You are currently viewing Bounce Pass Bola Basket

Bounce Pass Bola Basket

Olahraganesia.id – Melakukan bounce pass pada bola basket sangat penting karena bisa dipakai untuk memenangkan pertandingan. Tanpa ada kemampuan untuk memantulkan bola ini, lawan bisa merebut nya dengan mudah lalu memasukkan ke ring basket yang dimiliki oleh tim.

Itulah kenapa salah satu dasar dari permainan bola basket yang sangat penting adalah melakukan bounce pass. Artinya seseorang harus mampu memantulkan bola pada lantai agar bisa ditangkap lagi atau diarahkan kepada anggota tim yang lain.

Pengertian Bounce Pass

Bounce Pass Bola Basket

Bounce pass bola basket bisa diartikan sebagai pemantulan bola. Artinya bola tersebut bisa dipantulkan dengan lebih baik pada lantai. Saat dipantulkan bola harus ditangkap lagi dengan tangan lalu dipantulkan lagi hingga berkali-kali sesuai dengan tujuannya.

Biasanya pemantulan ini dilakukan agar seseorang mudah berlari di dalam pertandingan bola basket. Ketika berlari mereka bisa membawa bola dengan cepat apabila melakukan proses pemantulan ini. Jika tidak maka bola tidak akan bisa bergerak dengan cepat mengikuti mereka.

Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk melatih kemampuan untuk memantulkan bola ini. Dengan memaksimalkan kemampuan ini maka pergerakan bola bisa berjalan dengan lebih baik. Selain itu bola juga tidak akan mudah direbut oleh lawan.

Setelah terbiasa melakukan ini seseorang bisa memaksimalkan kecepatan pantulan bola. Dengan kemampuan ini mereka bisa memantulkan bola dengan lebih cepat di lapangan sehingga akan sulit bagi tim lawan untuk merebutnya ketika bola sedang dibawa.

Selain itu, bola juga bisa dioperkan ke tim yang ada di dalam lapangan. Intinya dengan menguasai berbagai hal ini dengan baik. Seseorang bisa menguasai bola di lapangan secara sempurna sebelum diikuti dengan teknik basket yang lain.


Baca Juga: Jumlah Pemain Basket


Tujuan Bounce Pass dalam Basket

Tujuan melakukan bounce pada bola basket cukup bervariasi. Khusus pada jenis pass, berikut tujuan selengkapnya.

  • Mengoper bola ke tim dalam lapangan untuk menghindari bola direbut.
  • Memberikan umpan agar mudah melakukan tembakan dan mencetak skor.
  • Bertahan di lapangan meski tidak secara langsung mencetak skor.

Baca Juga: Teknik Pivot dalam Basket


Cara Melakukan Bounce Pass

Untuk melakukan bounce pass, seseorang harus melakukan beberapa hal di bawah ini dengan baik.

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah mereka harus mengetahui di mana posisi dari tim yang ada di dalam lapangan.
  • Mereka juga harus mengetahui dimana saja lawan berada sehingga tidak mengoperkan bola secara sembarangan.
  • Setelah melakukan itu mereka bisa langsung memantulkan bola ke posisi yang tepat sehingga arah pantulannya sesuai dengan arah dari tim yang ada di dalam lapangan.
  • Untuk memantulkan biasanya harus memiliki kecepatan yang tinggi dan juga presisi yang besar agar hasil pantulan tidak melenceng atau mudah direbut oleh lawan.
  • Terakhir yang tidak kalah penting adalah tidak perlu tergesa-gesa karena harus mempertimbangkan segala aspek. Selain itu bisa juga memberikan kode kepada tim agar segera mendekat.

Baca Juga: Rekomendasi Game Basket


Akhir Kata

Bounce pass pada bola basket merupakan salah satu kemampuan untuk memantulkan bola pada lantai. Dengan melakukan ini seseorang bisa dengan mudah mengarahkan bola kepada anggota tim yang lain untuk dimasukkan pada ring yang dimiliki oleh lawan.

Itulah kenapa teknik dari pemantulan bola ini cukup beragam dan harus dikuasai oleh semua orang. Paling tidak seseorang harus mampu membawa bola dengan berlari memakai sistem ini. Dengan begitu bola bisa ikut bergerak dengan lebih cepat dan mudah.

Apabila penguasaan dari pemantulan bola ini sudah berjalan dengan baik. Tahap selanjutnya adalah mempelajari bagaimana cara mengoper atau melempar kan bola yang dipegang ke anggota tim yang lain.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply