You are currently viewing Teknik Pukulan Dropshot Bulu Tangkis 

Teknik Pukulan Dropshot Bulu Tangkis 

Olahraganesia.id – Pada olahraga badminton dikenal dengan istilah dropshot bulu tangkis. Salah satu jenis pukulan pendek yang sering dilakukan saat bermain bulu tangkis. Dalam bulu tangkis dikenal dua jenis pukulan, pertama adalah pukulan panjang dan kedua adalah pukulan pendek.

Dropshot masuk ke dalam pukulan pendek sama dengan netting. Sebagai salah satu jenis pukulan pendek, dropshot adalah pukulan yang harus bisa dilakukan oleh pemain bulu tangkis. Bagi pemula tentu, kamu bisa mulai untuk melatihnya.

Simak uraian selengkapnya mengenai pukulan dropshot di bawah ini.

Apa Itu Dropshot pada Bulu Tangkis?

Pukulan dropshot merupakan sebuah pukulan yang bertujuan untuk membuat kok jatuh dekat dengan garis net. Nama lain dari pukulan dropshot adalah chop hal ini dikarenakan gerakan yang dihasilkan oleh pemain bulu tangkis. Pukulan yang bisa dipraktekan dengan mengecoh lawan agar tidak melakukan pukulan balik.

Biasanya lawan akan terkecoh padahal sudah menyiapkan diri untuk melakukan smash. Dropshot menjadi salah satu andalan pemain bulu tangkis yang ingin membuat lawan tidak fokus sehingga mendapatkan skor. Biasanya kok akan jatuh tepat di dekat net sehingga lawan kesulitan untuk mengembalikannya.

Tri Hadi Karyono dalam bukunya menjelaskan bahwa dropshot adalah salah satu pukulan kejutan. Hal ini dikarenakan dropshot bisa mengecoh lawan sehingga lawan bingung bagaimana caranya untuk mengembalikan kok. Dropshot juga akan membantu kamu untuk mendapatkan skor.

Selain itu pukulan dropshot juga dijadikan sebagai salah satu strategi penyerangan agar mendapatkan poin. Oleh karena itu apabila kamu ingin membuat lawan menjadi terkecoh maka seringlah berlatih pukulan dropshot. Hal yang paling penting adalah ketika melakukan dropshot harus berupa sentuhan halus.


Baca Juga: Perlengkapan Bulu Tangkis


Tujuan Melakukan Pukulan Dropshot

Mungkin kamu bertanya-tanya mengenai apa tujuan dropshot bulu tangkis dan apa saja macam-macamnya.

Berikut pembagian dropshot dalam permainan bulu tangkis yang penting untuk diketahui:

1. Dropshot dari Atas

Jenis pertama dari pukulan dropshot adalah pukulan dari atas. Pukulan dari atas merupakan sebuah pukulan yang tidak dilakukan dengan sekuat tenaga atau memukul kok dengan keras. Akan tetapi tangan kamu seolah-olah sedang berhenti sekejap lalu raket dimiringkan.

Ketika kok mendekati raket, maka yang kamu lakukan bukanlah memukul akan tetapi menahan bola lalu mendorongnya sedikit agar bisa melewati net.

2. Dropshot dari Bawah

Sedangkan untuk jenis pukulan dropshot yang kedua adalah dropshot dari bawah. Pada pukulan ini sama dengan dropshot dari atas yang tidak dilambungkan dengan pelan dan nyaris menyentuh net bulu tangkis. Biasanya kok akan langsung jatuh di dekat net lawan.

Pukulan dropshot memerlukan keterampilan pada gerakan pergelangan tangan serta kamu harus menjaga keseimbangan tubuh. Hasil yang didapat akan lebih efektif apabila kamu juga memadukannya dengan pukulan smash dan lob.

Ketiga pukulan ini apabila dipadukan maka akan membuat lawan kebingungan dan banyak bergerak. Tujuan dari melakukan pukulan dropshot bulu tangkis adalah selain untuk mendapatkan poin, hal ini memaksa lawan agar terus bergerak menghabiskan tenaga.

Tujuan yang lainnya adalah untuk memperdaya gerakan tim lawan karena dropshot sendiri sama seperti pukulan smash dan clear overhead. Akan tetapi perbedaannya adalah kecepatan kamu mengayunkan raket untuk memukul kok.

Ketika kamu akan menyentuh kok maka yang dilakukan adalah dengan memposisikan raket sedikit ke arah bawah atau tegak lurus. Kamu harus menggunakan seluruh tenaga pada bagian pergelangan tangan dan gerakan lengan.

Teknik Dropshot Bulu Tangkis

Teknik Pukulan Dropshot Bulu Tangkis 

Teknik dalam pukulan dropshot pada bulu tangkis juga harus diketahui oleh kamu yang masih pemula. Ada dua teknik yang digunakan untuk dropshot pertama adalah fast dropshot dan kedua adalah slow dropshot. Fast dropshot merupakan pukulan yang menggunakan pukulan halus.

Walaupun tangan digerakkan halus akan tetapi tenaganya tetap kuat agar kok yang meluncur juga tepat. Sedangkan untuk slow dropshot adalah pukulannya juga halus dan bergerak dengan lamban lalu kok akan jatuh di dekat net milik lawan.

Pada dropshot bulu tangkis tentu memiliki beberapa aturan yang harus dipraktekan oleh pemula. Aturan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Memegang raket dengan teknik forehand
  2. Memposisikan badan menyamping ke kanan dan kaki kiri di belakang
  3. Posisi badan harus berada di belakang kok
  4. Tangan diluruskan untuk memukul kok

Baca Juga: Teknik Pukulan Drive Bulu Tangkis


Tips Memperkuat Pukulan Dropshot

Ada juga beberapa tips yang harus kamu lakukan agar pukulan dropshot bisa semakin kuat. Beberapa tips yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Menguatkan Pergelangan Tangan

Pertama adalah kamu harus memperkuat pergelangan tangan jadi kamu harus meletakkan semua kekuatan pada pergelangan tangan. Kamu harus melatih otot pergelangan tangan untuk menghasilkan pukulan yang keras.

2. Melakukan Latihan Scissor Jump

Scissor jump adalah sebuah latihan yang berupa latihan berlari dengan kecepatan. Kaki kanan ada di posisi belakang sedangkan untuk kaki kiri di bagian depan.


Baca Juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis


Akhir Kata

Dropshot bulu tangkis merupakan sebuah pukulan pendek yang gunanya untuk mengecoh lawan. Agar menghasilkan pukulan yang bagus maka kamu perlu banyak latihan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply