You are currently viewing Sejarah Bola Basket

Sejarah Bola Basket

Olahraganesia.id – Bola basket merupakan permainan sekaligus olahraga yang banyak diminati masyarakat karena seru dan menyehatkan badan. Meskipun banyak orang yang tahu mengenai permainan bola ini, namun tidak banyak yang tahu sejarah bola basket.

Dalam bermain bola basket juga ada sejumlah peraturan yang wajib ditaati oleh para pemainnya agar permainan dapat berjalan dengan kondusif dan sportif.

Nah, biar kamu makin paham mengenai sejarah dan peraturan dalam permainan bola basket, mari simak ulasan berikut ini.

Sejarah Bola Basket di Dunia

Sejarah Bola Basket di Dunia

Permainan bola basket pertama kali diciptakan pada tahun 1891 oleh seorang siswa pascasarjana sekaligus instruktur dari Springfield College bernama James Naismith yang berasal dari Amerika Serikat.

Pada mulanya, kemunculan olahraga bola basket ini mendapat banyak tantangan. Orang-orang pada saat itu beranggapan bahwa permainan bola satu ini terlalu keras dan tidak cocok dimainkan di dalam ruangan yang tertutup.

Karena alasan inilah, James Naismith kemudian memutuskan untuk membuat dan merancang peraturan dasar permainan bola basket. Setelah disusunnya peraturan dasar permainan, bola basket mulai diajarkan dan dimainkan oleh murid-muridnya.

Pertandingan dan Kompetisi Bola Basket Pertama

Seiring dengan perkembangannya, bola basket untuk pertama kalinya dijadikan sebagai ajang kompetisi pada tanggal 20 Januari 1982. Dari pertandingan tersebut, permainan bola basket akhirnya mulai menyebar ke berbagai wilayah di Amerika Serikat.

Seiring dengan penyebaran bola basket yang sangat pesat, peminat olahraga satu ini juga ikut meningkat. Hal ini yang membuat kompetisi bola basket banyak digelar digelar di berbagai tempat. Bahkan seiring berjalannya waktu, bola basket juga sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Lahirnya NBA (National Basketball Association)

Di Amerika, bola basket menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat populer dan diminati masyarakat dari berbagai kalangan. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya National Basketball Association (NBA) pada tanggal 6 Juni 1946.

NBA sendiri merupakan kompetisi bola basket bergengsi yang sudah dikenal secara luas di dunia dan tercatat sebagai ajang yang sudah melahirkan banyak pemain hebat. Salah satu pemain basket yang namanya sudah mendunia dan terkenal sebagai pemain terbaik yaitu Michael Jordan.

Tidak hanya Michael Jordan saja, NBA juga sudah melahirkan pebasket yang berbakat seperti Kareem Abdul Jabbar, LeBron James, Larry Bird, Kobe Bryant, Stephen Curry, dan lain-lain.


Baca Juga: Jumlah Pemain Bola Basket


Sejarah Bola Basket di Indonesia

Sejarah Bola Basket di Indoensia

Permainan bola basket masuk ke Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang. Salah satu faktor masuknya permainan bola basket ke Indonesia adalah kedatangan imigran asal China pada tahun 1920-an.

Awal Mula Masuknya Permainan Bola Basket

Permainan bola basket pada mulanya hanya dimainkan oleh kaum elit dari etnis Tionghoa. Olahraga yang menggunakan bola dan keranjang atau yang disebut dengan ring ini bahkan menjadi olahraga yang identik dengan etnis tersebut.

Sementara itu, bangsa Indonesia belum memainkannya karena pada saat itu Indonesia masih berada di bawah penjajahan Belanda. Meski bangsa Belanda tidak memberikan larangan bagi pribumi untuk bermain basket, namun pada saat itu memang belum banyak yang memainkannya.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak pemain basket terkenal dari Indonesia yang berasal dari etnis Tionghoa. Karena memang permainan bola basket ini pada mulanya dibawa oleh keturunan Tionghoa yang datang dan akhirnya menetap di Indonesia.

Kompetisi Bola Basket di Indonesia

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangannya, banyak pemain basket berbakat yang bermunculan. Hal ini tentunya tidak lepas dari peranan sekolah Tionghoa yang mewajibkan permainan basket sebagai cabang olahraga yang diajarkan di sekolah-sekolah.

Di Indonesia, bola basket mulai dijadikan sebagai ajang kompetisi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama pada tahun 1948. Namun pada PON I ini masih terbatas pada pemain basket kategori putra saja. Pada PON II (1951), pertandingan basket sudah digelar untuk kategori tim putra dan putri.

Awal Mula Dibentuknya PERBASI

Di tahun yang sama dengan digelarnya PON II yaitu tahun 1951, dibentuklah juga Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau yang dikenal dengan sebutan PERBASI. Lalu, pada tahun 1953, PERBASI diterima dan mulai bergabung sebagai anggota FIBA (International Basketball Federation).

Setahun setelahnya, yaitu pada tahun 1954, Indonesia mulai ikut dalam kompetisi di wilayah Asia yaitu ajang Asian Games yang digelar di Manila, Bangkok.

Sejarah bola basket di Indonesia terus mengalami kemajuan dan perkembangan dengan dicetuskannya liga bola basket NBL (National Basketball League) dan WNBL (Women’s National Basketball League).


Baca Juga: Pengertian Bola Basket


Aturan Permainan Bola Basket

Setelah memahami mengenai sejarah bola basket, kamu juga harus tahu aturan-aturan dalam permainan bola basket. Nah, berikut ini beberapa aturan yang wajib dipatuhi saat bermain bola basket.

    1. Bola dapat dilemparkan ke segala penjuru lapangan menggunakan satu atau dua tangan sekaligus.
    2. Bola dapat dipukul ke segala penjuru lapangan menggunakan sebelah tangan dan tidak diperbolehkan memukul bola dengan posisi tangan meninju.
    3. Pemain dilarang berlari sambil memegang bola, namun harus melakukan dribbling atau lemparan bola ke pemain satu tim.
    4. Pemain diharuskan memegang bola menggunakan telapak tangan bagian dalam atau di antara telapak tangan. Anggota tubuh lain juga tidak diperbolehkan mengenai bola seperti menendang dengan kaki atau menyundul dengan kepala.
    5. Pemain dilarang memukul, mendorong, atau menyeruduk pemain dari tim lawan dalam kondisi apapun. Bila pemain melakukan hal tersebut, maka akan dihitung sebagai kesalahan atau pelanggaran. Bila pemain melakukan 2 kali pelanggaran, maka pemain akan dikeluarkan.
    6. Bila pemain dalam satu tim melakukan 3 kali kesalahan berturut-turut, maka akan dihitung sebagai gol untuk tim lawan sehingga tim lawan akan mendapatkan poin.
    7. Gol dapat terjadi ketika bola dilempar dan masuk ke dalam ring. Jika bola tersangkut atau hanya mengenai pinggiran ring dan tidak masuk ke dalam ring, maka tidak akan mendapatkan poin.
    8. Jika bola tergelincir atau menggelinding ke arah luar lapangan, maka bola boleh dilemparkan kembali ke dalam area lapangan dan pemain diperbolehkan untuk melanjutkan permainan lagi.
    9. Wasit memiliki hak dan wewenang untuk memantau jalannya permainan dan bertugas mendata jumlah pelanggaran yang dilakukan oleh para pemain dari kedua tim.
    10. Wasit pembantu memiliki hak dan wewenang untuk mengambil keputusan apabila bola sudah berada di luar lapangan dan bertugas untuk menghitung waktu pertandingan.
    11. Durasi atau waktu pertandingan bola basket selama 10 menit dengan 4 quarter/babak.
    12. Tim yang dapat mencetak gol atau poin terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang dalam permainan bola basket.

Baca Juga: Teknik Over Head Pass Bola Basket


Akhir Kata

Sejarah bola basket dimulai dari Amerika Serikat yang diprakarsai oleh James Naismith dan terus menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Bola basket juga menjadi permainan sekaligus olahraga yang populer dan dijadikan ajang kompetisi baik nasional maupun internasional.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply