You are currently viewing Makanan Setelah Olahraga Terbaik untuk Dikonsumsi

Makanan Setelah Olahraga Terbaik untuk Dikonsumsi

Olahraganesia.id – Ketika kamu sedang membuat rencana makan setelah berolahraga, pastikan kamu mempertimbangkan apa yang kamu sukai dan bagus untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi makanan setelah olahraga harus diatur agar apa yang sudah kamu lakukan tidak sia-sia.

Cobalah untuk fokus pada makanan bernutrisi, seimbang, ada kandungan protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Jangan sampai kamu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat.

Lalu, apa saja makanan yang bagus sekali dikonsumsi setelah berolahraga? Simak rekomendasi dari kami di bawah ini.

Rekomendasi Makanan Setelah Olahraga

1. Telur atau Daging Tanpa Lemak

Telur atau Daging Tanpa Lemak

Walau protein adalah makanan yang tidak mengenyangkan sebagai hidangan utama, namun mengkonsumsi protein sangat penting untuk memastikan tubuhmu mengisi kembali energi yang telah dikeluarkan.

Kamu pasti ingin hidangan makanan setelah berolahraga lebih banyak daripada camilan. Jadi pastikan kamu menambahkan telur, daging tanpa lemak, atau protein nabati seperti buncis dan tahu sebagai menu kamu setelah berolahraga.

2. Greek Yogurt

Greek Yogurt

Selanjutnya ada Greek yogurt yang mengandung protein bagus untuk mengembalikan tenaga setelah berolahraga. Greek yogurt bisa diisi dengan kacang, granola, beri, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Greek yogurt mengandung karbohidrat dan protein, yang ideal untuk pemulihan tubuh. Greek yogurt juga menjadi camilan yang mudah dibuat dan tidak mengandung banyak gula.

3. Roti Gandum

Roti Gandum

Mengkonsumsi makanan setelah berolahraga adalah adalah tentang menyeimbangkan rasio protein dan karbohidrat ke dalam tubuh. Ada baiknya jika kamu mengkonsumsi roti gandum utuh agar bisa mengembalikan energi.

Roti gandum menjadi pilihan bagus untuk memulai aktivitas setelah selesai berolahraga. Kombinasikan roti gandum dengan pisang, buah, atau telur rebus untuk melengkapi makanan.

4. Oatmeal

Oatmeal

Kalau hobi berolahraga di malam hari, maka cobalah mengkonsumsi oatmeal. Makanan satu ini  bisa menjadi alternatif makanan yang ideal dalam mengembalikan energi setelah lelah berolahraga. Oatmeal juga bisa membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak.

Selain sebagai sumber karbohidrat kompleks, oatmeal tinggi akan kandungan melatonin yang juga disebut hormon tidur. Oatmeal sendiri mengandung melatonin yang bagus dalam meningkatkan kualitas tidur saat malam hari.

Kamu bisa mencampurkan oatmeal dengan susu, kemudian aduklah sampai sekiranya rata. Baru setelah itu, kamu bisa memasaknya dengan api paling kecil dan tambahkan madu, pisang, atau beri sebagai nutrisi tambahan.

5. Buah-buahan

Buah Buahan

Makanan setelah olahraga yang bagus untuk kamu konsumsi selanjutnya adalah buah-buahan. Adapun beberapa buah yang bisa dipilih adalah kiwi, nanas atau bisa juga beri. Ketiga buah tersebut mengandung vitamin tinggi dan mudah sekali dicerna oleh tubuh.

Tidak hanya itu saja, buah-buahan yang telah disebutkan di atas juga mengandung gula alami. Tentu saja gula alami dalam ketiga buah itu bisa memecah asam amino dan mencegah otot mengalami peradangan.

Kamu juga bisa mengkonsumsi pisang karena ternyata buah ini tidak hanya mengandung karbohidrat saja, tapi juga protein. Mengkonsumsi pisang bisa membuat energimu kembali  dengan sangat cepat. Apalagi jika kamu sukanya berolahraga HIIT dan angkat beban.

Tidak hanya dimakan langsung, kamu juga bisa membuat smoothie buah. Dibuat dengan buah kaya antioksidan dan anti-inflamasi seperti beri, nanas, dan ditambah sayuran hijau bisa sangat bagus untuk pemulihan tenaga.

Smoothie adalah makanan yang memiliki keseimbangan antara karbohidrat dan protein. Smoothie buah merupakan dan makanan yang cukup untuk merasa kenyang. Makanan bernutrisi ini bagus dimakan setelah berolahraga karena bisa mengisi bahan bakar.

Akhir Kata

Telur, buah-buahan, greek yoghurt, oatmeal, dan roti gandum adalah beberapa makanan setelah olahraga yang sangat bagus untuk dikonsumsi. Semuanya bisa mengembalikan tenaga kamu selepas kelelahan berolahraga.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply