Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Renang Gaya Anjing 

2 min read

Renang Gaya Anjing

Olahraganesia.id  – Renang adalah salah satu olahraga favorite karena kamu bisa berbaur dengan air. Olahraga renang juga merupakan olahraga yang bisa memberi dampak menyehatkan pada tubuh. Dalam olahraga ini sendiri memiliki beberapa macam gaya.

Mungkin masih terdengar asing di telinga kamu jika mendengar renang gaya anjing . Teknik gaya anjing ini merupakan salah satu teknik renang seperti seekor anjing yang berada di dalam air. Ada juga teknik lain yang bisa kamu gunakan dalam olahraga renang.

Untuk lebih lengkapnya mengenai teknik dari renang gaya anjing dan manfaatnya, yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Teknik dan Gerakan Renang Gaya Anjing untuk Pemula

Renang dengan Gaya Anjing

Untuk teknik atau gaya yang satu ini memang masih asing dan jarang dilakukan ketika sedang renang. Akan tetapi gaya anjing bisa dijadikan sebagai latihan jika kamu masih seorang pemula. Cara melakukannya juga cukup mudah.

Pertama Anda tinggal meletakkan kepala di atas air lalu badan sedikit dibungkukkan seperti orang merangkak. Sedangkan untuk kaki dan tangan diposisikan seperti seekor anjing yang sedang berenang. Renang dengan gaya anjing bisa melatih konsentrasi pemula.

Renang gaya anjing juga lebih tepat diaplikasikan di sungai yang keruh, sedangkan ketika berada di kolam renang bisa menggunakan gaya lain. Dengan meletakkan kepala di atas permukaan air, maka kamu harus melawan gaya gravitasi.

Gaya gravitasi ketika sedang berada di dalam air terus membuat kepala kamu tenggelam. Jadi apabila menggunakan gaya anjing, maka kamu harus bisa menahan kepala agar tidak tenggelam. Tenaga yang dikeluarkan juga lebih besar daripada gaya renang lainnya.

Gaya anjing membuat kamu mengapung di dalam air, badan sedikit dimiringkan karena bagian kaki mengayun dan tangan tetap digerakkan ke samping. Gaya anjing terlihat seperti renang gaya dada dan membutuhkan beberapa kali latihan sampai bisa.


Baca Juga: Renang Gaya Samping


Manfaat Renang dengan Gaya Anjing

Renang adalah olahraga yang memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh. Baik ketika Anda menggunakan gaya anjing ketika renang atau menggunakan gaya lainnya. Berenang bolak balik dari ujung kolam ke ujung kolam lainnya akan mengurangi rasa bosan dari olahraga yang itu-itu saja.

1. Menurunkan Kadar Gula dan Tekanan Darah

Manfaat pertama dari renang menggunakan gaya anjing adalah dapat menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam tubuh. Ada sebuah penelitian yang menerangkan bahwa renang akan mengendalikan gula darah di tubuh.

Ada juga penelitian lain yang menjelaskan bahwa kesempatan hidup perenang lebih besar 50% dari orang yang jarang berenang.


Baca Juga: Renang Gaya Dada


2. Menurunkan Kalori dalam Tubuh

Manfaat berikutnya dari renang gaya anjing adalah dapat menurunkan kalori di dalam tubuh. Salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang sehat adalah dengan berenang. Berapa banyak kalori yang dibakar melalui renang memang tergantung dari seberapa sering kamu berenang dan durasi renangnya.

Contohnya adalah orang dengan berat badan 83 kg yang berenang selama setengah jam. Dalam waktu setengah jam orang tersebut ternyata sudah membakar 226 kalori, sangat bermanfaat sekali bukan?

3. Mengurangi Keparahan Penyakit Asma

Manfaat renang yang berikutnya adalah mengurangi keparahan penyakit asma. Bagi kamu yang menderita asma cobalah untuk belajar berenang karena dapat meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga bisa mengendalikan organ pernafasan.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah desinfektan yang ada di dalam air tidak baik untuk penderita asma. Oleh karena itu kamu harus tetap berhati-hati di dalam kolam renang.


Baca Juga: Renang Gaya Punggung


Akhir Kata

Renang gaya anjing dinilai memiliki manfaat besar untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah membakar kalori. Gaya anjing sama halnya dengan gaya dada akan tetapi perbedaannya terdapat pada posisi tubuh. Posisi tubuh gaya anjing sedikit miring dengan kepala di atas air.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga !

Dicky Efendi "Rajinlah latihan agar kemampuan tetap terasah dan fisik tetap terjaga."

Gaya Renang Samping

Dicky Efendi
2 min read

Peralatan Renang 

Dicky Efendi
3 min read

Desain Kolam Renang

Dicky Efendi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *