Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Passing Bola Basket

5 min read

Passing Bola Basket

Olahraganesia.id – Teknik dalam permainan bola basket cukup bervariasi. Salah satu teknik yang bisa digunakan adalah passing bola basket. Menguasai teknik ini seseorang bisa mengoperkan bola dari satu tempat ke tempat yang lain dengan mudah dan tidak akan direbut oleh lawan.

Itulah kenapa seseorang yang akan bermain bola basket harus menguasai teknik untuk melakukan oper ini. Jadi ketika mereka dalam kondisi yang tidak kondusif ketika berada di lapangan bisa langsung mengoperkan bola ke teman yang lain agar dieksekusi atau bertahan.

Apa Itu Passing?

Passing merupakan salah satu teknik bermain basket yang cukup dasar. Artinya dengan menguasai teknik ini maka seseorang bisa melakukan operan bola dengan mudah dalam kondisi atau situasi apapun.

Artinya seseorang yang melakukan operan atau passing bisa memindahkan bola tanpa harus berdekatan. Artinya bola bisa dilempar ke berbagai arah dengan lebih mudah agar musuh atau tim lawan tidak akan mengambil dan menguasainya.

Teknik mengoper ini dilakukan apabila seseorang berhasil menguasai bola tetapi tidak bisa melakukan tembakan. Jadi mereka lebih memilih untuk mengopernya kepada orang lain agar eksekusi untuk melakukan tembakan bisa berjalan dengan sempurna. Selain itu bisa juga di oper untuk tujuan menyelamatkan.

Apalagi seseorang sedang dijaga oleh banyak lawan sehingga mau tidak mau bola harus dioper ke arah lain agar tidak berhasil direbut. Itulah kenapa proses ini sangat sial dan penting meskipun terlihat sederhana tetapi cukup sulit untuk dilakukan.

Tujuan Passing di Permainan Bola Basket

Seseorang melakukan passing bola basket bukan tanpa tujuan yang jelas. Secara umum tujuan dari melakukan oper ini terdiri dari.

1. Mencegah Bola Direbut

Salah satu tujuan melakukan proses passing atau mengoper bola adalah untuk mencegah bola itu direbut. Dalam melakukan permainan bola basket proses perebutan bola akan berjalan sangat intens sehingga apabila seseorang merasa tidak mampu mereka harus melemparnya ke arah tim yang lain.

Apalagi saat dijaga oleh banyak tim dari lawan kemungkinan besar akan memudahkan proses perebutan bola. Itulah kenapa daripada mengalami kekalahan lebih baik segera dilempar kepada tim dan oper ini harus dilakukan secepat mungkin.

Biasanya cara passing ini berjalan dengan cepat sehingga seseorang harus memikirkannya dalam beberapa detik saja. Apabila berhasil melakukan itu maka arah dari bola akan berubah. Tim lawan juga akan terkecoh sehingga mereka akan bergerak ke arah dimana bola itu dilemparkan.

2. Memudahkan Shooting

Alasan selanjutnya mengapa seseorang melakukan passing adalah untuk memudahkan proses tembakan. Ketika berada di dekat ring dari musuh akan banyak sekali lawan yang akan menghalangi proses pelemparan bola untuk mencetak angka dalam jumlah yang banyak.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar masih tetap bisa melakukan eksekusi dan mencetak angka adalah dengan melakukan passing. Dengan melakukan cara ini maka seseorang bisa memberikan kesempatan kepada tim yang lain untuk mencetak angka tanpa diganggu oleh musuh.

Konsep ini sering dimanfaatkan ketika akan mencetak angka sehingga tidak akan mengalami kesalahan. Walaupun nantinya bola tidak bisa dimasukkan kamu masih bisa merebut nya lagi lalu memiliki kesempatan untuk dimasukkan ke dalam ring basket milik lawan.

3. Memindah Bola ke Tempat Sepi

Memindahkan bola dari satu tempat ke tempat yang lain bisa dilakukan dengan cara passing ini. Jadi bola yang awalnya dikerumuni oleh banyak orang bisa langsung dilempar menuju ke tempat yang sepi sehingga tidak akan diganggu oleh lawan.

Biasanya cara ini dilakukan untuk memindahkan bola dengan lebih cepat. Dengan begitu seseorang tidak akan mengalami bentrokan dengan banyak tim lawan selalu mengalami cedera ataupun bola direbut dengan mudah.

4. Mengubah Arah Bola

Tujuan terakhir cari melakukan passing bola ini adalah untuk mengubah arah. Artinya seseorang bisa mengubah arah bola dengan lebih mudah. Bahkan ketika berhasil merebut bola dari lawan passing ini juga bisa dilakukan agar proses penyerangan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Intinya cara ini bisa dipakai untuk mengelabui lawan dengan mudah ataupun memindahkan bola dalam waktu yang sekejap. Selebihnya bisa dilanjutkan dengan melakukan dribble atau eksekusi dengan shooting ke arah ring milik lawan.

5. Menguasai Bola dan Bertahan

Menguasai bola adalah salah satu tujuan lain yang harus dimiliki seseorang ketika melakukan passing bola. Ketika melakukan proses passing ini maka bola akan sulit didapatkan oleh lawan meskipun mereka lari bersama-sama untuk melakukan proses perebutan.

Proses ini tidak hanya digunakan untuk memudahkan proses mencetak angka saja tetapi juga untuk melakukan penguasaan. Artinya penguasaan bola ini akan membuat seseorang mudah mencegah lawan untuk mencetak angka dan memiliki kesempatan untuk merebut.

Beberapa tim biasanya menggunakan teknik ini ketika mereka sudah unggul cukup besar lalu akhirnya berubah menjadi gaya bertahan. Dengan cara ini maka mereka bisa mempertahankan angka atau menambah angka serta mencegah musuh untuk mencetak angka dan memperkecil ketertinggalan.

Macam-Macam Passing dalam Bola Basket

Ada banyak sekali teknik atau prosedur melakukan passing bola basket. Meski demikian beberapa teknik di bawah ini adalah yang sering digunakan.

#1. Bounce Pass

 Bounce Pass

Pertama ini bisa dilakukan dengan memantulkan bola ke arah yang berlawanan dari musuh. Proses ini dilakukan dengan melempar bola ke titik tertentu sehingga bola bisa memantul ke arah yang cukup jauh.

Sebelum melakukan ini pastikan ke arah bola memantul sudah ada tim yang berjaga di sana. Jadi ketika bola memantul ke arah sana bisa langsung ditangkap dan tidak akan keluar sehingga memberikan kesempatan bola dipegang oleh lawan.

#2. Baseball Pass

Baseball Pass

Cara ini bisa dilakukan layaknya sedang melempar bola baseball dengan kecepatan yang. Jadi seseorang bisa menggunakan 2 tangan lalu melakukan lemparan langsung ke arah dari tim yang ada di lapangan.

#3. Behind the Back Pass

Behind the Back Pass

Cara ini bisa dilakukan dengan melakukan operan bola di belakang dari tubuh. Cara ini hanya bisa dilakukan apabila di belakang dari tubuh merupakan area yang kosong atau berisi tim yang sedang berjaga-jaga untuk merebut bola.

#4. Chest Pass

Chest Pass

Chest pass ini bisa dilakukan melalui dada sehingga bisa tempat komposisi dari tim. Artinya bola harus diangkat lebih dahulu dengan satu tangan atau 2 tangan lalu dengan secepat mungkin langsung diarahkan ke rekan dalam satu tim lain yang sudah berjaga.

#5. Hand Off Pass

Hand Off Pass

Selanjutnya adalah oper dari langsung dari tangan ke tangan. Cara ini bisa dilakukan apabila berdekatan dengan tim sehingga proses oper bisa dilakukan dengan cepat seperti dibawakan bola di bagian depan atau langsung berputar lalu memberikan bola secara cepat.

#6. Hook Pass

Hook Pass

Cara ini bisa dilakukan dengan menggerakkan 1 tangan dari bawah lalu diputar ke arah tertentu untuk disampaikan atau diarahkan pada tim. Selain itu bisa juga langsung dibuang begitu saja ke arah yang kosong untuk bisa diambil sebelum keluar lapangan.

#7. No Look Pass

No Look Pass

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk melakukan passing bola basket adalah dengan melakukan gerakan bebas tanpa melihat. Bisanya gerakan ini hanya bisa dipakai untuk mereka yang sudah profesional atau memiliki insting gerakan yang baik serta saling percaya.

#8. Overhead Pass

Overhead Pass

Pasang ini dilakukan dengan menggerakkan bola di atas kepala sehingga akan memudahkan proses menerima. Selain itu cara ini juga bisa dimaksimalkan untuk menghindari direbut oleh lawan.

#9. One Hand Pass

One Hand Pass

Cara ini dilakukan dengan cara melempar bola atau mengoper bola dengan hanya memakai satu tangan saja. Biasanya cara ini bisa dilakukan apabila seseorang memiliki kontrol bola yang baik sehingga bola tersebut tidak akan mudah jatuh lalu direbut oleh lawan.

#10. Push Pass

Push Pass

Cara ini dilakukan dengan memberikan tekanan pada bola secara langsung. Jadi bola bisa meluncur dengan cepat ke arah tim yang lain dan tidak akan terkejar oleh tim lawan.

#11. Underhand Pass

Underhand Pass

Cara oper ini dilakukan di belakang dengan menggunakan dua tangan. Biasanya didahului dengan fake shoot. Selanjutnya apabila musuh terkecoh bisa langsung dioperkan kepada tim lain yang ada di dalam lapangan.

#12. Jump Pass

Jump Pass

Syarat terakhir untuk melakukan passing atau mengoper bola adalah dengan melompat terlebih dahulu. Terkadang seseorang tidak mengetahui posisi dari tim yang sedang mereka miliki sehingga harus melompat lalu melemparkan bolanya.

Dengan cara ini kamu bisa mengoper bola dengan lebih mudah. Selain itu posisinya juga bisa sesuai sehingga tidak melempar ke sembarang tempat.

Cara Melakukan Passing dalam Bola Basket yang Efektif

Untuk melakukan proses passing bola basket atau mengoper bola secara efektif seseorang bisa mengikuti beberapa langkah atau cara di bawah ini.

1. Melakukan Pivot

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pivot atau putaran yang cepat. Dengan melakukan ini kamu memindahkan posisi atau arah dari tubuh beserta dengan bola dengan mudah dan tidak akan dibaca oleh lawan.

Ketika posisi sudah terbalik arah kamu bisa langsung melemparkan bola menuju ke area yang kosong atau ke area tempat tim kamu berada. Dengan melakukan ini proses penyelamatan bola bisa berjalan dengan baik sehingga proses penyerangan bisa dimulai lagi dari awal.

Untuk bisa sukses melakukan gerakan pivot, seseorang membutuhkan kemampuan yang baik pada kuda-kuda ketika memutar kaki. Apabila semacam ini tidak bisa dilakukan maka proses pemutaran bisa terganggu dan bola bisa dengan mudah direbut oleh lawan.

2. Cepat Membaca Situasi

Seseorang tidak akan bisa melakukan passing atau mengoper bola tanpa membaca situasi dengan baik. Itulah kenapa mereka sangat dianjurkan untuk mampu membaca situasi secara maksimal mulai dari awal hingga akhir.

Pembacaan situasi ini harus dilakukan untuk mengetahui kira-kira siap melakukan proses passing atau tidak. Apabila sudah siap maka bisa langsung dilakukan dan apabila belum siap bisa dilakukan dengan pergerakan yang lain untuk mengecoh lawan.

Artinya seseorang harus memiliki insting yang tinggi apakah mereka harus melakukan tembakan untuk membuang bola atau masih mempertahankannya.

3. Perhatikan Jarak dan Lawan

Pastikan untuk selalu memperhatikan jarak dan lawan ketika akan melakukan lemparan bola. Dengan melakukan ini maka proses pelemparan bisa berjalan dengan lebih akurat dan tidak akan mudah direbut lagi oleh lawan yang bergerak menuju bola yang dilempar.

Akhir Kata

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika passing bola basket merupakan salah satu teknik penting yang harus dilakukan oleh semua pemain. Jadi seseorang yang berada di lapangan tidak hanya bisa membawa bola dengan berlari atau memasukkan untuk mencetak skor saja.

Permainan ini membutuhkan kerjasama yang tinggi maka seseorang harus mengetahui bagaimana untuk mengoperkan bola dengan baik. Dengan melakukan itu maka bola bisa dioper dengan sempurna dan menghindari terjadinya masalah. Misal bola direbut oleh lawan ketika sedang berlari.

Itulah kenapa teknik dasar permainan basket seperti melakukan dribble hingga mengoperkan bola harus dikuasai oleh semua orang. Dengan menguasai teknik dasar, mereka bisa mempelajari teknik lain yang lebih spesifik sehingga bisa memenangkan pertandingan dengan lebih mudah.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga.

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *