You are currently viewing Manfaat Renang

Manfaat Renang

Olahraganesia.id – Renang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan karena bisa beradu dengan air. Tentu renang memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan tubuh kamu. Manfaat renang bisa dirasakan oleh siapa saja bahkan untuk orang asma dan ibu hamil.

Renang juga menjadi olahraga yang paling digemari menurut databooks, renang menempati posisi ketiga pada Olimpiade Tokyo tahun 2020.

Lalu apa saja manfaat dari olahraga renang? Simak penjelasan selengkapnya pada uraian di bawah ini.

Manfaat Berenang untuk Kesehatan

Manfaat Berenang untuk Kesehatan 

Apabila kamu rutin melakukan olahraga renang maka kesehatan tubuh akan terjamin. Renang sangat cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Dengan rajin berenang selama 30 menit maka sudah membakar banyak kalori. Lalu apa manfaat olahraga renang lainnya?

1. Membuat Tubuh Ideal

Manfaat pertama dari renang adalah menjaga tubuh agar tetap ideal. Tubuh ideal adalah impian semua orang dan dengan rajin berenang maka kalori di dalam tubuh akan terbakar. Jadi renang olahraga yang cocok untuk membentuk tubuh.


Baca Juga: Renang Gaya Dada


2. Mencegah Kolesterol Naik

Manfaat olahraga renang yang kedua adalah untuk mencegah peningkatan kadar kolesterol tubuh. Renang adalah olahraga aerobik yang ramah sendi.

Bahkan para peneliti menjelaskan bahwa orang yang rajin berenang bisa terhindari dari resiko kematian sebanyak 53 persen.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat renang yang berikutnya adalah menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Jika kamu rutin berenang selama 3 bulan maka hal tersebut akan membuat tekanan darah menjadi menurun. Renang cocok untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

4. Renang Sebagai Terapi

Olahraga renang merupakan salah satu bentuk terapi kesehatan yang sangat direkomendasikan. Dengan rajin berenang maka stamina tubuh akan meningkat dan baik untuk beberapa penyakit. Contoh penyakitnya adalah diabetes, stroke ringan, nyeri sendi, syaraf kejepit, asma dan sebagainya.

Akan tetapi jika kamu menderita salah satu dari penyakit di atas maka sebaiknya mencari pelatih yang bisa mengajarkan kamu. Khawatirnya penyakit kamu akan bertambah parah, seperti pada penderita asma. Penderita asma tidak boleh berenang di kolam renang yang mengandung klorin karena berbahaya.

5. Mengurangi Resiko Gula

Manfaat dari renang yang berikutnya adalah mengurangi resiko peningkatan kadar gula darah. Renang adalah olahraga yang cocok untuk penyintas diabetes melitus. Akan tetapi penderita diabetes harus berhati-hati ketika berenang.

Renang adalah olahraga yang menggunakan otot dan jika terjadi banyak pembakaran kalori bisa berbahaya bagi kamu. Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan terjadinya hipoglikemia. Tingkat gula darah juga bisa terkontrol apabila kamu rajin berenang.

6. Mencegah Pembengkakan di Pergelangan Kaki Saat Hamil

Manfaat dari olahraga renang yang lain adalah mencegah terjadinya pembengkakan pergelangan kaki pada ibu hamil. Ketika seorang ibu hamil berenang maka cairan yang berkumpul di jaringan bisa berpindah ke pembuluh darah.

Renang juga akan membuat sirkulasi darah pada ibu hamil mengalami peningkatan dan mencegah munculnya bengkak pada tungkai bawah kaki.

7. Menambah Tinggi Badan

Apakah kamu ingin meninggikan badan? Cobalah olahraga yang satu ini. Renang tidak hanya baik untuk berat badan tetapi juga tinggi badan. Jika kamu memiliki anak cobalah untuk mengajaknya berenang karena baik untuk tumbuh kembangnya.

Tidak hanya baik untuk otot tubuh saja tetapi juga pertumbuhan tulang. Hal ini dikarenakan dalam renang, kamu lebih mengandalkan tulang dan otot untuk digerakkan.

8. Mengatasi Syaraf Kejepit

Manfaat renang yang berikutnya adalah mengatasi syaraf terjepit. Syaraf kejepit merupakan suatu kondisi yang membuat penderitanya tidak bisa beraktivitas normal sehari-hari. Beberapa anggota tubuh terasa sakit ketika digerakkan dan lebih banyak menghabiskan waktunya di tempat tidur.

Jika kondisi tersebut dibiarkan terus menerus maka akan membuat otot menjadi lemah. Oleh karena itu cara yang mudah untuk mengatasi syaraf kejepit adalah dengan berenang.

9. Mengurangi Nyeri Sendi

Selain mampu mengatasi syaraf kejepit, renang juga bisa menghilangkan nyeri sendi. Ada penelitian yang mengatakan bahwa seorang penderita osteoporosis sering melakukan olahraga renang mengalami pengurangan rasa nyeri.

10. Menambah Kualitas Tidur

Manfaat renang yang berikutnya adalah menambah kualitas tidur. Banyak orang yang mengalami gangguan tidur karena terlalu stress sehingga menyebabkan insomnia. Oleh karena itu jika kamu ingin meningkatkan kualitas tidur cobalah untuk rajin berenang.

Kualitas tidur yang baik akan berpengaruh pada kegiatan sehari-hari. Kamu bisa menjadi lebih bersemangat setiap harinya dan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal. Berbeda dengan orang kualitas tidurnya buruk, ketika mengerjakan sesuatu pasti konsentrasinya terpecah.


Baca Juga: Sejarah Renang


11. Menghilangkan Stress

Selain untuk meningkatkan kualitas tidur, olahraga renang juga dinilai bisa mengurangi stress. Stress adalah respon alami tubuh yang menyerang semua orang, ketika stress melanda sebaiknya kamu melampiaskannya pada hal-hal positif salah satunya adalah renang.

Banyak orang yang ketika merasa stress melampiaskannya pada hal-hal negatif misalnya ke makanan. Tidak apa-apa kalau mengonsumsi makanan yang sehat akan tetapi jika makan sembarangan? Tentu akan berpengaruh pada kesehatan.

Oleh karena itu mulai sekarang kamu bisa mengubah kebiasaan buruk tersebut dengan hal yang positif. Kamu bisa pergi berenang saat sedang stress, ada penelitian yang menjelaskan bahwa dengan renang otot tubuh menjadi lemas. Ketika otot tubuh sudah lemas maka tubuh dan pikiran akan rileks.

Kamu juga bisa melakukan renang secara rutin setiap minggunya agar stress bisa terkendali. Tidak hanya menghilangkan stress saja tetapi kamu juga bisa merasakan manfaat lain dari renang.

12. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari olahraga renang adalah untuk menurunkan berat badan. Apakah kamu sedang menjalani diet ketat? Sebaiknya berhenti melakukan diet ketat jika ingin tubuh yang ideal. Kamu bisa rajin olahraga renang untuk menurunkan berat badan.

Cara yang satu ini tentu lebih sehat dan aman untuk tubuh kamu. Olahraga renang bisa membakar kalori tubuh kamu sampai 650 kalori dalam waktu satu jam. Akan tetapi jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan yang sehat setiap harinya.

13. Meningkatkan Massa Otot

Manfaat renang yang berikutnya adalah dapat menambah massa otot. Tidak hanya bermanfaat bagi jantung saja akan tetapi juga kelenturan otot. Massa otot bisa bertambah karena ketika berenang, tangan digerakkan untuk melawan tekanan air.

Selain menambah massa otot, olahraga renang yang rutin juga akan mengecilkan betis. Betis kamu akan terlihat lebih kencang dan otot dada menjadi lebih terbentuk. Kini kamu tidak perlu lagi pergi ke tempat fitness untuk membentuk otot.

14. Menambahkan Kapasitas Paru-Paru

Renang sangat cocok untuk orang yang menderita asma. Sebuah penelitian yang dilakukan di BJ Medical College mengatakan bahwa berenang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru. Renang yang rutin dilakukan juga bermanfaat untuk mengatur pernapasan agar kembali stabil.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah air kolamnya karena mengandung klorin dan desinfektan. Kedua kandungan tersebut berbahaya bagi penderita asma. Klorin dapat memperburuk kondisi pernafasan kamu jadi untuk penderita asma bisa berenang di kolam tanpa klorin.

15. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat olahraga renang yang terakhir adalah untuk menjaga kesehatan jantung kamu. Ada penelitian yang mengatakan bahwa berenang bisa mengurangi resiko terjadinya kematian. Hal ini dikarenakan renang dapat meningkatkan detak jantung.

Penelitian pada Journal of Psychology and Pharmacology di India menerangkan bahwa orang yang rajin berenang memiliki jumlah udara masuk dan keluar lebih baik. Bahkan pada penelitian tersebut dijelaskan bahwa jumlah udaranya lebih banyak dibandingkan seorang pelari.


Baca Juga: Ukuran Kolam Renang


Akhir Kata

Ada banyak sekali manfaat renang yang akan kamu rasakan. Akan tetapi yang perlu diingat adalah untuk mendapatkan hasilnya, kamu harus rutin berenang. Buat kamu yang masih pemula, cobalah untuk melakukan latihan renang secara rutin.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga.

Dicky Efendi

Halo! Saya Dicky Efendi, founder dari Olahraganesia.id. Dengan blog ini, saya bisa berbagi banyak informasi dan hal bermanfaat mengenai dunia olahraga pada semua orang. Follow ig @dkyefendi

Leave a Reply