You are currently viewing Cara Memegang Raket Bulu Tangkis

Cara Memegang Raket Bulu Tangkis

Olahraganesia.id – Banyak orang yang belum tahu bagaimana cara memegang raket bulu tangkis dengan benar. Khususnya para pemula yang masih belum tahu cara bermain bulu tangkis. Bulu tangkis sendiri merupakan olahraga yang menggunakan raket, kok dan net dalam permainannya.

Ada banyak kejuaraan dalam bulu tangkis seperti Piala Thomas, Piala Uber, Piala Sudirman dan sebagainya. Semua atlet yang mengikuti kejuaraan juga dulunya seorang pemula. Oleh karena itu langkah awal bermain bulu tangkis adalah dengan mengetahui cara menggunakan raket dengan benar.

Teknik Memegang Raket Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Ada 4 teknik memegang raket yang harus diketahui oleh seorang pemula. Pertama adalah Backhand Grip, Combination Grip, Forehand Grip dan America Grip. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

#1. Backhand Grip

Backhand Grip

Teknik pertama dalam memegang raket bulu tangkis bernama backhand grip. Teknik yang satu ini merupakan teknik yang sering digunakan oleh pemain bulu tangkis dari Inggris. Caranya adalah dengan memposisikan ibu jari tegak sejajar dengan pegangan raket.

Backhand grip adalah teknik yang berfokus pada ibu jari kamu. Sedangkan untuk jari telunjuk digerakkan dekat dengan jari tengah lalu kamu bisa mengayunkan raket untuk memukul kok. Backhand grip adalah sebuah teknik yang akan membuat lawan tidak mengetahui arah pukulan kamu.

  • Kelebihannya adalah pukulan yang dihasilkan akan cepat dan keras dan lawan akan kesulitan untuk mengembalikan pukulan.
  • Kelemahannya adalah apabila ada kok yang bergerak ke arah kanan kamu dengan keras maka akan sulit untuk mengembalikan pukulan lawan.

Baca Juga: Manfaat Bermain Bulu Tangkis


#2. Forehand Grip

Forehand Grip

Forehand grip adalah teknik lain yang juga bisa dilakukan oleh pemula adalah forehand grip. Caranya adalah telapak tangan dihadapkan ke bagian depan seperti akan melakukan jabat tangan. Kamu bisa memegangnya dengan tangan kiri atau kanan, sesuai keinginan.

Pegangan pada raket harus berbentuk V antara jari telunjuk dengan ibu jari.

  • Kelebihan menggunakan teknik ini adalah ketika hendak melakukan pukulan kamu tidak perlu memutar raket lagi. Forehand grip adalah teknik yang mudah untuk diaplikasikan.
  • Kelemahannya adalah kamu akan mengalami kesulitan untuk memukul kek yang berada di depan net. Hal ini tentu akan terjadi ketidak seimbangan pada pukulan dan kuran efektif.

Baca Juga: Kejuaraan Bulu Tangkis


#3. Combination Grip

Cara memegang raket yang kedua adalah combination grip. Cara melakukannya adalah dengan memegang raket dalam posisi miring dan jari telunjuk dihadapkan pada ujung raket tepatnya di depan. Jari-jari lainnya ditekuk di bagian bawah raket dengan ibu jari yang menggenggam pada bagian tangkai.

  • Kelebihan menggunakan teknik yang satu ini adalah lebih mudah dalam mengubah tangkai raket dan bisa disesuaikan dengan arah datangnya kok. Pegangan yang satu ini merupakan perpaduan antara forehand dan backhand. Combination grip merupakan teknik yang sering digunakan pemain bulu tangkis.
  • Kelemahannya adalah pukulan yang dihasilkan tidak terlalu keras khususnya apabila kok tidak mengarah ke tubuh kamu. Pegangan pada ibu jari juga lebih mudah bergeser.

#4. America Grip

Teknik memegang raket yang berikutnya adalah menggunakan cara Amerika. Langkah pertama adalah tempelkan jari telunjuk dan ibu jari persis seperti ketika memegang stik drum. Kemudian sejajarkan raket dengan tubuh dan pastikan bahwa ujung raket tampak keluar dari telapak tangan.

  • Kelebihan menggunakan cara memegang raket yang satu ini adalah lebih mudah dalam memukul kok yang datangnya dari arah samping. American grip merupakan teknik yang digunakan untuk menghasilkan pukulan smash.
  • Kelemahannya adalah ketika kamu ingin melakukan pukulan backhand maka lebih sulit mengaplikasikannya. Apalagi jika kamu ingin melakukan pukulan dari net, maka juga lebih sulit.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Bulu Tangkis


Akhir Kata

Keempat  cara memegang raket yang telah disebutkan di atas bisa kamu praktekkan salah satunya. Kamu bisa memilih teknik mana yang sekiranya nyaman untuk digunakan. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply