You are currently viewing Cara Memegang Bola Softball

Cara Memegang Bola Softball

Olahraganesia.id – Selain melempar bola, memukul bola, dan menangkap bola, teknik dasar lain yang wajib dikuasai oleh pemain softball adalah memegang bola. Meskipun terdengar sangat mudah dan sepele.

Namun faktanya, cara memegang bola softball ternyata tidak semudah yang kamu bayangkan.

Pasalnya, cara pemain dalam memegang bola dan cara melempar bola sangat menentukan hasil lajur bola itu sendiri. Kalau kamu memegang dan melempar secara asal-asalan, jangan kaget kalau hasil permainan tidak sesuai ekspektasi.

Sebab kualitas lemparan pemain softball sangat mempengaruhi potensi menang dalam pertandingan.

Apa Itu Softball?

Softball adalah permainan bola kecil beregu yang dimainkan dua tim. Masing-masing tim terdiri atas 9 orang pemain yang memiliki teknik dasar, termasuk memegang bola softball.

Untuk mendapatkan poin supaya memenangkan pertandingan, maka para pemain harus memukul dan berlari ke base.

Permainan softball (bola pukul) dimainkan dengan cara dipukul menggunakan bat (alat pemukul bola) yang dilemparkan pitcher.

Dalam permainan, pitcher akan melemparkan bola dengan melemparkan dari arah bawah sesuai peraturan yang diberlakukan.

Bagaimana Cara Memegang Bola Pada Permainan Softball ?

Dikutip dari sebuah buku dengan judul “Softball dan Baseball (teori dan praktik),” karya Rana Gustian Nugraha dan Anggi Setia Lengkana, disebutkan, bahwa terdapat tiga teknik memegang bola, yaitu pegangan empat jari, lalu pegangan dua jari, dan terakhir pegangan tiga jari.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai teknik memegang bola softball:

Pegangan Empat Jari (Four Finger Grip)

Saat menggunakan teknik ini, pelempar akan memegang bola dengan cara menempelkan kelima jari pada area sekeliling bola sehingga menjadi sebuah genggaman.

Apabila mengaplikasikan teknik empat jari, maka hasil lemparan yang dihasilkan adalah bola putaran samping. Tepatnya, arah bola menjadi ke samping luar.

Pegangan Dua Jari (Two Finger Grip)

Teknik memegang bola dua jari merupakan bentuk pegangan dengan meletakkan bagian jari tengah dan juga jari telunjuk di atas bola, lalu disangga ketiga jari yang lain.

Meskipun hanya menggunakan dua jari, namun bola tidak akan mudah terlepas. Hal tersebut dikarenakan bola dicengkram kuat oleh kedua jari yang posisinya ada di atas bola.

Pegangan dua jari akan menghasilkan lemparan dengan putaran bola ke arah belakang atau back spin. Dengan begitu, lintasan jalan bola menjadi datar sebab pengaruh putaran bola mengarah ke belakang yang disebabkan lecutan bola dari dua jari di atas bola.

Pegangan Tiga Jari (Three Finger Grip)

Cara memegang bola softball dengan teknik tiga jari berarti, pemain memegang serta melempar bola hanya dengan menggunakan tiga jari atau three finger saja.

Pegangan tiga jari merupakan diterapkan dalam bentuk, memegang bola dengan menempatkan tiga jari (telunjuk, tengah, dan manis) disangga oleh jari kelingking. Sementara itu, bagian bawah bola disangga ibu jari agar cengkraman lebih kokoh.


Baca Juga: Jumlah Pemain Softball


Pentingnya Menguasai Teknik Memegang Bola Softball

Teknik Memegang Bola Softball

Teknik melempar bola softball sangat dipengaruhi oleh cara pemain dalam memegang bola. Menguasai teknik memegang bola secara baik dan benar merupakan aset dasar berharga. Sebab hal tersebut akan membuat pemain mendapatkan hasil lemparan yang jauh lebih baik.

Sebelum memutuskan untuk ikut terjun bermain dalam regu softball atau jika kamu memiliki rencana meniti karir di cabang olahraga satu ini, maka harus terlebih dahulu berlatih teknik memegang bola.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi selama berlangsungnya permainan.


Baca Juga: Posisi Pemain Softball dan Tugasnya


Akhir Kata

Terdapat tiga cara memegang bola softball yang harus dikuasai setiap pemain bola pukul. Oleh karena itu, bagi penggemar olahraga softball dan berencana untuk ikut bermain di lapangan, sebaiknya pelajari terlebih dahulu teknik dasar, seperti memukul, melempar, dan memegang bola.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply