari batu karang.

Olahraga ini sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan berenang, teknik pernafasan, dan tentunya bagus untuk memperkuat otot-otot tubuh. Kamu juga bisa mendapatkan bonus pemandangan bawah laut nan cantik ketika snorkeling di perairan yang bersih.

5. Arum Jeram

Arum Jeram

Arung jeram merupakan olahraga memainkan perahu karet melewati sungai berbatu. Olahraga ini termasuk cukup ekstrim, terutama ketika melintasi arus sungai yang lumayan besar dengan bebatuan yang tak beraturan.

Meski begitu, arung jeram memiliki banyak manfaat. Selain melatih kemampuan mendayung dan kerjasama tim, olahraga ini efektif sebagai sarana rekreasi dan memperbaiki mood.

6. Ski Air

Ski Air

Ski air yaitu olahraga melintasi perairan dengan berdiri diatas sebuah papan yang ditarik menggunakan perahu. Biasanya para pemula menggunakan turbin sebagai pengganti papan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Ski air bermanfaat untuk melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh, serta menyehatkan jantung. Kamu juga bisa mengurangi tingkat stress dan memperbaiki mood yang buruk.

7. Kano

Kano

Kano adalah jenis perahu kecil yang memiliki ujung lancip. Perahu ini bisa bergerak dengan cara mengayuh atau mendayungnya. Aktivitas mendayung inilah yang menjadi poin olahraga dalam permainan kano.

Dengan menggerakkan dayung, kamu bisa melatih otot-otot tubuh, meningkatkan konsentrasi, dan tentunya mengurangi stress. Apalagi jika memainkannya secara bersama-sama dengan beberapa orang, pasti terasa lebih seru dan menyenangkan.

8. Surfing / Selancar

Surfing

Satu lagi olahraga air yang cukup ekstrim, yaitu selancar. Kamu harus berdiri di atas papan selancar dan bermanuver di atas ombak laut, lalu menggerakkannya sesuai keinginan. Olahraga ini efektif untuk melatih keseimbangan tubuh dan memacu adrenalin.

9. Selam Bebas

Selam Bebas

Selam bebas merupakan olahraga selam tanpa menggunakan alat selam apapun. Sehingga beresiko lebih besar dan cukup ekstrim. Lamanya waktu selam ini sendiri tergantung dari kemampuan penyelam dalam menahan nafas dalam air.

Selam bebas bisa membantumu meningkatkan kemampuan berenang dan melatih teknik pernafasan dalam air. Olahraga ini juga bisa melatih kelincahan dan fleksibilitas tubuh.

10. Selam Scuba

Selam Scuba

Selam scuba merupakan kebalikan dari selam bebas. Karena dalam selam scuba, pemain menggunakan peralatan selam secara lengkap. Mulai dari baju selam, tabung oksigen, hingga alat penerangan. Sehingga lebih aman, terutama untuk pemula yang baru pertama kali menyelam.

11. Memancing

Memancing

Memancing juga termasuk olahraga dalam air, lo. Setelah menunggu ikan terperangkap dalam jala atau umpan, maka pemancing harus menarik hasil tangkapannya tersebut sekuat tenaga. Di sinilah para pemancing bisa melatih kekuatan otot dan konsentrasi tinggi.

12. Kayak

Kayak

Hampir sama dengan kano, namun kayak adalah jenis perahu yang memiliki dek tertutup. Cara menjalankannya yaitu dengan mendayung kayak sekuat tenaga. Selain melatih kekuatan otot, olahraga ini juga efektif untuk melatih konsentrasi dan strategi mendayung yang tepat.

13. Dayung

Dayung

Mendayung adalah kegiatan menggerakkan perahu menggunakan dayung. Jenis olahraga ini termasuk latihan kardio yang efektif untuk melatih kekuatan otot-otot tubuh bagian atas maupun bawah. Kamu juga bisa melatih konsentrasi dan strategi, apalagi jika melakukannya bersama tim.

14. Parasailing

Parasailing

Parasailing atau populer dengan istilah paralayar adalah olahraga yang memungkinkan seseorang melayang di udara dengan memakai parasut. Parasut itu sendiri ditarik oleh kapal yang melaju dengan kecepatan tertentu. Sehingga bisa terangkat ke udara.

Selain sebagai sarana rekreasi, parasailing juga termasuk olahraga ekstrem yang menantang adrenalin. Kamu pun bisa meningkatkan kesehatan jantung dan memperbaiki mood.

15. Boating

Boating

Boating adalah kegiatan menjelajahi perairan menggunakan perahu. Baik itu perahu dengan tenaga penggerak dari mesin maupun manusia. Misalnya saja, jenis perahu paddle sport seperti kano atau kayak. Atau perahu aiig biat, seperti day sailers dan cruising sailboats.

Olahraga menggerakkan perahu ini memerlukan biaya yang tak sedikit, namun bermanfaat banyak untuk kesehatan. Mulai dari melatih kekuatan otot, keseimbangan tubuh, serta membakar lemak. Kamu juga bisa berlatih meningkatkan kerjasama tim dan mengurangi stress.

Akhir Kata

Macam-macam olahraga air sangatlah beragam. Masing-masing memiliki teknik, cara permainan, dan tempat olahraga yang berbeda-beda. Manfaatnya juga beragam. Tapi umumnya berguna untuk meningkatkan stamina, menguatkan otot-otot tubuh, dan memperbaiki mood.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply