Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Perbedaan Softball dan Baseball

3 min read

Perbedaan Softball dan Baseball

Olahraganesia.id – Dua permainan bola kecil softball dan baseball memiliki persamaan dalam hal permainannya yang dilakukan secara beregu. Keduanya juga sangat seru untuk dimainkan dan sama-sama membutuhkan kerjasama tim yang solid. Namun selain persamaan tersebut, ada juga perbedaan softball dan baseball.

Perbedaan antara kedua permainan ini mungkin jarang diketahui oleh mereka yang justru menganggap keduanya sebagai jenis olahraga yang sama.

Lantas, apa saja perbedaan antara permainan softball dan baseball? Kamu bisa mengetahui jawaban lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Softball dan Baseball yang Penting untuk Diketahui

Jika kamu tertarik untuk bermain softball atau baseball, maka yang pertama harus diketahui adalah perbedaan dari masing-masing permainan tersebut. Tujuannya adalah agar kamu bisa memainkan permainan yang tepat dan tidak keliru dengan permainan yang lain.

Agar kamu semakin memahami tentang dua jenis permainan bola kecil tersebut, maka kamu perlu mengetahui apa saja yang menjadi perbedaan di antara keduanya seperti berikut ini.

#1. Pengertian

Meskipun sama-sama merupakan permainan bola kecil, namun dalam hal pengertian kedua permainan ini rupanya memiliki perbedaan. Termasuk bagaimana posisi pemain yang ada di dalamnya.

Softball Baseball
Softball merupakan jenis permainan bola kecil dari Amerika yang dikembangkan dari permainan baseball. Dalam permainan ini terdapat pemain penjaga atau regu defensive serta tim ofensif yang bertugas memukul bola.

Setiap tim dalam permainan softball akan mengumpulkan angka dengan cara mengitari base hingga menyentuh base terakhir.

Pada baseball lemparan bola dari pitcher juga diikuti dengan usaha untuk menangkap bola dari tim lawan sehingga bisa mengubah posisi pelempar menjadi tim pemukul.

#2. Sejarah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, permainan softball sebenarnya merupakan perkembangan dari permainan baseball sehingga dari sejarahnya juga memiliki perbedaan, terutama tahun awal dikenalkannya olahraga tersebut.

Softball Baseball
Softball yang merupakan perkembangan baseball diciptakan pada tahun 1887 oleh George Hancock di Chicago, Illinois, Amerika Serikat.Pada awalnya softball dimainkan di dalam ruangan, namun pada tahun 1903 dibentuk asosiasi untuk mengatur olahraga ini agar bisa dimainkan di luar ruangan. Baseball atau hardball pertama kali dikenalkan oleh Abner Doubleday pada tahun 1813 di Cooperstown, New York, Amerika Serikat.Permainan ini kemudian sering dimainkan di beberapa daerah New York City setiap Sabtu. 

Sementara untuk klub pertama berdiri tahun 1845 dengan nama New York Knickerbockers.

#3. Istilah

Dari segi istilah, kedua jenis permainan bola kecil ini tentu saja berbeda. Karena yang satu disebut dengan permainan softball dan yang lainnya merupakan baseball yang juga sering dikenal dengan istilah hardball.

Softball Baseball
Dari istilahnya bisa diartikan bahwa softball merupakan jenis permainan bola yang lebih soft jika dibandingkan dengan baseball. Baseball juga dikenal dengan istilah hardball yang bisa diartikan sebagai permainan bola yang keras.

#4. Ukuran Lapangan

Perbedaan softball dan baseball juga bisa dilihat dari ukuran lapangannya. Meskipun secara umum bentuk lapangan dari permainan softball dan baseball adalah sama, termasuk ukuran pitcher plate. Namun pada olahraga softball ini, ukuran lapangannya jauh lebih kecil.

Softball Baseball
  • Panjang lapangan softball: 16,76 – 18,29 meter.
  • Jarak dari markah pelari (home base) ke pitcher plate (posisi pelempar): 13,07 meter.
  • Memiliki jarak antar base yang ukurannya lebih panjang dari lapangan softball. Yaitu 27,432 meter.
  • Jarak dari home base ke pitcher plate adalah 18,45 meter.

#5. Bola

Jika dilihat sekilas, bola untuk permainan softball dan baseball terlihat mirip sehingga terkadang sukar untuk membedakannya. Namun perlu diketahui bahwa sebenarnya ukuran bola softball justru jauh lebih besar dari bola baseball meskipun perbedaannya hanya beberapa inci saja.

Softball Baseball
  • Diameter bola softball: 11,88 – 12,12 inci.
  • Berat bola softball: 9 ons.
  • Diameter bola baseball: 9 – 9,25 inch.
  • Berat bola baseball: 5 – 5,25 ons.

#6. Pemain Pria dan Wanita

Permainan softball dan baseball juga berbeda dari segi pemain yang diperbolehkan memainkan permainan tersebut. Hal ini sudah sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ditetapkan dalam permainan.

Softball Baseball
Permainan softball boleh dimainkan oleh pemain pria maupun wanita. Bahkan untuk ajang olimpiade, permainan softball juga bisa diikuti oleh tim wanita. Sesuai dengan namanya yang dikenal dengan istilah hardball, olahraga baseball hanya boleh dimainkan oleh pemain pria saja dan tidak disarankan bagi wanita.

#7. Aturan Permainan

Perbedaan antara softball dan baseball juga bisa dilihat dari aturan permainannya yang tidak sama. Sehingga pemain baseball maupun softball harus benar-benar memahami aturan tersebut saat bermain di lapangan.

Softball Baseball
Dalam permainan softball, posisi pelari tidak boleh meninggalkan basenya meskipun hanya 1 langkah saja. Hal ini disebabkan karena jarak yang cukup pendek antara 1 base dengan base lainnya. Dalam permainan baseball terdapat aturan stealing base yang memungkinkan pelari tengah untuk meninggalkan base sejauh 3 langkah.Begitu bola terlempar dari pitcher maka pelari bisa langsung menuju ke base selanjutnya, dan aturan ini hanya berlaku di baseball.

#8. Plate

Perbedaan softball dan baseball juga bisa dilihat dari segi plate permainan. Plate adalah sebuah base yang merupakan tempat pitcher dan bentuknya persegi panjang. Penyentuhan plate yang dilakukan dalam permainan softball berbeda dengan permainan baseball.

Softball Baseball
Pada permainan softball, seorang pitcher akan menyentuh plate ketika akan melempar bola. Namun plate harus berada dalam posisi di kedua kaki pitcher. Itulah mengapa dalam softball seorang pitcher harus meletakkan kedua kakinya.  Pada permainan baseball, seorang pitcher akan menyentuh plate ketika akan melakukan lemparan bola.Seorang pitcher baseball juga bisa meletakkan satu kakinya saja. 

#9. Area Pelemparan Bola 

Baik softball maupun baseball, keduanya sama-sama memiliki area lemparan bola yang menjadi tempat bagi pitcher untuk melakukan lemparan. Meski begitu, area untuk melempar bola pada olahraga softball dan baseball memiliki perbedaan.

Softball Baseball
Dalam permainan softball, area yang digunakan pitcher untuk melempar bola berupa tanah yang rata. Dalam permainan baseball, area lemparan bola yang digunakan pitcher berupa gundukan tanah.

#10. Cara Melempar

Dalam permainan bola kecil softball maupun baseball, keduanya memiliki cara dan teknik dalam melakukan lemparan bola seperti yang dilakukan pitcher. Hanya saja, cara melempar bola dari kedua pitcher di softball dan baseball tidaklah sama.

Softball Baseball
Dalam permainan softball, jenis lemparan yang dilakukan pitcher berasal dari bawah ke atas dan dikenal sebagai lemparan slow pitch. Pada permainan baseball, jenis lemparan bola yang dilakukan pitcher dari atas dan kemudian mengarah lurus ke pemukul.

Akhir Kata

Olahraga softball dan baseball dikenal sebagai permainan bola kecil yang memiliki beberapa kesamaan. Hal itu sangat wajar karena olahraga softball merupakan perkembangan dari olahraga baseball yang lebih dikenal dengan istilah hardball.

Meskipun dari segi permainan beregunya memiliki kesamaan, namun perbedaan softball dan baseball juga tidak boleh diabaikan. Dengan mengetahui apa saja yang menjadi perbedaannya, maka kamu akan lebih memahami bagaimana pola permainan dan strategi apa saja yang harus dilakukan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *