Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Perlengkapan Bulu Tangkis

3 min read

Perlengkapan Bulu Tangkis

Olahraganesia.id – Bermain bulu tangkis tidak akan maksimal tanpa didukung perlengkapan bulu tangkis yang memadai. Bahkan jika kamu bertanding di tingkat RT pun, kamu tetap membutuhkan perlengkapan yang tepat agar bisa bermain bagus dan memenangkan pertandingan.

Jika kamu adalah seorang pemain bulu tangkis, maka sudah pasti membutuhkan beberapa perlengkapan penting yang wajib ada untuk menampilkan permainan yang terbaik di lapangan.

Lalu apa saja perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk bermain bulu tangkis? Silahkan simak ulasannya berikut.

Perlengkapan Bulu Tangkis beserta Keterangannya

Perlengkapan olahraga bulu tangkis merupakan salah satu syarat yang harus ada untuk bisa melakukan olahraga tersebut secara maksimal.

Meskipun pertandingannya hanya berskala antar kampung, namun perlengkapan yang memadai tetap penting untuk dipersiapkan.

1. Lapangan

Lapangan Bulu Tangkis

Untuk melakukan olahraga bulu tangkis dibutuhkan ruangan atau lapangan yang luas dengan ukuran yang sudah sesuai standar, yaitu panjang 13,40 meter dan lebar 6,10 meter.

Dengan ruangan yang luas tersebut maka permainan bulu tangkis bisa dilakukan secara maksimal.

2. Net

Net Bulu Tangkis

Memang banyak diantara masyarakat yang memanfaatkan ruang kosong untuk lapangan bulu tangkis dan hanya mengandalkan batas tertentu sebagai net-nya. Untuk permainan yang lebih profesional tentu kamu juga membutuhkan net sebagai salah satu perlengkapan bulu tangkis.

Fungsi utama net adalah sebagai pembatas lapangan dengan bentuk menyerupai jaring. Net sendiri berada di tengah lapangan dan membagi dua area lapangan sama persis. Untuk standar ukuran net, biasanya adalah sekitar 155 cm.

Jika kamu menggunakan net sesuai standar maka permainanmu akan semakin menantang, karena laju kok tidak boleh sembarangan dan harus melewati bagian atas net.

3. Shuttlecock

Shuttlecock

Melakukan olahraga bulu tangkis tanpa adanya shuttlecock atau kok ibarat makan sayur tanpa garam. Ya, karena kok memiliki peran yang sangat penting dalam olahraga bulu tangkis. Kok sendiri harus memiliki ukuran standar sesuai rekomendasi BWF dengan berat sekitar 5,7 gr.

Kok memiliki bentuk yang unik dengan ciri khas bulu angsanya yang tertata rapi. Sementara pada bagian bawah terdapat sebuah gabus dengan lapisan kulit yang berfungsi untuk menancapkan bulu angsa tersebut.

Pada kok ini ada sekitar 14-16 bulu angsa yang ditancapkan dan kemudian diikat menggunakan dua tali secara melingkar. Panjang kok umumnya adalah 8,8 cm dengan rincian 2,3 cm panjang kepala kok dan 6,5 cm panjang dari ujung kepala kok hingga ujung bulu.

4. Raket

Raket Bulu Tangkis

Seperti halnya kok, raket juga memiliki peran yang sangat penting dalam permainan bulu tangkis, tanpa raket permainan bulu tangkis tidak akan bisa dilakukan. Untuk saat ini tersedia banyak jenis raket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Raket bulu tangkis ada yang terbuat dari bahan alumunium dan ada juga yang terbuat dari bahan grafit serta karbon. Harga raket juga cukup bervariasi tergantung dari bahan yang digunakan untuk pembuatannya.

Ada raket yang dijual dengan harga terjangkau namun banyak pula yang dijual dengan harga cukup mahal. Semua itu tergantung dari kualitas raket, bahan yang digunakan dan tentu saja merk raket itu sendiri.

Kualitas raket juga tidak terlepas dari penggunaan senar pada raket tersebut yang berfungsi untuk memantulkan kok. Raket dengan senar yang bagus dan kuat tentu tidak akan mudah putus. Dengan kekencangan senar yang sempurna maka hasil pantulannya pun akan melaju lebih cepat.

5. Dekker

Dekker

Saat melakukan olahraga kamu juga membutuhkan alat pelindung atau dekker, termasuk untuk jenis olah raga bulu tangkis. Dekker sendiri berfungsi sebagai alat untuk melindungi diri dari kemungkinan resiko cedera.

Untuk dekker ini ada yang bentuknya seperti gelang dan berfungsi untuk melindungi persendian tangan. Ada pula yang dipasang pada bagian lutut sebagai upaya untuk mencegah terjadinya cedera pada lutut saat berolahraga.

6. Sepatu

Sepatu Bulu Tangkis

Jika kamu ingin bermain bulu tangkis dengan gerakan yang lincah, maka penting untuk mengenakan sepatu khusus bulu tangkis dengan fitur anti selipnya yang sangat bermanfaat. Tahu sendiri kan bagaimana pergerakan tubuh saat bermain bulu tangkis, harus lincah.

Perlengkapan bulu tangkis ini sangat penting karena bisa sangat berpengaruh pada pergerakanmu. Terkadang posisi tubuh harus siap siaga, melakukan pergerakan ke kanan atau ke kiri demi mencegah lawan mencetak poin, hingga melompat untuk melakukan smash terbaik.

Jadi jangan sampai salah dalam memilih sepatu agar tidak menghambat pergerakanmu di lapangan. Gunakan sepatu bulu tangkis yang tepat dan sesuai ukuranmu agar gerakanmu semakin lincah dan tak terkalahkan.

7. Kaos Kaki

Kaos Kaki

Penggunaan sepatu untuk olahraga bulu tangkis tentu tidak akan nyaman jika tidak menggunakan kaos kaki di dalamnya. Untuk pergerakan yang nyaman dan optimal, kamu bisa memilih kaos kaki yang bahannya bisa menyerap keringat dengan baik.

Dengan menggunakan kaos kaki ini selain pergerakan jadi lebih nyaman, kaki juga akan terhindar dari resiko lecet akibat banyaknya pergerakan yang harus dilakukan selama bermain bulu tangkis.

8. Kostum Olahraga

Baju Olahraga

Perlengkapan lainnya yang tidak kalah penting untuk olahraga bulu tangkis adalah kostum olahraga yang tepat. Kamu bisa menggunakan kaos atau pakaian yang memang dirancang khusus untuk keperluan olahraga, khususnya bulu tangkis.

Pastikan bahan yang digunakan lentur dan mampu menyerap keringat dengan baik. Demikian juga dengan celana olahraga yang dikenakan. Selain nyaman, pastikan ukurannya tidak sesak di pinggang dan panjangnya sesuai standar agar memudahkan pergerakan di lapangan.

Selain itu banyak juga pemain bulu tangkis yang menggunakan aksesoris tertentu seperti bandana di kepala yang bertujuan untuk menyingkirkan rambut di kening karena dianggap mengganggu konsentrasi selama jalannya pertandingan.

9. Handuk

Handuk

Pergerakan yang dilakukan dalam olahraga bulu tangkis memang sangat dinamis dengan berbagai macam gerakan spontan di dalamnya. Nah, hal ini tentu saja akan membuat produksi keringat semakin bertambah sehingga kamu membutuhkan handuk untuk membersihkannya.

Sebagai langkah antisipasi dari permainan bulu tangkis yang tengah dilakukan, maka ada baiknya kamu menyiapkan handuk lebih dari satu. Dengan begitu jika handuk yang satu sudah basah oleh keringat masih ada stok handuk bersih lainnya yang bisa digunakan.

10. Tas Sporty

Tas Sporty

Jika semua perlengkapanmu pribadimu sudah siap untuk menunjang aktivitas olahragamu di lapangan bulu tangkis, maka kamu memerlukan tas sporty sebagai wadah untuk membawa perlengkapan tersebut. Tidak mungkin kan, kalau kamu membawanya dengan kantong plastik?

Kamu bisa memilih tas olahraga yang sesuai sebagai tempat untuk menyimpan dan membawa perlengkapan bulu tangkis-mu tersebut. Dengan tas yang tepat maka kamu pun akan siap untuk menjalani latihan atau pertandingan bulu tangkis dengan penuh percaya diri.

Akhir Kata

Setiap jenis olahraga memerlukan perlengkapan khusus yang akan menunjang aktivitas olahraga yang akan dilakukan. Seperti halnya bulu tangkis yang membutuhkan perlengkapan khusus dengan berbagai macam item di dalamnya.

Secara pribadi, seorang pemain bulu tangkis membutuhkan perlengkapan bulu tangkis yang terdiri dari raket, kostum olahraga, sepatu bulu tangkis, kaos kaki, handuk, dekker hingga tas sporty yang berguna untuk membawa perlengkapan tersebut. Jadi sudah siapkah kamu untuk bermain bulu tangkis hari ini?

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *