You are currently viewing Renang Gaya Punggung

Renang Gaya Punggung

Olahraganesia.id – Saat kamu melihat orang berenang dengan gaya punggung, mungkin terlihat sangat asyik dan seru. Namun banyak juga yang mengeluh kalau renang gaya punggung sangat sulit dilakukan. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari bagaimana teknik renang gaya ini bagi pemula.

Sehingga kalau sudah paham tekniknya, kamu bisa mencobanya dengan arahan yang benar. Gerakan yang benar akan membantu keberhasilan renang dengan gaya punggung. Mengingat banyak yang masih asal-asalan ketika mencoba renang dengan gaya ini.

Yuk, langsung saja simak pembahasan lengkap mengenai renang gaya punggung, di bawah ini.

Teknik Renang Gaya Punggung untuk Pemula

Teknik Renang Gaya Punggung

Banyak yang menilai kalau renang gaya punggung itu susah dan sulit dipraktekkan. Tapi saat melihat orang berenang dengan gaya ini, mungkin kamu sangat ingin mencobanya. Perlu diperhatikan agar kamu mempelajari dulu bagaimana tekniknya.

Sehingga saat di kolam renang bisa mencoba mempraktekkannya dengan gerakan-gerakan yang benar. Sebab banyak orang yang mencoba renang dengan gaya punggung tapi semua teknik gerakannya salah dan hanya asal-asalan.

1. Badan dan Kepala

Posisi badan dan juga kepala merupakan hal yang sangat vital dalam melakukan renang gaya ini. Kalau tidak tahu penempatan badan dan kepala, bisa dipastikan gaya punggung yang kamu lakukan akan gagal.

Walaupun kalau kamu melihat orang lain tampaknya sangat santai sekali. Padahal posisi badan kamu harus terus dalam posisi yang lurus dengan ritme anggota tubuh lain yang teratur. Untuk lebih jelasnya berikut panduannya:

  • Pertama pastinya kamu harus memposisikan badan agar bisa terus sejajar dengan permukaan air dan lurus menghadap ke atas atau terlentang.
  • Namun pada bagian pinggul biasanya diturunkan sedikit agar posisi kaki bisa tetap berada di bawah air sebagai pendorong utama. Pastikan posisi turun ini tidak terlalu banyak. Karena kalau terlalu turun justru membuat gaya punggung sangat sulit dilakukan.
  • Kepala dalam keadaan diam dan leher juga dibuat sesantai mungkin. Biasanya posisinya mengarah ke atas dengan telinga yang berada di dalam atau di permukaan air. Upayakan juga pandangan tetap ke arah atas agar keseimbangan bisa dijaga.

Baca Juga: Renang Gaya Dada


2. Lengan dan Tangan

Kalau kamu perhatikan, renang gaya bebas ini memiliki gerakan tangan dan lengan yang hampir sama dengan gaya bebas. Perbedaannya hanya pada posisi badannya dan arah kayuhan. Untuk cara menggerakkannya masih sama persis.

Biasanya, kalau diperhatikan gerakan tangan dan lengannya layaknya putaran pada kincir air yang bergantian dengan teratur. Agar lebih jelas, perhatikan panduannya berikut ini:

  • Pertama bisa posisikan pada salah satu lengan agar berada di atas permukaan air. Telapak tangannya ke arah bawah dan tangan sejajar dengan bahu.
  • Untuk menggerakkannya, putar lengan tersebut ke arah belakang sampai melewati kepala. Biasanya saat masuk ke permukaan air, maka yang didahulukan adalah jari kelingking. Tujuannya agar bisa masuk dengan mudah dan kemudian mengayuhnya.
  • Agar proses mengayuh lebih mudah, bisa sedikit memiringkan badan ke arah lengan tangan yang digerakkan tadi.
  • Ketika tangan sudah ada di dalam air, bisa ditekuk sampai 90 derajat dan doronglah menuju ke pinggul.
  • Saat sudah mencapai pinggul, bisa luruskan kembali dan keluarkan dari dalam air dengan mendahulukan ibu jari serta telapak tangan yang mengarah ke badan. Pada kondisi ini, tangan yang lain mulai digerakkan ke arah belakang seperti tadi.
  • Sampai posisi ini maka keadaan lengan tangan pertama akan seperti semula. Ulangi saja gerakannya dengan ritme yang teratur antara kanan dan kiri.

3. Posisi Kaki

Bagian kunci dari renang dengan gaya punggung ini adalah gerakan pada kaki. Kalau kamu tidak menggerakkan kaki dengan benar, maka keseimbangan akan hilang dan akhirnya gagal.

Secara umum kamu bisa menggerakkan kaki layaknya ketika renang dengan gaya bebas. Sebutan untuk gerakan kaki ini adalah tendangan flutter dimana pangkal yang digerakkan yaitu pinggul.

Karena kalau kamu menggerakkan kaki dengan pangkal lutut, maka akan kesulitan sekali dan bisa memicu cedera otot. Berikut panduan lengkapnya:

  • Pertama posisi kaki kamu harus lurus dengan jarak keduanya yang tidak begitu jauh. Gerakkan kedua kaki secara bergantian menendang ke atas dan ke bawah. Ingat, selalu gunakan pinggul sebagai pangkal penggerak kaki.
  • Kemudian pada pergelangan kaki juga harus terus rileks dan biasanya lutut akan sedikit ditekuk agar bisa lebih mudah bergerak.
  • Untuk bisa mendapatkan kecepatan maksimal, tendang kaki dengan kekuatan penuh ke atas dan ke bawah. Atur juga ritmenya agar stabil dan nyaman.

4. Cara Pernafasan

Cara pernafasan mungkin menjadi teknik renang gaya punggung yang paling mudah dipahami dan dipraktikkan. Karena cara bernafas ketika renang dengan gaya ini sangat mudah dilakukan dibandingkan gaya renang lainnya.

Posisi badan yang terlentang bersama dengan kepala membuat aliran udara lebih mudah masuk dan keluar ke hidung. Oleh karena itu usahakan agar posisi kepala selalu berada di atas permukaan air dan jangan sampai tenggelam terlalu dalam.

Meski mudah, ada teknik khusus agar cara pernafasan yang kamu lakukan lebih maksimal. Lakukan siklus pernapasan setiap kali lengan bergerak melewati telinga. Jadi misal saat tangan kanan lewat telinga, maka tarik nafas.

Kemudian saat tangan kiri mulai lewat telinga bisa buang nafas. Lakukan saja cara ini secara teratur agar kamu tidak kehabisan nafas ketika sedang renang dengan gaya punggung.


Baca Juga: Renang Gaya Kupu Kupu


Manfaat Renang Gaya Punggung

Pastinya kamu sudah pernah membaca kalau setiap gaya renang itu akan memberikan dampak positif bagi anggota tubuh tertentu. Hal tersebut juga bisa kamu temukan saat melakukan renang dengan gaya punggung ini.

Ada manfaat kesehatan yang diterima tubuh dengan sangat baik saat melakukan gaya punggung yang baik dan benar. Renang dengan gaya punggung akan membantu menguatkan otot yang berada di sekitar punggung.

Karena punggung menjadi pusat gerakan, sehingga otot disekitarnya otomatis akan aktif bekerja. Selain itu juga banyak yang menilai renang dengan gaya ini akan bisa membantu menyembuhkan sakit punggung yang cukup mengganggu.

Selain manfaat untuk kesehatan bagian punggung, pastinya kamu juga akan tetap menerima manfaat kesehatan secara keseluruhan untuk tubuh. Berenang dikenal merupakan olahraga yang menguras banyak sekali tenaga dan lebih aktif menggerakkan semua anggota tubuh.

Mungkin kamu juga sudah pernah merasa sangat lapar setelah berenang beberapa jam. Hal itu terjadi karena kalori yang ada di dalam tubuh diganti dengan tenaga yang kamu keluarkan selama berenang.

Sehingga olahraga ini sangat cocok untuk membantu menurunkan berat badan. Tapi selalu ingat agar menjaga pola makan sehingga tidak kelebihan kalori lagi. Renang dengan gaya punggung juga bisa membantu membakar kalori yang besar.

Karena gerakan tangannya cukup aktif dan pastinya menguras banyak tenaga. Selain itu gaya punggung juga dinilai lebih seru dan asyik dilakukan. Sebab bisa tetap santai melihat ke atas dan tidak tergesa-gesa mengambil nafas.


Baca Juga: Renang Gaya Anjing


Akhir Kata

Praktikkan setiap teknik gerakan renang gaya punggung di atas dengan benar. Kalau ada gerakan yang salah, maka gaya punggung yang kamu lakukan bisa gagal.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply