Sejarah Softball

4 min read

Sejarah Softball

Olahraganesia.id – Sejarah softball semakin menjadi topik yang menarik untuk dibahas, karena olahraga softball itu sendiri semakin populer di banyak kalangan. Olahraga ini merupakan perkembangan dari kedua jenis olahraga yang serupa, yaitu baseball dan hardball.

Jadi, softball memiliki arti jenis olahraga bola yang beregu, dan di dalamnya akan terdiri dari 2 tim. Nantinya, di dalam 2 tim tersebut akan ada regu yang berjaga (defensive), dan ada juga regu yang memukul bola (offensive).

Untuk lebih lengkapnya mengenai sejarah dari permainan softball, yuk simak artikel ini selengkapnya.

Pengertian Softball

Sejak dahulu, olahraga softball sudah memiliki banyak penggemar dari semua kalangan, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa menyukai jenis olahraga yang satu ini karena cara mainnya terbilang cukup menyenangkan.

Namun, apakah kamu sudah tahu pengertian dari olahraga softball itu sendiri? Pengertian dari olahraga yang diberi nama softball ini adalah sebuah permainan olahraga, yang dilakukan beregu dan nantinya regu ini akan dibagi menjadi 2 tim, yaitu tim bertahan dan tim pemukul.

Permainan softball ini diciptakan di tahun 1887 oleh seorang reporter yang bernama George Hancock di wilayah Chicago, Amerika Serikat. Jenis olahraga yang satu ini termasuk dalam jenis olahraga bola kecil, karena jenis bola yang digunakan dalam permainan ini merupakan bola yang berukuran kecil.

Selain itu, untuk bentuk lapangan softball yang digunakan dalam pertandingan menyerupai berlian atau dalam kata lainnya adalah diamond. Maka dari itu, hal ini semakin menunjukkan bahwa olahraga softball adalah perkembangan dari olahraga yang sejenisnya, yaitu baseball dan hardball.

Sejarah Softball di Dunia

Sejarah Softball di Dunia

Olahraga softball berasal dari negara Amerika Serikat. Olahraga ini pertama dibuat dengan cara yang tidak disengaja oleh George Hancock, pada tanggal 16 September 1887, di wilayah Farragut Boat Club, Chicago.

Setelah itu, olahraga softball mulai dikenal oleh kalangan umum, dan menjadi salah satu jenis olahraga yang menarik perhatian banyak orang. Disini, kami akan membahas tentang awal mula olahraga ini mulai muncul, hingga bisa populer di seluruh dunia, yaitu:

1. Awal Mula Sejarah Softball (1887)

Pertama kali olahraga softball ini bisa tercipta adalah, ketika beberapa alumni dari universitas ternama yaitu Yale University dan Harvard University, menghadiri dan mengetahui hasil akhir pertandingan American Football, antara tim dari kedua universitas ternama ini.

Ketika skor akhir pertandingan antara kedua universitas ternama ini mulai diumumkan, dan yang menjadi pemenang adalah tim Yale University, salah satu alumni dari universitas ini secara antusias melemparkan sarung tinju ke arah penonton dan penggemar tim Harvard University.

Seseorang melihat lemparan sarung tinju yang mengarah kepadanya, dan secara naluriah dia mengambil tongkat dan memukul sarung tinju yang mengarah kepadanya tersebut.

Melihat kejadian ini, membuat reporter perdagangan berjangka Chicago yaitu George Hancock mendapatkan ide brilian. George memberi saran untuk membuat ruang permainan dan memukul bola dari sarung tinju yang dilempar tersebut.

Ketika menyarankan ide itu, George mengambil sarung tinju yang dilempar tadi dan mengikatnya dengan tali, sehingga tampilannya berubah menyerupai bola. Setelah itu George menggunakan kapur untuk menandai lantai kapal Farragut, sehingga menyerupai tampilan dari stadion olahraga bisbol.

2. Sejarah Pertandingan Softball (1887)

Ide brilian dari George itu mendapat respon yang positif. Akhirnya, George juga mulai mengatur cara main dari olahraga ini, dengan menyelenggarakan pertandingan pertama dari olahraga softball.

Sapu yang ada di sekitarnya dibuat menjadi pemukul, dan tim dibagi menjadi 2. Ketika tim sudah terbentuk, pertandingan dimulai dengan skor akhir 40-40. Sejak saat itu, olahraga baseball yang dibuat dengan versi di dalam ruangan mulai dikenal oleh kalangan luas.

Dikarenakan awalnya bentuk bola yang digunakan cukup bervariasi, akhirnya namanya pun dulu tidak bisa ditetapkan, sehingga berubah seiring jenis bola apa yang digunakan pada saat itu.

Dulu, jenis-jenis bola seperti bola militer, bola jamur, bola indoor, bola outdoor, bola rekreasi, hingga bola playground sering digunakan untuk bertanding olahraga softball. Maka dari itu, dulu nama olahraga ini bukanlah softball, tapi disesuaikan dengan jenis bola yang sedang digunakan.

3. Sejarah Softball di Awal Abad ke-20 (1908-1966)

Pada tahun 1908, organisasi amatir dari permainan atau olahraga softball (National Amateur Playground Ball Association) mengatur olahraga ini dengan menggunakan bola yang lebih besar dan dilaksanakan di luar ruangan.

Kemudian di tahun 1923, Kongres Rekreasi Nasional juga memberi perintah untuk pembentukan sebuah komite, yang bertugas untuk mengatur olahraga baru ini.

Setelah itu waktu terus berlanjut, dan Kejuaraan Dunia pertama diadakan di bawah naungan American Amateur Softball Association pada tahun 1933. Acara ini mampu menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia.

Sejak saat itu, kompetisi terus diselenggarakan. Meskipun kompetisi ini diikuti oleh para amatir, akan tetapi ada banyak sponsor yang ingin mengajak kerja sama. Di tahun 1933 ini jugalah akhirnya nama softball diresmikan menjadi nama dari jenis olahraga baru ini.

Waktu terus berlanjut, dan pada tahun 1934 undang-undang bersama mulai dibuat untuk mengatur permainan olahraga ini. Sementara itu, di tahun 1946 jumlah pemain softball dalam tim berubah menjadi 9 yang awalnya 10.

Pada tahun 1950-an, jarak antara papan kendi pemain laki-laki dan pelat dasar ditingkatkan menjadi 46 kaki, yang awalnya hanya 43 kaki saja.

Pertandingan-pertandingan dari olahraga ini terus dilakukan, sampai akhirnya pada tahun 1965 Australia memenangkan kejuaraan wanita pertamanya, dan di tahun 1966 terjadi kejuaraan anak laki-laki dunia nyata pertama yang pernah ada.

Federasi Softball Internasional

Federasi Softball Internasional

Setiap jenis olahraga pasti akan memiliki federasinya masing-masing. Untuk federasi softball yang bertingkat internasional sendiri adalah Federasi Softball Internasional. Organisasi ini merumuskan regulasi terkait softball yang saat ini berlaku di seluruh dunia.

Sedangkan untuk kejuaraan softball internasional yang paling bergengsi adalah Kejuaraan Softball Dunia (World Cup Softball). Pertandingan tersebut dilaksanakan oleh Asosiasi Softball Amatir di bawah naungan organisasi softball Internasional satu ini.

Pertandingan pertama kali sekitar tahun 2005, saat itu Jepang menang dengan skor 3-1 melawan Amerika Serikat. Pada tahun 2006, Amerika Serikat unggul dengan skor 5-2 melawan Jepang. Dan di tahun 2007, Amerika Serikat lagi-lagi meraih kemenangan melawan Jepang, dengan skor 3-0. 

Sejarah Softball di Indonesia

Sejarah Softball di Indonesia

Sejak sebelum perang kemerdekaan, olahraga softball memang sudah dimainkan di Indonesia, akan tetapi sifatnya bisa dibilang masih sangat terbatas.

Awalnya, olahraga softball hanya berkembang di beberapa wilayah saja, yaitu Jakarta, Bandung, Palembang, Surabaya, dan Semarang. Namun, seiring berjalannya waktu akhirnya olahraga ini mulai dikenal dan dapat dimainkan oleh seluruh warga di berbagai macam daerah di Indonesia.

Semakin terkenalnya olahraga ini, membuat Indonesia akhirnya membentuk organisasi bernama PERBASASI yang bertujuan untuk mengatur pertandingan softball di Indonesia.

Sampai akhirnya di tahun 2004, Liga Softball Indonesia (LSI) mulai diselenggarakan. Dalam pertandingan ini, pemain Indonesia bisa menggunakan pemain asing yang ada di timnya. Namun, dengan syarat maksimal hanya boleh 5 atlet saja yang merupakan pemain asing.

3 Jenis Permainan Softball

Sejarah Permainan Softball

Permainan atau olahraga softball ini akhirnya dibagi menjadi 3 jenis yang berbeda, yang tentunya wajib untuk kamu ketahui jika memang ingin bermain olahraga menarik satu ini. Berikut adalah ketiga jenis permainan softball yang perlu kamu ketahui:

  • Softball fastball, yang memiliki aturan pelempar melempar bola dengan kecepatan tercepat, sehingga permainan softball yang satu ini hampir mirip dengan bola bisbol.
  • Modball, melunakkan aturan yang digunakan dalam kategori lemparan cepat, sehingga membuat para pemain tidak terbiasa dengan aturan ini dan membuatnya terkejut. Hal ini adalah tujuan utama dari jenis permainan softball satu ini.
  • Softball, dilakukan dengan metode yang lambat sehingga membuat pemukul bisa dengan mudah memukul bola. Jenis permainan ini biasanya dimainkan dalam komunitas sosial sebagai kompetisi.

Perlengkapan yang Harus Disiapkan dalam Permainan Softball

Semua jenis olahraga pasti akan membutuhkan perlengkapannya masing-masing, begitupun juga dengan permainan olahraga softball ini. Berikut adalah beberapa perlengkapan yang dibutuhkan oleh para pemain softball, yang antara lainnya adalah:

  • Bola kuning dengan garis grip yang berwarna merah.
  • Sarung tangan khusus yang digunakan untuk menangkap bola.
  • Pemukul khusus yang didedikasikan untuk softball.
  • Helm batting yang digunakan untuk melindungi kepala pemukul dari pukulan dan luka.
  • Alat pelindung khusus yang digunakan untuk menangkap bola.
  • Sepatu billiard (legging).
  • Seragam yang berupa pakaian, celana, dan topi yang berdesain dan berwarna sama.

Akhir Kata

Kesimpulan dari isi artikel ini adalah, sejarah softball sangat penting untuk kamu ketahui, jika memang kamu ingin bergelut di dunia olahraga ini. Dengan mengetahui sejarah di atas, kamu bisa semakin memahami peraturan permainan softball yang menarik ini.

Selain itu, sejarah softball di atas juga memperlihatkan bagaimana softball bisa berkembang tahun demi tahunnya, sehingga kamu pasti akan merasa bangga ketika memainkan olahraga ini.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *