You are currently viewing Pengertian Bulu Tangkis

Pengertian Bulu Tangkis

Olahraganesia.id – Ada banyak jenis olahraga yang sering dimainkan salah satunya adalah bulu tangkis. Bulu tangkis juga merupakan salah satu olahraga andalan Indonesia karena sering menang di kejuaraan. Ternyata ada banyak tujuan permainan bulu tangkis yang harus kamu ketahui.

Bulu tangkis merupakan olahraga dengan menggunakan kok dan raket dan sudah ada sejak dua ribu tahun yang lalu. Banyak yang mengatakan bahwa bulu tangkis berasal dari Mesir. Tetapi banyak yang mengatakan bahwa berasal dari Tiongkok dan India.

Pengertian Bulu Tangkis

Bulu tangkis pernah dimainkan di Tiongkok tetapi masyarakat di sana menyebutnya sebagai Jianzi dan permainannya tanpa menggunakan raket. Seiring berjalannya waktu di Inggris olahraga ini disebut dengan battledores dan shuttlecocks. Olahraga yang populer di zaman anak-anak pada saat itu.

Kemudian warga Inggris membawa olahraga ini ke Thailand, Tiongkok dan Jepang. Kejuaraan pertama dilakukan oleh Tentara Britania. Pada kegiatan tersebut sudah mulai digunakan jaring untuk bermain dengan lawan. Kemudian banyak yang mengatakan bahwa olahraga tersebut disebut dengan Poona.

Bulu tangkis akhirnya menjadi salah satu permainan populer di dunia khususnya di Asia Tenggara dan Asia Timur. Merupakan olahraga yang menggunakan kok dan raket untuk bermain. Permainannya bisa dimainkan oleh satu orang atau dua orang.

Terdapat lima partai dalam permainan bulu tangkis yaitu ganda campuran, tunggal putra, tunggal putri, ganda putri dan ganda putra. Bentuk lapangan bulu tangkis sendiri berbentuk persegi panjang dengan garis-garis setebal 40 milimeter.


Baca Juga: Rekomendasi Sepatu Bulu Tangkis Terbaik


Pengertian Bulu Tangkis Menurut Para Ahli

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tujuan permainan bulu tangkis penting kiranya untuk mengetahui pengertian berdasarkan ahli.

Secara umum bulu tangkis merupakan sebuah permainan yang menggunakan raket, net dan kok. Salah satu olahraga yang diminati oleh semua orang umur berapapun.

1. Pendapat Herman Subardjah

Herman Subardjah pada tahun 1999 memberikan penjelasan mengenai pengertian bulu tangkis. Menurutnya bulu tangkis merupakan sebuah permainan yang sifatnya individu, bisa satu lawan satu atau dua lawan dua.

2. M.L Johnson

M.L Johnson juga memberikan pendapat mengenai bulu tangkis yang merupakan sebuah olahraga hiburan dan digemari oleh banyak orang. Bulu tangkis merupakan sebuah olahraga yang memiliki banyak manfaat dan bisa membuat orang menjadi sehat.

3. Tony Grace

Tony Grace juga menjelaskan pengertian dari olahraga bulu tangkis. Olahraga yang satu ini dimainkan dengan kok, raket dan net. Memiliki beragam teknik pemukul mulai dari gerakan yang lambat sampai gerakan cepat.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis


Tujuan Permainan Bulu Tangkis

Setelah mengetahui pengertian dari bulu tangkis yaitu sebuah olahraga yang dimainkan oleh satu sampai dua orang. Dulu bulu tangkis disebut dengan Poona karena Poona adalah nama daerah tempat pertama kalinya diadakan kejuaraan bulu tangkis. Ada banyak tujuan permainan bulu tangkis yang harus diketahui.

#1. Mengurangi Resiko Terjadinya Diabetes

Tujuan olahraga bulu tangkis yang pertama adalah mengurangi resiko terjadinya penyakit gula. Orang dengan penyakit gula disarankan untuk melakukan olahraga ini secara rutin. Bermain bulu tangkis selama satu jam dapat mengontrol kadar gula yang ada di dalam tubuh.

#2. Mengontrol Tekanan Darah

Tujuan dari olahraga bulu tangkis yang berikutnya adalah mengontrol tekanan dalam darah. Banyak orang yang ingin mengontrol tekanan darahnya dengan mengonsumsi obat padahal bisa dengan olahraga. Selain mengontrol tekanan darah juga menghilangkan efek dari obat-obatan kamu.

#3. Menguatkan Tulang Kamu

Tujuan dari bulu tangkis yang berikutnya adalah menguatkan tulang. Apabila rajin berolahraga maka akan terhindar dari segala penyakit tulang salah satunya adalah osteoporosis. Tetapi jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi kalsium ya!


Baca Juga: Tinggi Net Bulu Tangkis


Akhir Kata

Ternyata ada banyak sekali tujuan permainan bulu tangkis yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Kamu bisa menjadi sehat dengan rajin bermain bulu tangkis. Jangan lupa juga untuk mengajak keluarga bermain bersama ya!

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply