You are currently viewing Overhead Pass Basket 

Overhead Pass Basket 

Olahraganesia.id – Permainan bola basket ada banyak sekali teknik yang harus dikuasai oleh para pemainnya. Salah satu teknik yang harus dikuasai adalah over head pass basket. Teknik ini akan memudahkan seseorang untuk mengoper bola ke tim yang ada di dalam lapangan atau mencetak skor.

Dengan teknik ini lawan juga akan sulit untuk merebut bola karena bola akan berada di udara. Kecuali lawan ikut melompat atau mengejar bola kemungkinan untuk direbut akan kecil. Itulah kenapa Teknik ini harus dikuasai meski tidak semua orang bisa melakukannya secara maksimal.

Pengertian Over Head Pass Basket

Over Head Pass Basket

Overhead pass basket merupakan salah satu teknik yang bisa dilakukan dengan melempar bola di atas kepala. Bola harus dinaikkan hingga di atas kepala lalu dilempar dengan menggunakan dua tangan ke arah dari tim atau bisa juga langsung untuk mencetak skor.

Teknik ini sebenarnya cukup rumit untuk dilakukan meski banyak orang menganggapnya mudah. Tetapi mereka harus memperhitungkan bagaimana gerak dari bola di udara termasuk kekuatan dari tekanan yang diberikan agar bola bisa meluncur dengan sempurna.

Apabila tidak dilakukan dengan sempurna maka bola tidak akan bisa meluncur dengan baik. Bahkan ketinggiannya bisa langsung menurun dan diraih oleh lawan yang berusaha untuk mencegah tembakan atau mengoperkan bola.

Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan ketika seseorang akan melakukan teknik ini. Salah satunya adalah mempertimbangkan bagaimana kelengkungan atau kemiringan dari tembakan. Berat dari bola dan kecepatan dari tekanan juga akan mempengaruhi.

Secara matematis hal seperti ini memang bisa dihitung secara maksimal. Tetapi dalam pertandingan tentu hal itu tidak bisa dilakukan karena membutuhkan kecepatan yang tinggi dan juga kebiasaan sehingga bisa langsung memperkirakan kira-kira harus menggunakan kecepatan sebesar apa untuk menekan bola.


Baca Juga: Jumlah Pemain Basket


Tujuan Melakukan Over Head Pass

Tujuan melakukan overhead pass ternyata cukup banyak sehingga sangat membantu dalam permainan. Berikut beberapa tujuan yang biasanya dimiliki oleh orang yang melakukan teknik ini.

1. Membuang Bola dari Lokasi Padat Pemain

Tujuan pertama dari teknik ini adalah untuk membuang bola dari lokasi yang sangat padat pemain khususnya musuh ke area yang lebih lega. Hal ini dilakukan agar bola tidak mudah direbut oleh pemain lawan karena langsung dilempar ke lokasi yang lebih luas.

Ketika mengetahui seseorang akan melakukan teknik ini maka anggota dari tim bisa langsung menuju ke arah yang akan dilakukan. Jadi bola bisa langsung direbut lalu diarahkan lagi ke posisi lain agar lawan tidak melakukan perebutan lalu mencetak skor.

2. Menggerakkan Bola dengan Cepat

Dengan melakukan tembakan di atas maka bola bisa bergerak dengan lebih cepat dan permainan akan meningkatkan intensitasnya. Hal ini akan merusak ritme dari permainan lawan apabila mereka menunjukkan permainan lambat dan cukup menyiksa.

Dengan melakukan tembakan ke atas otomatis lawan juga akan ikut bergerak dengan lebih cepat sehingga mereka bisa saja mudah kelelahan. Itulah kenapa sering sekali basket dilakukan untuk mengetahui siapa saja tim yang memiliki stamina tinggi.

Apabila stamina dari lawan sudah terlihat cukup mengalami penurunan. Tim dalam lawan bisa segera melakukan serangan dengan lebih cepat lagi.

3. Mencetak Skor

Meski tidak harus melakukan pencetakan score, beberapa orang yang memiliki kemampuan tinggi juga melakukan teknik ini untuk mendapatkan angka. Terkadang mereka mendapatkan angka dengan jumlah yang lebih besar karena menembak dari posisi yang cukup jauh.

4. Membangun Permainan Bertahan

Dengan sering melakukan overhead pass, permainan yang terjadi di lapangan akan berubah menjadi bertahan. Biasanya permainan ini dilakukan apabila berhadapan dengan tim yang mudah sekali mencetak skor sehingga mereka harus dibuat kesulitan.

5. Mengoper untuk Membuat Skor

Terkadang tujuan dari melakukan teknik lemparan di atas ini adalah untuk melakukan operan bola ke tim yang ada di dalam lapangan. Biasanya lemparan ini dilakukan pada tim yang dekat dengan posisi pencetakan skor sehingga bola tidak akan direbut oleh lawan dengan mudah.

Dengan melakukan ini proses mencetak skor bisa berjalan dengan lebih cepat. Selain itu kamu juga bisa dengan mudah mengelabui lawan dan membuat mereka berkumpul tetapi bola mendadak dilempar ke posisi tim yang lain.

Tahapan Melakukan Teknik Overhead Pass

Ketika akan melakukan teknik over head pass basket ini ikuti beberapa langkah berikut.

  • Buka kaki selebar bahu, lalu kaki ditekuk agar posisi badan sedikit turun. Selanjutnya bola bisa dilempar di atas kepala dengan cepat.
  • Ketika melakukan lemparan bola harus ditekan sekuat mungkin untuk menghindari atau melewati kepala dari lawan.
  • Satu kaki harus ke depan lalu posisi tangan harus lurus. Ibu jari ke arah lantai untuk melakukan gerakan peluncuran.

Baca Juga: Sejarah Bola Basket


Cara Menguasai Teknik Overhead Pass

Over Head Pass Basket

Apabila ingin menguasai teknik ini seseorang harus mempertimbangkan beberapa hal berikut.

1. Latihan dan Simulasi

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan menguasai teknik ini adalah terus melakukan latihan dan juga simulasi. Apabila seseorang tidak melakukan simulasi secara sering mereka tidak akan terbiasa.

Itulah kenapa latihan setiap hari harus dilakukan dengan baik untuk menghindari kesalahan yang tidak perlu. Yang paling penting teknik harus sempurna terlebih dahulu dan modifikasi lain bisa dipikirkan di kemudian hari.

2. Memperhatikan Gerakan Tangan dan Kaki

Selalu memperhatikan bagaimana gerakan tangan dan juga kaki ketika akan melakukan pelemparan. Gerakan tangan dan kaki harus sempurna karena teknik ini adalah yang paling penting untuk menghindari bola jatuh atau bola tidak bisa terlempar dengan sempurna.

3. Mengatur Tenaga

Kamu harus melakukan pengaturan tenaga terlebih dahulu. Pengaturan tenaga akan memudahkan kamu untuk melakukan lemparan ke arah yang jauh atau lemparan ke arah tertentu tetapi masih presisi.

Kesalahan Saat Melakukan Teknik Overhead Pass

Berbagai kesalahan sering dilakukan oleh pemain ketika melakukan overhead pass. Berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi:

  • Posisi kaki tidak dibuka selebar bahu ketika akan melakukan lemparan di bagian awal.
  • Posisi tangan tidak berada di atas kepala ketika akan melakukan lemparan ke tempat yang diinginkan.
  • Saat melakukan pelemparan kurang tenaga sehingga tidak akan memberikan kekuatan pada bola untuk diterima oleh tim yang ada di sebelah sana.
  • Posisi tangan tidak lurus untuk melemparkan sehingga kekuatan ataupun ketepatan ketika melakukan pelemparan tidak sempurna.

Baca Juga: Tugas Wasit Basket


Akhir Kata

Melakukan over head pass basket memang tidak secara langsung bisa dilakukan oleh semua orang. Harus ada penguasaan bola dengan baik dan juga mengetahui bagaimana momentum pelemparan agar semuanya bisa berjalan dengan baik serta presisi.

Itulah kenapa sangat disarankan untuk melakukan latihan secara rutin apabila ingin menguasai teknik. Apabila tidak menguasai kemungkinan besar seseorang akan sulit untuk melakukan over di udara atau mencetak skor dengan menggunakan teknik ini secara maksimal.

Perlu diingat jika teknik ini adalah satu dari beberapa saja yang harus dikuasai dalam permainan bola basket. Itulah kenapa, paling tidak seseorang harus menguasai ini dengan baik apabila mereka bertindak sebagai seorang pencetak angka atau pengoper bola.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply